Resmi Operasional Penuh, BIJB Akan Jadi Panggung Kesenian Lokal

Seniman Berokan Indramayu tampil di hari pertama perpindahan

Majalengka, IDN Times - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka resmi beroperasional penuh Minggu(29/10/2023). Seluruh penerbangan pesawat berbadan besar dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung akan pindah terbang (take off) dan mendarat (landing) di BIJB Kertajati mulai hari ini.

Beroperasi penuhnya BIJB Kertajati ini dipastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bukan hanya untuk aktivitas penerbangan saja. Tetapi, aktifnya kembali BIJB akan menjadi panggung promosi seni dan budaya lokal.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat sudah memiliki program untuk pergelaran seni di bandara itu.

"Kadis Pariwisata Jabar berjanji akan mengadakan event-event di sini (BIJB) tiap minggu," kata Bey saat berkunjung ke BIJB, Minggu (29/10/223).

 

1. BIJB jadi panggung kesenian

Resmi Operasional Penuh, BIJB Akan Jadi Panggung Kesenian LokalInin Nastain IDN Times/ Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin

Pada pelaksanaannya, Bey menjelaskan, akan ada pertunjukan seni dari beberapa daerah di Jawa Barat, khususnya daerah sekitar bandara. Dengan demikian, kesenian lokal Jabar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Jadi tidak hanya untuk area keberangkatan, tapi kita juga promosikan budaya-budaya di daerah," jelas dia.

Selain kesenian, Bey menjelaskan, di BIJB juga terdapat produk lokal dari daerah sekitar. Dengan kehadiran produk lokal itu, pengunjung akan lebih mudah mendapatkan produk khas dari daerah sekitar bandara.

"Ada batik-batik dari Cirebon dan juga hasil produk lainnya sekitar sini. Kami ingin bandara ini menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat," jelas dia.

2. Hari pertama perpindahan dari Bandung, pengunjung dihibur Seni Berokan

Resmi Operasional Penuh, BIJB Akan Jadi Panggung Kesenian LokalInin Nastain IDN Times/ Dua seniman berikan tampil di BIJB

Seni berokan menjadi kesenian yang berkesempatan tampil pada hari pertama perpindahan penerbangan dari Bandung ke Majalengka. Dalam kesempatan itu, ada dua seniman Berokan asal Indramayu yang tampil, menghibur pengunjung.

"Diminta pemerintah Indramayu untuk tampil di sini. Ini, para seniman ini biasanya ngamen," kata ketua rombongan Seni Berokan Eddi Supriyadi.

Edi memastikan, seniman Berokan Indramayu siap ketika nantinya ada kesempatan untuk kembali manggung di BIJB.

"Kalau ada permintaan, siap kapan aja," tegas dia.

3. 52 pelaku UMKM Majalengka punya lapak di BIJB

Resmi Operasional Penuh, BIJB Akan Jadi Panggung Kesenian LokalInin Nastain/ ruang khusus merokok di BIJB

Sementara itu, sebanyak 52 pelaku UMKM Kabupaten Majalengka dipastikan akan menempati tenant-tenant di BIJB. Sebagian besar pelaku UMKM tersebut yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman.

"Kami ada 52 para pelaku UMKM. Jadi 52 itu bukan 52 tenant. Ada yang membangun tenant sendiri, ada kolaborasi," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Majalengka Arif Daryana.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaannya, para pelaku UMKM itu menjalani proses kurasi terlebih dahulu. Hal itu dinilai penting, mengingat adanya beberapa syarat yang harus diperhatikan sebelum beroperasi di bandara.

"Sebanyak mungkin kita masukkan UMKM. Hanya kan perlu dikurasi. Karena kan ada kriteria-kriteria yang bisa masuk. Akhirnya ada yang tidak bisa masuk," jelas dia.

"Hari ini kita fokus di opening seremoni. Setelah itu baru kita langkah konkrit ke penempatan UMKM," lanjut Arif.

Baca Juga: Murah dan Cepat, Ini Daftar Harga Angkutan Umum ke BIJB Kertajati

Baca Juga: Bandara Husein Sastranegara Kian Sepi Imbas Peralihan Pesawat ke BIJB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya