Warga Serahkan Munisi Aktif dan Senpi ke Kodim Majalengka

Senpi dan munisi itu diketahui peninggalan anggota TNI

Majalengka, IDN Times- Kodim 0617/ Majalengka menerima senjata api (senpi) dan puluhan butir munisi dari warga Desa Panyingkiran, Kecamatan Jatitujuh atas nama Didin Muhyidin, Rabu (10/1/2024). Senpi dan munisi itu ditemukan saat warga membersihkan kotak peninggalan orangtuanya. 

Senpi yang diserahkan itu salah satunya ialah pistol jenis revolver. Penyerahan sendiri awalnya diterima oleh Babinsa setempat, untuk kemudian diserahkan ke Kodim Majalengka.

"Dapat info dari Danramil Jatitujuh, ada warga akan serahkan tas isi senpi. Setelah dicek, ternyata benar. Ada satu pucuk revolver dan munisi 25 butir, serta satu pucuk FN dan munisi 18 butir," kata Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Dudy Pilianto

1. Senpi merupakan peninggalan orangtua

Warga Serahkan Munisi Aktif dan Senpi ke Kodim MajalengkaDokumen Kodim Majalengka/ Dandim memeriksa senpi yang diserahkan warga

Senpi dan munisi yang diserahkan itu diketahui milik orangtua Didin yakni Ibrahim Sobirin. Semasa hidup, Ibrahim merupakan anggota TNI dengan pangkat Peltu. 

"Dari info yang diterima, senpi itu peninggalan orangtuanya. (Didin) ditinggal sejak kecil, SD kelas 6. Dan amanat (almarhum), nanti diserahkan ke TNI," kata Dandim, terkait kronologi penyerahan senpi itu. 

Dari hasil pemeriksaan, kondisi senpi tersebut saat ini dalam keadaan rusak. Adapun untuk munisi, kata dia, beberapa di antaranya diketahui dalam keadaan aktif. 

"Usia senjata kira-kira di atas 40 tahun. Ada tulisan Kodam 6 siliwangi angkatan 74," ujar dia.

2. Dandim apresiasi penyerahan senpi dari warga sipil

Warga Serahkan Munisi Aktif dan Senpi ke Kodim MajalengkaDokumen Kodim Majalengka/ Senpi dan munisi yang diserahkan warga

Kesadaran Didin yang menyerahkan langsung senpi peninggalan orangtuanya, mendapat apresiasi dari Dandim.

"Jadi, info awalnya dari Babinsa. Kami apresiasi. Ini bukti Babinsa berhasil dalam penggalangan masyarakat. Apalagi tahun politik, untuk menjaga ketertiban dan keamanan, termasuk pencegahan kriminalitas," kata dia.

Sementara itu, beberapa material yang diserahkan ke Kodim Majalengka yakni pistol FN Belgia satu pucuk, munisi 9 MM 18 butir, magazen satu buah, pistol revolver satu pucuk, munisi 3,8 sebanyak 25 Butir, tas magazen satu buah, kancing PDI sembilan buah.

3. Ada kedekatan antara Babinsa dengan warga yang menyerahkan senpi

Warga Serahkan Munisi Aktif dan Senpi ke Kodim MajalengkaIstimewa/ Dandim Majalengka saat penyerahan senpi

Penyerahan senpi sendiri berawal saat Didin membersihkan peti peninggalan ayahnya. Senpi tersebut sebelumnya disimpan di dalam peti itu.

Danramil 1714/Jatitujuh Kapten Inf Wawan Winggara mengatakan, dari tas peninggalan Peltu Ibrahim Sobirin itu, ditemukan ada dua pistol.

Wawan menyebutkan, Didin sendiri memiliki hubungan kerabat dengan Babinsa Desa Panyingkiran Kopka Asep Julianto. Alhasil, Didin berinisiatif untuk memenuhi permintaan orangtuanya agar menyerahkan senpi itu kepada TNI. 

"Awalnya (Didin) bingung, ke siapa serahkan senpi ini. Akhirnya ingat temannya masa kecil, ya Pak Asep itu," ujarnya.

Baca Juga: Dua Napi Teroris di Majalengka Ikrar Setia NKRI 

Baca Juga: Tak Disiplin, Banyak Caleg Majalengka Pasang APK Dipaku di Pohon 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya