Viral Anies Baswedan Ditempeleng, Jubir Amin Pastikan Tak Sengaja

Maman memastikan OTK itu juga pendukung AMIN

Majalengka, IDN Times - Juru bicara (jubir) pasangan capres-cawapres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), Maman Imanulhaq angkat suara terkait video viral Anies Baswedan ditampar oleh orang tak dikenal (OTK). Maman memastikan bahwa OTK dalam video itu tidak sengaja melakukannya.

Saat kejadian, kata dia, warga berebut untuk bisa lebih dekat lagi dengan capres nomor urut 1 itu. Akibatnya, terjadi insiden seperti yang beredar di 

"Nah kasus yang tempeleng itu, sebenarnya bukan nempeleng," kata Kang Maman, Sabtu (30/12/2203)

1. OTK itu dipastikan pendukung AMIN

Viral Anies Baswedan Ditempeleng, Jubir Amin Pastikan Tak SengajaPasangan Anies-Muhaimin mendapatkan dukungan dari Keluarga Besar HMI di pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Maman menjelaskan, timnya sudah menyimak video yang beredar itu. Hasilnya, aksi tersebut terjadi dipastikan bukan disengaja.

Bahkan Maman memastikan bahwa OTK dalam video itu adalah pendukung Amin. 

"Dia pendukungnya Anies. Ketika mau mendekat, ada tangan jadi dia kaya gitu," kata Maman. 

Disinggung kemungkinan akan dilakukan penjagaan yang lebih ketat, hal itu dikembalikan kepada Anies. Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan Anies akan menolak agar ada penjagaan yang lebih ketat lagi.

"Kayaknya Anies gak mau (lebih ketat), dia tetap 'ya biarin lah.' Kayak gitu," ujar Maman

2. Sudah ada usulan evaluasi pengawalan

Viral Anies Baswedan Ditempeleng, Jubir Amin Pastikan Tak SengajaAnies paparkan program bantuan kepada pedagang pasar. (IDN Times/Teri),

Maman mengaku sudah mengusulkan untuk dilakukan evaluasi terkait pengawalan terhadap Anies. Hal itu mengingat dalam kampanye, khususnya Desak Anies, banyak warga yang berdesakan, hingga tidak ada jarak dengan capres nomor urut 1 itu.

"Saya yang pertama mengevaluasi. Mas Anies itu ingin terlalu dekat dengan rakyat," ujar dia.

Dalam sejumlah kesempatan, kata dia, pengawal Anies kerap berada di tempat yang cukup berjarak. Hal itu memungkinkan masyarakat bisa benar-benar dekat dengan Anies.

"Sehingga kadang-kadang, teman-teman yang menjaga itu dibiarkan untuk menjauh. Saya yang minta kepada yang jagain beliau untuk sedikit protektif," ujar politikus PKB itu.

3. Apresiasi kepada petugas keamanan

Viral Anies Baswedan Ditempeleng, Jubir Amin Pastikan Tak SengajaCapres Anies Baswedan ketika di program Desak Anies Pontianak pada 26 Desember 2023. (Dokumentasi tim media AMIN)

Hingga saat ini, sudah banyak tempat yang dijadikan lokasi Desak Anies. Secara umum, kata dia, acara tersebut berjalan lancar tanpa ada kendala.

Terkait hal itu, Maman mengapresiasi tugas petugas keamanan, termasuk penyelenggara acara dari internal tim.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Polri yang telah melakukan pengawalan. Terima kasih juga kepada semua kalangan yang membuat Desak Anies dan Slepet Cak Imin," kata anggota DPR RI fraksi PKB itu.

Baca Juga: Wacana Anies-Imin Bangun 40 Kota Setara Jakarta Dinilai Tak Realistis 

Baca Juga: 5 Momen Kocak Anies Baswedan Dapat Dukungan ala Idol KPop, Owl Ahjussi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya