Pilkada Majalengka: Mantan Sekda Nomor Urut 1, Petahana Nomor 2

Eman dan Karna mengajak pendukung jaga persaudaraan

Majalengka, IDN Times - KPU Kabupaten Majalengka telah menetapkan nomor urut untuk dua pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Majalengka. Dalam pengundian itu, Paslon Eman Suherman-Dena Muhamad Ramdan mendapat nomor urut satu dan Karna Sobahi-Koko Suyoko mendapat nomor urut dua.

Pengundian nomor urut dilakukan di kantor KPU Majalengka, Senin (23/9/2024). Dalam kesempatan itu, kedua paslon didampingi oleh pengurus partai pendukung. 

"SK KPU Kabupaten Majalengka Nomor 1552 Tahun 2024 penetapan nomor urut paslon Pilkada Majalengka 2024; Eman-Dena satu, Karna-Koko dua," kata Ketua KPU Majalengka Teguh Fajar Pratama

1. Punya kepedulian yang sama

Pilkada Majalengka: Mantan Sekda Nomor Urut 1, Petahana Nomor 2Inin Nastain/ Dua paslon bupati wakil bupati Majalengka

Cabup Eman Suherman menyambut baik nomor urut satu yang didapatnya. Sebelum pengundian, Eman mengaku sempat berharap mendapat nomor urut satu.

"Kami bersyukur dapat nomer urut saty dan alhamdulillah terkabul. Semua orang pengin nomor satu dan sejalan dengan visi Majalengka langkung sae," kata Eman.

Ia menjelaskan, secara prinsip, Eman-Dena memiliki kesamaan dengan Karna-Koko yakni peduli terhadap daerah. Namun, Eman menjelaskan, ia punya cara yang berbeda dalam mewujudkan kemajuan Majalengka.

"Kami dan Karna-Koko punya kesamaan yaitu peduli untuk bangun, majukan, dorong Majalengka bahagia dan kami ingin mewujudkan masyarakat Majalengka yang langkung sae," ujar dia.

"Perbedaannya, hari ini kami punya pola dan cara tersendiri untuk memajukan Majalengka dan tentu kemarin dinahkodai beliau dan bisa wujudkan bersama. Tapi sekarang ada perbedaan, meski intinya kami sama-sama peduli Majalengka," kata dia.

2. Minta doa tetap sehat

Pilkada Majalengka: Mantan Sekda Nomor Urut 1, Petahana Nomor 2Inin Nastain/ Cabup

Dalam pengundian nomor urut, kedua Paslon meminta doa dari masyarakat agar diberi kesehatan. 

"Minta didoakan diberi kesehatan, panjang umur, dan keberkahan dunia akhirat," kata Eman 

Hal serupa juga disampaikan cabup Karna. Senada dengan Eman, Karna menegaskan pentingnya mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. 

"Semoga kita semua sehat dan selamanya selalu dalam ridha Allah SWT," tutur dia.

Sementara itu, Eman diketahui pernah menjabat sebagai Sekda Majalengka, sebelum akhirnya mengundurkan diri untuk maju Pilkada. Adapun Karna, merupakan calon petahana, yang sebelumnya menjadi Bupati Majalengka didampingi Tarsono D. Mardiana

3. Sama-sama ajak Pilkada damai

Pilkada Majalengka: Mantan Sekda Nomor Urut 1, Petahana Nomor 2Inin Nastain/ Cabup Majalengka Koko Suyoko
Sementara itu, kedua Cabup sama-sama meminta masyarakat luas, khususnya para pendukung untuk tetap menjaga persaudaraan. Perbedaan, kata kedua mereka, sudah seharusnya tidak jadi perpecahan.

"Pilkada kontestasi sebagai sistem demokrasi kita, tapi perbedaan pilihan tidak boleh menjadi perpecahan," kata Eman

"Mari kawal dan upayakan agar pelaksanaan pilkada Majalengka bisa berkualitas, berintegritas, jujur, adil, dan kondusif, dan semua kembali ke kita. Kami yakin semua bisa berjalan lancar, kondusif dan pilkada ini sama-sama upaya menjemput takdir," tutur Eman.

Senada, cabup Karna menekankan pentingnya persaudaraan antar sesama. Karna yang sebelumnya menjadi wakil bupati dua periode menegaskan, perjalanan Pilkada di Majalengka senantiasa berjalan lancar. 

"Tidak bertengkar, cekcok. Saya pengalaman pilkada tiga kali; Pilkada 2008, 2013-2018, dan sekarang 2024. Semua aman-aman saja, apalagi setelah terpilih, menyatu dalam konteks Majalengka nu urang (punya kita)," papar dia.

"Jangan bercerai-berai, jangan bermusuhan. Setelah Pilkada, selanjutnya persaudaraan. Sekarang gontok-gontokan, tapi nanti bersaudara lagi ciptakan kondusivitas yang lebih harmonis," ujar Karna.

Ia menegaskan, perpecahan hanya akan membuat cita-cita membangun Majalengka terganggu. "Gak perlu pecah belah, karena kalau Pilkada gini terus, gak bisa bangun Majalengka," tutur Karna.
Inin Nastain Photo Community Writer Inin Nastain

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya