Pj Bupati Majalengka Ajak Warga Datang ke TPS Pilih Pemimpin Bangsa

KPU Kabupaten Majalengka pastikan pemungutan suara siap

Majalengka, IDN Times- Sebanyak 998.757 warga di Kabupaten Majalengka masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 14 Februari 2024 Rabu (14/2/2024). Dari jumlah itu, pemilih laki-laki dalam DPT sebanyak 498.353 orang dan perempuan sebanyak 500.404 orang.

Calon pemilih di Majalengka ini akan memberikan suaranya untuk menentukan calon pemimpin Indonesia lima tahun ke depan. Mereka akan memilih di 3.927 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 334 desa dan kelurahan se-Kabupaten Majalengka.

Mengingat pentingnya suara masyarakat untuk menentukan pemimpin masa depan, Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi berharap warga yang terdaftar, bisa datang ke TPS untuk memberikan suaranya.

"Kepada masyarakat Kabupaten Majalengka, silakan gunakan hak pilih anda sesuai dengan nurani," kata Dedi

1. Pj Bupati akan milih di TPS dekat pendopo

Pj Bupati Majalengka Ajak Warga Datang ke TPS Pilih Pemimpin BangsaInin Nastain IDN Times/ pendopo Bupati Majalengka

Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Majalengka, Dedi menegaskan dirinya juga akan datang ke TPS untuk memilih salah satu calon. Dedi mengaku, dirinya terdaftar sebagai calon pemilih di TPS terdekat dari pendopo.

"Saya juga pasti akan milih. Saya milih di sini. Mari bersama-sama datang ke TPS yang sudah ditentukan, untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik," kata dia.

Setelah memberikan suaranya, Dedi menegaskan dirinya akan melakukan monitoring ke sejumlah TPS, bersama Forkopimda. "Setelah nyoblos, saya bersama Forkopimda akan monitoring ke TPS-TPS. Nanti disebar," jelas dia.

2. Pj Bupati sediakan Quick Count di pendopo

Pj Bupati Majalengka Ajak Warga Datang ke TPS Pilih Pemimpin Bangsailustrasi aplikasi Warga Jaga Suara (play.google.com/Digital Politik Indonesia)

Setelah melakukan monitoring, jelas dia, Forkopimda akan berkumpul di Pendopo untuk mengikuti tahapan penghitungan suara. Ditegaskannya, untuk Pemilu 2024 ini, pemerintah menyediakan Quick Count di Pendopo.

"Setelah beres berkeliling wilayah, nanti semuanya berkumpul di pendopo, sekitar jam 13.30 kami kumpul di Pendopo. Kami sama-sama Ishoma sambil sama-sama," ujar dia.

3. Beberapa TPS di Majalengka mengalami susah sinyal

Pj Bupati Majalengka Ajak Warga Datang ke TPS Pilih Pemimpin Bangsailustrasi sinyal HP (freepik.com/Freepik)

Sementara itu, pada Pemilu 2024 ini, sejumlah TPS di Kabupaten Majalengka diketahui mengalami susah sinyal. Data tersebut berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Majalengka.

"Di kami, daerah yang blank spot itu memang ada. Titik-titiknya sudah kami dapat dari Diskominfo," kata Divisi Teknis KPU Majalengka Andhi Insan Sidiq.

Kendati demikian, Andhi memastikan kondisi itu tidak menggangu kerja KPPS di lapangan. Andhi beralasan, dalam menjalankan tugasnya memberi laporan, diberlakukan sistem hibrid yakni daring dan luring.

"Blank spot sebetulnya nggak jadi masalah. Karena untuk laporan itu, kami menggunakan dua model, offline sama online. Jadi, fakta di lapangan ada beberapa TPS di daerah blank spot itu, tidak jadi kendala," ungkap dia.

Disinggung distribusi logistik, Andhi memastikan semuanya sudah tersalurkan ke semua desa dan kelurahan. "Sudah, sudah disalurkan semua ke PPS. Tinggal nanti disalurkan ke TPS. Tadi siang juga di beberapa tempat, ada TPS yang sudah siap. Secara prinsip, kami siap melaksanakan pemungutan suara besok," tegas dia

Baca Juga: Mahasiswa Asal Majalengka dan WNI Sudah Nyoblos di Rusia 

Baca Juga: 6 Situs Pelaporan Pemilu 2024, Bantu Kawal Pemungutan Suara

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya