Sektor Pertanian Majalengka Kian Tergerus di Tengah Menjamurnya Pabrik

Banyak pabrik berdiri di lahan produktif

Majalengka, IDN Times - Kondisi pertanian di Kabupaten Majalengka dinilai cukup mengkhawatirkan. Kekhawatiran itu seiring dengan maraknya alih fungsi lahan dari pertanian, menjadi industri.

Fenomena itu dimulai sejak hadirnya BIJB Kertajati Majalengka. Ironisnya, alih fungsi itu kerap terjadi pada lahan-lahan pertanian yang dinilai masih produktif. Beberapa lahan yang akhirnya alih fungsi, diketahui masih bisa panen selama 2 kali dalam setahun. 

Beberapa lahan pertanian yang mulai beralih jadi industri itu di antaranya di Kecamatan Ligung. Di daerah ini, dalam beberapa tahun terakhir, mulai marak berdiri pabrik, yang sebelumnya merupakan lahan sawah.

"Iya, ada pengaruh terhadap lahan pertanian. Dan itu terjadi pada lahan yang cukup produktif," kata wakil ketua komisi II DPRD kabupaten Majalengka Muh. Fajar Shidiq

1. Tidak ada data pasti luasan lahan pertanian

Sektor Pertanian Majalengka Kian Tergerus di Tengah Menjamurnya PabrikInin Nastain IDN Times/ warga berniat menjual lahan sawah

Ancaman adanya penyusutan lahan pertanian itu masih akan berlangsung di beberapa titik, khususnya Majalengka bagian utara, yang memang dekat dengan bandara dan Tol Cipali. 

Namun sayang, DPRD Majalengka belum memiliki data pasti, berapa luasan lahan pertanian yang sekarang tersisa. 

"Kami, di komisi 2 pernah meminta pemerintah dalam hal ini ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) data luas lahan secara riil. Tapi sampai sekarang nggak ada kabar," kata dia.

Fajar menegaskan, data tersebut dinilai penting, untuk mengetahui sejauh mana persediaan padi, ketika dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat. Namun, jelas dia, data tersebut tidak pernah disampaikan oleh DKP3 itu.

"Dari sana bisa ketahuan rasio kebutuhan berapa. Karena kan lewat data itu, bisa ketahuan berapa produksi, kebutuhannya berapa. Lalu, muncul lah, data memadai nggak persediaannya," kata Fajar.

"Kami khawatir, lahan-lahan pertanian ini akan terus terkikis begitu saja. Tanpa ada kajian yang mendalam," jelas dia.

2. Petani masih mengeluh persediaan pupuk subsidi

Sektor Pertanian Majalengka Kian Tergerus di Tengah Menjamurnya PabrikPersediaan pupuk dari PT Pupuk Indonesia. (Dok/Istimewa)

Pekan lalu, Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi memastikan persediaan pupuk subsidi aman. Dedi menyebutkan, untuk musim tanam (MT) pertama, dirinya sudah menandatangani kebutuhan pupuk hampir 100 ton. 

 “Saya sudah tandatangani tahun ini, urea sebanyak 44,7 ribu ton dan untuk NPK sebanyak 52,6 ribu ton. Jadi insyaallah aman,”kata Dedi beberapa waktu lalu.

Namun, setelah pernyataan Pj itu, Fajar mengaku masih kerap menerima keluhan petani yang mengaku kesulitan mendapatkan pupuk. Bahkan, kata dia, dari aduan masyarakat, ketersediaan pupuk subsidi tahun lalu dianggap lebih baik.

"Pak Pj pernah bilang aman. Tapi ternyata, masih banyak petani yang bilang masih susah," jelas dia.

"Tahun lalu itu, petani dapat jatah 70 persen pupuk subsidi, yang 30 persennya beli non subsidi. Tahun sekarang, mereka hanya bisa 26-30 persen. Sisanya, beli non subsidi," kata dia.

Fajar berharap, pernyataan Pj setelah sidak ke toko pupuk itu bisa segera dinikmati oleh masyarakat petani. "Karena sekarang kan masih MT pertama, tapi mereka ngaku sulit dapat pupuk," jelas dia.

3. Alih fungsi terjadi di lahan produktif

Sektor Pertanian Majalengka Kian Tergerus di Tengah Menjamurnya PabrikInin Nastain/ hamparan sawah dengan pagar beton

Kecamatan Ligung menjadi salah satu daerah andalan Kabupaten Majalengka dalam hal produksi padi. Di sisi lain, daerah ini juga mulai marak berdiri industri.

Fakta di lapangan, industri yang mulai menjamur sejak beroperasinya BIJB itu, berdiri kokoh di lahan-lahan pertanian yang biasanya bisa menghasilkan panen sebanyak dua kali dalam setahun.

"Iya, alih fungsi itu ya di lahan produktif. Yang bisa panen 2 kali dalam setahun. Rata-rata di Kecamatan Ligung emang dua kali tanam," kata Supervisor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Ligung Daryo.

Daryo tidak mengetahui jelas, berapa hektar lahan produktif yang akhirnya alih fungsi jadi industri. Namun, saat ini lahan pertanian di Kecamatan Ligung di kisaran 4000 hektare.

"Sekarang luas lahan pertanian, di angka 4.945 hektare. Kalau dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya, kurang hapal sih berapa hektar lahan yang alih fungsi. Karena kebetulan saya baru," jelas dia.

Disinggung jumlah hasil panen, Daryo menyebut, para petani bisa mendapat sekitar 8 ton gabah kering per hektare, untuk dua kali panen. "Rata-rata di sini dua kali panen. Yang ketiganya biasa ditanami palawija," kata dia.

"Kalau sebelum 2016 an, katanya ada beberapa yang tiga kali tanam. Kalau sekarang mah, ya dua. Dan yang kedua itu biasa dibantu dengan bikin pompa atau ambil dari sungai, untuk kebutuhan airnya," lanjut dia.

Daryo mengaku, untuk kualitas sendiri, tidak mengalami penurunan. Termasuk lahan-lahan yang ada di sekitar industri. 

"Belum ada dampak kualitas yang menurun karena efek pabrik, termasuk yang di dekat pun. Karena mungkin pabrik-pabrik itu ada pembuangan limbahnya," kata dia.

Di Kecamatan Ligung sendiri, jelas dia, ada pembukaan lahan baru untuk sawah. Namun jumlahnya masih minim, dibanding dengan alih fungsi ke pabrik.

"Ada di (desa) Majasari, sekitar 4 hektar. Di sana, untuk satu kali panen per hektare nya di angka 3,5 ton. Itu dari perkebunan, yang diubah jadi sawah," jelas dia.

"Ya mau gimana lagi. Karena berdirinya industri kan suatu keniscayaan. Program pemerintah juga kan. Katanya (Kecamatan) Ligung ini masuk daerah industri," lanjut Daryo.

Baca Juga: Langka di Musim Tanam, Pemerintah Pastikan 2024 Pupuk Majalengka Aman

Baca Juga: 90 Persen Lahan Pertanian di Indonesia Tidak Produktif

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya