Sambut 17 Agustus, BTNGC Batasi Pendaki 605 Orang di Gunung Ciremai

Para ranger dilatih kemampuan menangani kondisi darurat

Majalengka, IDN Times- Manajemen Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) akan membatasi jumlah pendaki yang naik ke Gunung Ciremai pada 17 Agustus 2023, mendatang. Nantinya, BTNGC akan membatasi sebanyak 605 pendaki setiap harinya yang naik dari dua jalur pendakian (JP) di Kabupaten Majalengka.

Selain itu, manajemen BTNGC juga terus mempersiapkan diri dan meningkatkan skill petugas menjelang 17 Agustus 2023. Sebab, pada momen 17 Agustus banyak masyarakat atau pendaki mengisi peringatan Hari Kemerdekaan RI di atas puncak Gunung, termasuk Ciremai.

Salah satu kesiapan yangg dilakukan adalah berkoordinasi dengan sejumlah kalangan dan melatih petugas untuk menangani kondisi darurat. Koordinasi tersebut dilaksanakan, baik dengan mitra di empat jalur pendakian (JP) maupun pegiat lingkungan 

"Koordinasi dengan seluruh stakeholder yaitu mitra jalur pendakian (JP Palutungan, JP Linggarjati, JP Linggasana, JP Apuy dan JP Trisakti Sadarehe). Koordinasi juga kami lakukan dengan pegiat alam, relawan, dan LSM AKAR," kata Kepala Balai TNGC Maman Surahman.

1. Latih para petugas tangani kondisi darurat

Sambut 17 Agustus, BTNGC Batasi Pendaki 605 Orang di Gunung CiremaiBTNGC/ Pelatihan penanganan kedaruratan

Persiapan yang dilakukan BTNGC tidak berhenti pada koordinasi. Sebagai tindak lanjut dari koordinasi dengan stakeholder, BTNGC juga melakukan pelatihan kepada para petugas.

"Hal lain yang dilakukan adalah pemasangan rambu-ambu dan penetapan kuota pendakian. Juga peningkatan kapasitas ranger melalui pelatihan penanganan kedaruratan serta penempatan petugas, ranger, dan relawan serta pegiat lingkungan," kata Maman.

Dengan beberapa persiapan tersebut, diharapkan para pendaki bisa lebih nyaman saat merayakan 17 Agustus di puncak Ciremai.

"Langkah-langkah kesiapan ini dilakukan demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan para pendaki. Para pendaki diharapkan melakukan aktivitas pendakian secara bijak dengan menerapkan prosedur pendakian Gunung Ciremai yang ada. Cukup tinggalkan jejak, jangan tinggalkan sampah," jelas dia.

2. Pelatihan ranger dan petugas jp Majalengka selesai hari ini

Sambut 17 Agustus, BTNGC Batasi Pendaki 605 Orang di Gunung CiremaiBTNGC/ Proses pelatihan penanganan kedaruratan

Khusus untuk dua jp yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka yakni JP Apuy (Kecamatan Argapura) dan Sadarehe (Kecamatan Rajagaluh), pelatihan telah selesai. Terakhir, pelatihan dilaksanakan hari ini, Kamis (10/8/2023).

"Pelatihan PPGD (Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan) untuk para ranger dan pengelola jp oleh tim medis (dokter pendamping jalur pendakian). Jalur Trisakti Sadarehe pada tanggal 8 agustus 2023. Jalur Apuy hari ini tanggal 10 agustus," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional ( SPTN) Wilayah II Majalengka, Jaja Suharja Senjaya kepada IDN Times, Kamis (10/8/2023).

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan polisi hutan (polhut) untuk melakukan patroli di semua jalur.

"Akan melakukan patroli dengan melibatkan polhut di setiap jalur pendakian. Kami juga memasang papan petunjuk dan imbauan-imbauan," jelas dia.

3. Pendakian dari jalur Majalengka dibatasi maksimal 605 orang per hari

Sambut 17 Agustus, BTNGC Batasi Pendaki 605 Orang di Gunung CiremaiInin Nastain/ pendakian gunung Ciremai jalur Apuy Majalengka

Kendati diprediksi akan banyak warga melakukan pendakian dalam rangka memperingati 17 Agustus, tetapi jumlah maksimal pendakian, khususnya wilayah Majalengka tidak berubah. Seksi pengelolaan taman nasional Majalengka memastikan, jumlah maksimal pendakian sama seperti hari biasa.

"Masih tetap. Jp Apuy sebanyak 455 orang per hari. Adapun jp Sadarehe 150 orang per hari, masih tetap juga," jelas Jaja.

"Yang pasti, kami terus melakukan persiapan-persiapan untuk memberikan kenyamanan kepada pendaki. Kami minta kerjasamanya dari para pendaki, untuk sama-sama mematuhi aturan yang ada," bener dia.

Baca Juga: Cegah Pendakian Ilegal, Naik Gunung Ciremai Diberi Gelang Identitas

Baca Juga: 15 Makanan Khas Indonesia yang Identik dengan HUT RI 17 Agustus

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya