Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Lalu Lintas Cipali Melandai

One Way berakhir pukul 24.00 malam ini

Majalengka, IDN Times- Arus mudik  kendaraan di ruas Tol Cipali pada Senin (8/4/2024) malam mulai berangsur normal. Kendati demikian, petugas tetap memberlakukan sistem one way hingga tengah malam nanti tepat pukul 00.00WIB.

Kepadatan volume kendaraan sempat terjadi pada Sabtu-Minggu (6-7/4/2024). Tetapi, sejak Senin pagi volume kendaraan yang melintas hanya sekitar 4.000 unit perjam. Jumlah itu semakin turun hingga malam ini yang berjumlah 1.000-2.300 unit per jam.

"Mulai landai. Dua hari kemarin cukup tinggi, hari ini turun," kata Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Mochamad Ali, Senin malam

1. Puncak arus mudik sudah lewat

Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Lalu Lintas Cipali MelandaiInin Nastain IDN Times/ Lalulintas Cipali pada Senin (8/4/2023) landai

Ali menjelaskan, untuk sementara puncak arus mudik sudah lewat. Namun, tidak menutup kemungkinan arus lalu lintas akan kembali mengalami kenaikan menjelang hari Idulfitri.

"Bisa dikatakan lewat. Hari ini, dari pagi mulai menurun," jelas Ali.

Menurut dia, pada Senin subuh, volume lalu lintas di kisaran 4.000 kendaraan per jam. Masuk siang hingga malam, volume lalu lintas kembali mengalami penurunan.

"Jam 6 sampai 7 sore (18-19 WIB), di angka 1.700 kendaraan per jam. Lalu jam 7 sampai 8 malam, naik sedikit jadi 2.333 kendaraan per jam," papar dia.

2. Belum ada lonjakan dari Cisumdawu

Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Lalu Lintas Cipali MelandaiInin Nastain IDN Times/ Jalur pertemuan Cisumdawu-Cipali

Ali menjelaskan, lonjakan arus lalu lintas yang sempat terjadi beberapa hari lalu, berasal dari arah Jakarta. Dijelaskannya, hingga saat ini belum ada lonjakan arus lalulintas dari arah Cisumdawu.

"Sampai sekarang arus lalulintas masih dari arah Jakarta. Termasuk yang kemarin sempat mengalami kepadatan juga, itu dari arah Jakarta," jelas dia.

Ali menjelaskan, belum bisa dipastikan apakah akan ada lonjakan dari arah Cisumdawu atau tidak. Dijelaskannya, tidak menutup kemungkinan luapan lalulintas dari Cisumdawu akan terjadi menjelang hari H.

"Yang pasti sampai sekarang belum ada lonjakan dari arah Cisumdawu. Arus lalulintas dari sana (Cisumdawu) masih normal," papar dia.

3. One Way berlangsung hingga pukul 24.00 WIB

Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Lalu Lintas Cipali MelandaiInin Nastain IDN Times/ Lalulintas KM 166 Cipali Senin siang

Sementara itu, sistem one way telah diterapkan sejak tanggal 5 April malam kemarin. Awalnya, one way akan berlangsung hingga tanggal 7 April malam. 

"Tanggal 5, 6, dan 7 (April) itu full, tidak berhenti. Tadinya kan (awalnya) tadi malam itu diberhentikan, tapi ada kebijakan baru, dilanjutkan," jelas dia.

Rencananya, one way akan berlangsung hingga pukul 24.00 WIB nanti. Rencana itu seiring dengan melandainya arus lalu lintas di ruas Tol itu. "Rencananya nanti malam baru selesai," kata Ali.

Sementara itu, pada Minggu (7/4/2024), di Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan, tercatat terdapat penurunan total kendaraan sejumlah 5,2 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Namun, dengan volume kendaraan melintas yang masih tergolong cukup tinggi, sesuai diskresi kepolisian rekayasa lalu lintas One Way dari KM 72 Tol Cikopo–Palimanan hingga KM 414 GT Kalikangkung diperpanjang hingga 8 April 2024 pukul 24.00 WIB.

Baca Juga: Arus Mudik, Pergerakan Penumpang di BIJB Kertajati Majalengka Naik

Baca Juga: Cipali Masih Berlakukan One Way, Lalu Lintas Ramai Lancar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya