Nashrudin Azis, Pengusaha Hotel yang Kini Pimpin Kota Cirebon

Mengawali karier politiknya pada tahun 2006

Nashrudin Azis adalah Wali Kota Cirebon periode 2018–2023. Mantan Ketua DPC Partai Demokrat kota Cirebon ini juga sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Cirebon. Menggantikan Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno yang wafat, ia lalu diangkat menjadi Wali Kota Cirebon sisa masa jabatan 2013–2018.

Setelah pelantikannya sebagai Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengungkapkan bahwa ia beserta jajarannya akan bekerja keras untuk Kota Cirebon. Ia bercita-cita menciptakan Kota Cirebon yang Bersih, Kota Cirebon yang Hijau dan Kota Cirebon yang Tertib sehingga sektor pariwisata bisa berkembang.

1. Profil Nashrudin Azis

Nashrudin Azis, Pengusaha Hotel yang Kini Pimpin Kota CirebonWali Kota Cirebon Nashrudin Azis (instagram.com/nashrudinazis)

Nama: Drs. Nashrudin Azis, S.H.

Tempat dan tanggal lahir: Cirebon, 20 Oktober 1965

Pasangan: Ginawati Limansyah

Agama: Islam

Partai Politik: Partai Nasional Demokrat Nasdem

Pekerjaan: Politikus

Almamater: Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas 17 Agustus 1945 Kota Cirebon

Baca Juga: Profil Bima Arya Sugiarto, Pengajar yang Jadi Wali Kota Bogor ke-16

2. Mengawali karier sebagai pengusaha hotel

Nashrudin Azis, Pengusaha Hotel yang Kini Pimpin Kota CirebonWali Kota Cirebon Nashrudin Azis (instagram.com/nashrudinazis)

Nashrudin Azis mengawali karier sebagai seorang pengusaha setelah merampungkan kuliahnya di IKIP Bandung (sekarang UPI Bandung) dan Universitas 17 Agustus 1945 Kota Cirebon. Nashrudin Azis mulai menjabat General Manager Hotel Baru di Cerbon pada tahun 1995.

Usai menghabiskan 10 tahun bergelut di bidang perhotelan, Wali Kota Cirebon ke-16 ini memutuskan menjajaki panggung politik sebagai kader Partai Demokrat pada tahun 2006. Tiga tahun berselang, Nashrudin Azis dipercaya memimpin Partai Demokrat di Kota Cirebon sejak 2009 hingga 2018.

Setelah tugas sebagai wakil rakyat selesai, ia maju ke Pilkada Kota Cirebon 2013 sebagai calon wakil wali Kota mendampingi Ano Sutrisno. Sukses menggaet hati masyarakat, pasangan Nashrudin Azis-Ano Sutrisno terpilih sebagai pasangan kepala daerah Kota Cirebon periode 2013–2018, mengalahkan empat kandidat lainnya.

Lalu, Nashrudin Azis kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Cirebon berpasangan dengan Eti Herawati pada Pemilihan Wali Kota Cirebon 2018. Setelah melalui sengketa di Mahkamah Konstitusi, pasangan tersebut kemudian dinyatakan sah memenangkan pilkada. Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Nashrudin-Eti oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berlangsung pada 12 Desember 2018.

3. Bertekad membangun Cirebon sebagai kota yang SEHATI

Nashrudin Azis, Pengusaha Hotel yang Kini Pimpin Kota CirebonWakil Walikota Cirebon Nasrudin Azis resmi dilantik menjadi Walikota Cirebon yang baru oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Aula Barat Gedung Sate, Kamis (26/3/2015)

Usai dilantik, berbagai program kerja mulai dijalankan guna membangun Kota Cirebon yang lebih baik. Mulai dari program di bidang kebersihan, penghijauan, dan ketertiban kota yang diutamakan selama Azis menjabat Wali Kota Cirebon, sehingga sektor pariwisata dapat meningkat.

Nashrudin Azis dan Eti Herawati juga akan mewujudkan janji kampanyenya, yakni SEHATI (Sehat, Hijau, Agamis, Tentram, dan Inovatif) untuk kota Cirebon yang muaranya bagi pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Ia juga akan menjalankan empat misinya, yakni:

  • Mewujudkan kualitas sumber daya manusia Kota Cirebon yang berdaya saing, berbudaya dan unggul di segala bidang
  • Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, berwibawa dan inovatif
  • Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana umum yang berwawasan lingkungan
  • dan Mewujudkan keamanan dan ketertiban umum yang kondusif

4. Prestasi dan penghargaan

Nashrudin Azis, Pengusaha Hotel yang Kini Pimpin Kota CirebonWali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., meraih penghargaan Person of The Year 2022 kategori Inovasi Layanan Kegawatdaruratan 112 dari Radar Cirebon Grup, Senin (19/12/2022), di Gedung Kaliandra Jalan Perjuangan (cirebonkota.go.id)

Nashrudin Azis berhasil menyabet penghargaan Baznas Award 2022 dalam rangkaian acara peringatan HUT Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) ke-22. Wali Kota Cirebon mendapatkan penghargaan dengan kategori Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat Indonesia.

Selain itu, Nazhrudin Azis juga diganjar penghargaan Tokoh Penggerak Inklusi Keuangan 2021 oleh Otoritas Jasa Keuangan pada 9 November 2021. Penghargaan diberikan atas peran penting Wali Kota Cirebon di bidang keuangan, seperti pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah, dan mendukung kelas inklusi keuangan yang melibatkan total 462 UMKM dari kota Cirebon.

Penghargaan lainnya yang pernah didapatkan Nashrudin Azis selama menjadi pejabat publik, yaitu Person Of The Year 2014 versi Radar Cirebon pada tahun 2014 dan Manggala Karya Kencana dari BKKBN pada tahun 2017.

Baca Juga: Melihat Kejayaan Maritim Nusantara dari KRI Dewaruci di Laut Cirebon

Topik:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya