Tol Cipali, Waspada Kemacetan Mudik di Hari Idulfitri  

Selasa (9/4/2024) siang, one way Cipali selesai

Majalengka, IDN Times - Arus mudik lebaran pada H-1 Selasa (9/4/2024) di ruas Tol Cipali semakin landai. Sejak Senin (8/4/2023) dini hari kemarin, volume lalu lintas di ruas tersebut memang sudah tercatat mengalami penurunan.

Di Tol Cipali sendiri, sistem one way sudah berakhir pada pukul 12.00 WIB. Sesaat setelah berakhirnya one way, arus lalu lintas di dua arah di Cipali terpantau lancar. Kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tinggi.

"Hari ini saya keliling. Mulai dari Cirebon, melihat stasiun, lalu tadi di Indramayu ada dua titik. Hari ini, dari Cirebon, lalu di sini, Indramayu itu sudah landai," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau rest area KM 166 Cipali, Selasa (9/4/2024).

1. Tidak menutup kemungkinan ada puncak mudik gelombang dua

Tol Cipali, Waspada Kemacetan Mudik di Hari Idulfitri  Inin Nastain IDN Times/ arus lalulintas Cipali Selasa (9/4/2024) siang

Budi menjelaskan, landainya lalu lintas hari ini tidak lantas diartikan arus mudik sudah selesai. Ia menegaskan, tidak menutup kemungkinan masih banyak warga yang tinggal di Jakarta akan mudik pada hari H idul fitri.

"Tapi justru landainya ini bisa membuat puncak lagi. Bisa besok. Jadi orang dari Jakarta, mudiknya tuh besok. Dan hari ketiga sudah balik. Mudik baliknya itu hanya ada dua-tiga hari," kata dia.

Terkait kunjungan ke beberapa daerah, Budi menjelaskan, hal itu bertujuan untuk memetakan arus mudik. Selain ruas tol, Menhub juga melakukan pemantauan di stasiun. 

"Yang ingin kami petakan adalah bagaimana (kondisi) waktu mudik," ujar Budi.

2. Menhub tekankan pentingnya kolaborasi

Tol Cipali, Waspada Kemacetan Mudik di Hari Idulfitri  Inin Nastain IDN Times/ Menhub saat kunjungi rest area KM 166 Cipali

Secara umum, musim mudik kali ini dinilai berjalan lancar. Menhub menjelaskan, ada peran dari banyak pihak dalam upaya memberi kenyamanan saat mudik.

"Saya mau ngasih semangat kepada teman-teman di sini, yang luar biasa. Harapannya kita bisa kawal mudik-balik," kata Budi.

Ia menegaskan, kolaborasi akan terus dijaga sampai pada arus balik nanti. Kolaborasi itu dinilai penting, mengingat pesan presiden yang ingin menghadirkan kenyamanan saat mudik dan balik 

"Penting koordinasi, kolaborasi dan saya mengapresiasi sekali TNI Polri yang memberi dukungan kepada mudik. Harapannya, (mudik) kita bisa selesaikan. Karena Pak Presiden selalu memberikan pesan agar bisa melaksanakan dengan baik," ujar dia.

3. Polri siap-siap arus balik

Tol Cipali, Waspada Kemacetan Mudik di Hari Idulfitri  Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan mudik Lebaran 2024. (IDN Times/Martin L Tobing).

Senada dengan Budi, Dir. Regident Korlantas Polri Brigjen Yusril Yunus menjelaskan, kolaborasi akan terus dilakukan dengan berbagai pihak saat arus balik nanti. 

"Kami bersinergi, berkolaborasi bersama-sama," kata Yusril, saat mendampingi Menhub.

Arus jalur Bakaheuni-Merak menjadi salah satu titik yang mendapat perhatian dari Polri pada arus balik nanti.

"Kalau kemarin Merak yang ramai, nanti bermain dari Lampung. Kebalikannya, Lampung Bakaheuni yang menyebrang ke Merak. Kami bersinergi," kata Yusril

Baca Juga: 6 Kecerobohan yang Membuat Mudik Terganggu, Perjalanan Tersendat!

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Lalu Lintas Cipali Melandai

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya