Pilkada Majalengka, PDIP-Gerindra Sepakat Berkoalisi

Keputusan koalisi ditentukan oleh DPP masing-masing partai

Majalengka, IDN Times- PDIP resmi berkoalisi dengan Partai Gerindra pada Pilkada Majalengka November 2024. Kepastian itu setelah pengurus DPC Partai Gerindra melakukan kunjungan ke sekretariat DPC PDIP Majalengka pada Jumat (28/6/2024) malam.

Dalam pertemuan itu, Gerindra mengajukan kader internal untuk maju sebagai bakal calon wakil bupati, mendampingi Karna Sobahi yang sudah mendapat tugas dari DPP PDIP.

"Saya hanya melihat kepentingan koalisi PDIP dengan partai mana pun, ternyata Gerindra yang lebih cepat menyikapi," kata Ketua DPC PDIP Majalengka Karna Sobahi, kepada wartawan.

1. Tidak terpengaruh dengan politik nasional

Pilkada Majalengka, PDIP-Gerindra Sepakat Berkoalisi@prabowogemoyy

Pada level nasional, saat Pilpres kemarin, PDIP dan Gerindra diketahui berada di kubu berlawanan. Namun, Karna memastikan hal itu tidak berlaku di Kabupaten Majalengka pada kontestasi Pilkada nanti 

"Berangkat dari titik kebutuhan rakyat Majalengka, kami bersepakat dengan Gerindra untuk membangun kebersamaan, sinergitas, karena Gerindra dengan PDIP tidak ada masalah. Soal kemarin dalam kompetisi politik, itu hal biasa. Tetapi ketika kebutuhan Majalengka, lebih fokus yang kami jalani, tentu kami butuh Gerindra," tutur Karna. 

"Oleh karena itu malam ini disepakati dengan partai gerindra untuk berkoalisi dalam Pilkada 2024," tuturnya.

Kendati demikian, Karna memastikan, pertemuan tersebut bukan akhir dari koalisi ini, karena koalisi tersebut masih sebatas level lokal di tingkat DPC.

"Dari pertemuan ini, masing-masing akan menindaklanjuti ke level lebih atas. Kami punya DPD, dan nanti bermuaranya pada keputusan bersama di DPP. Itulah tahapan dan mekanisme dari koalisi. Jadi tidak hanya ditentukan (oleh) kami, di mana kami juga punya orang tua," ujarnya.

Terkait koalisi tersebut, Karna menganalogikan sebagai sebuah hubungan pacaran. Nantinya, hubungan tersebut akan ditentukan oleh DPP, apakah direstui atau tidak. 

"Kami sudah bersepakat pacaran, tapi yang merestui, yang menjadi wali adalah orangtua. Oleh karena itu tahapan ini menjadi penting kami tempuh berdua. Oke PDIP sepakat koalisi dengan Gerindra di Majalengka dalam Pilkada ," ujar Karna.

2. DPC Gerindra segera kirim informasi ke DPD dan DPP

Pilkada Majalengka, PDIP-Gerindra Sepakat BerkoalisiInin Nastain IDN Times/ pertemuan PDIP dan Gerindra Majalengka

Ketua DPC Gerindra Majalngka Jefri Romdonni mengatakan, keputusannya untuk berkoalisi dengan PDIP didasari kesamaan kepentingan. Ia menegaskan, menghadapi Pilkada mendatang, kedua partai memiliki pandangan yang sama untuk Majalengka.

"Ini dalam rangka membangun koalisi. Kami memiliki kepentingan yang sama yaitu kepentingan bagaimana setidaknya membangun Majalengka mendatang yang lebih baik. Nah tentunya dengan persamaan itulah kami bersilaturahmi ke DPC PDIP," ujarnya. 

Selanjutnya, DPC Gerindra akan melaporkan pertemuan itu ke level yang lebih atas. "Alhamdulillah terjadi kesepakatan untuk berkoalisi. Hasil daripada pertemuan malam ini akan kami bawa ke level DPD ataupun DPP. Semoga ini awal yang baik untuk kita semua," tutur Jefri.

Dari tahapan yang sudah dilakukan, DPC Gerindra memutuskan untuk mengusung wakil ketua DPC yakni Didin Jaenudin pada Pilkada mendatang. 

"Di tingkat kabupaten sudah sepakat berkoalisi dan kami akan bawa ke tingkat DPP. Berdasarkan pembahasan internal kami, namanya mengerucut ke Bapak Didin Jaenudin. Di sini kami mengusulkan sebagai cawabup," kata Jefri.

3. Didin klaim sebagai wakil anak muda

Pilkada Majalengka, PDIP-Gerindra Sepakat BerkoalisiInin Nastain IDN Times/ Karna-Didin

Sementara itu, bacawabup dari Gerindra Didin Jaenudin mengatakan, setelah keputusan itu, selanjutnya akan dilakukan pembahasan dari kedua belah pihak. 

"Intinya kami berkoalisi, membangun dulu. Intinya berkoalisi dulu, nanti kami berunding dengan calon bupatinya dan keluarga besar PDIP dan Gerindra," kata dia.

Menurutnya saat ini kalangan anak muda memiliki kesempatan yang sama untuk berkiprah di jalur politik. "Kita ketahui, sekarang zamannya zaman milenial. Anak muda harus tampil, anak muda harus berani, anak muda harus kreatif. Dan saya mewakili (kalangan pemuda) di Majalengka," ujarnya.

Didin sendiri saat ini tercatat sebagai wakil ketua DPRD Majalengka. Pada Pileg kemarin, Didin kembali terpilih sebagai anggota DPRD Majalengka. Terkait keputusannya maju pada Pilkada, ia memastikan akan mengundurkan diri dari posisinya di legislatif.

"Sekarang wakil ketua DPRD kabupaten Majalengka. Iya, mengundurkan diri (dari DPRD saat pelantikan). Di DPC sebagai wakil ketua DPC Gerindra," kata dia 

Baca Juga: Karna Sobahi Terima Tugas dari DPP PDIP Maju Pilkada Majalengka

Baca Juga: Pabrik di Majalengka Beroperasi Tanpa Amdal, Kok Bisa?

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya