Pilkada Majalengka Kemungkinan Hanya Diikuti Dua Paslon

Besok, paslon mulai pemeriksaan kesehatan di RSHS

Majalengka, IDN Times - Pilkada Kabupaten Majalengka diprediksi hanya diikuti oleh dua pasangan calon (Paslon). Hal itu berdasarkan pemberitahuan yang diterima KPU hingga hari terakhir pendaftaran, Kamis (29/8/2024) siang.

Sejak dibuka pada Selasa (27/8/2024) sampai Kamis (29/8/2024), hanya ada dua pemberitahuan yang masuk ke KPU. Kedua pemberitahuan itu yakni dari tim Paslon Karna Sobahi-Koko Suyoko dan Eman Suherman-Dena Muhamad Ramdan.

"Alhamdulillah di hari ketiga ini kami menerima satu paslon lagi. Pada tanggal 29 (Agustus) menerima pasangan calon atas nama Eman Suherman MM dan wakilnya Dena M. Ramdan," kata Ketua KPU Majalengka Teguh Fajar Pratama usai menerima pendaftaran

1. Hanya ada satu pemberitahuan pendaftaran di hari terakhir

Pilkada Majalengka Kemungkinan Hanya Diikuti Dua PaslonInin Nastain IDN Times/ Bacabup Majalengka Eman Suherman

Sejak dibuka pada Selasa hingga Kamis siang, kata Teguh, ada dua paslon yang resmi mendaftar. Dijelaskannya, pada hari terakhir, pendaftaran dibuka hingga tengah malam. 

"Menerima dua pasangan calon. Tapi tetap kami masih membuka pendaftaran sampai pukul 23.59 WIB," kata dia.

Disinggung apakah ada pemberitahuan lain untuk mendaftar, Teguh mengaku hingga Kamis siang belum ada. 

"Belum (belum ada yang memberi pemberitahuan). Kami serahkan kepada para kontestan yang berminat jadi calon bupati wakil bupati," kata dia.

2. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSHS selama dua hari

Pilkada Majalengka Kemungkinan Hanya Diikuti Dua Paslonilustrasi praktisi kesehatan (pexels.com/Kampus Production)

Setelah proses pendaftaran selesai, kata Teguh, para kandidat akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Tahapan ini akan mulai dilakukan Jumat (30/8/2024) besok.

"Setelah tahap pendaftaran ini, kami akan laksanakan pemeriksaan kesehatan, terkait dengan rohani dan jasmani," kata dia.

"Pemeriksaan dilakukan di RSHS Bandung, tanggal 30 dan 31 Agustus, besok," lanjut dia.

3. Berkas kedua kandidat dinyatakan lengkap

Pilkada Majalengka Kemungkinan Hanya Diikuti Dua PaslonInin Nastain IDN Times/ Ketua KPU Majalengka terima berkas pendaftaran Karna-Koko

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis KPU Kabupaten Majalengka Andi Inshan Shidik mengatakan, berkas dari dua paslon yang mendaftar dipastikan lengkap.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah berkas tersebut dinyatakan layak dan benar atau tidak. Saat ini, KPU masih melakukan verifikasi.

"Berkas lengkap. Terkait benar atau tidak, itu sedang kami verifikasi. Kalau nanti ada perlu kekurangan, kami akan sampaikan lagi kepada tim calon untuk diperbaiki lagi," kata dia.

Dijelaskannya, para paslon diberi kesempatan perbaikan hingga 8 September nanti. "Berkas perbaikan sampai tanggal 8 Desember. Verifikasi dilakukan sejak pendaftaran. (Saat pendaftaran) Harus lengkap, tapi belum tentu benar. Dan semuanya dinyatakan lengkap," kata Andhi .

Disinggung pemberitahuan pendaftaran, Andhi menegaskan belum ada lagi. "Yang pemberitahuan (mendaftar) sudah tidak ada lagi. Tapi tetap kami tunggu sampai jam 23.59 WIB," ujarnya.

Baca Juga: Siap Maju Pilkada, Karna-Koko Daftar ke KPU Majalengka Hari Pertama

Baca Juga: Sahabat Bang Ara Majalengka Nyatakan Dukungan untuk Cabup Usungan KIM 

Topik:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya