Minggu dan Senin Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik Lebaran

H-10 sampai H+2, 3,8 juta kendaraan melintas Tol Astra Infra

Majalengka, IDN Times - Puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu (14/4/2024), hari ini. Sejumlah langkah dilakukan manajemen Astra Infra, dalam menyambut puncak arus balik yang diperkirakan berlangsung hingga Senin (15/4/2024). 

Penerapan disko tarif tol, adalah salah satu cara dilakukan Astra Infra untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan di tiga ruas Tol. Selain itu, rekayasa lalu lintas juga dipersiapkan untuk mengurai volume kendaraan.

"Berdasarkan informasi dari Korlantas Polri, puncak arus balik akan jatuh pada tanggal 14-15 April," kata kata Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra Group Rinaldi.

1. Siapkan diskon untuk berlaku 17-19 April

Minggu dan Senin Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik LebaranDiskon tarif tol Jasa Marga (Dok Jasa Marga)

Pada arus mudik kemarin, pihak Astra Infra mengeluarkan kebijakan diskon tarif tol. Kebijakan itu diberikan untuk mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas saat puncak arus mudik pada 6 April. Hal serupa kembali diberlakukan manajemen Tol.

Pada arus mudik kemarin, diskon tarif tol diberlakukan sebelum terjadinya puncak arus mudik yakni 3-5 April. Pada arus balik ini, manajemen Astra Infra memberlakukannya secara terbalik.

Diskon tarif tol akan diberikan setelah prediksi arus balik yakni 17 April. Kebijakan itu akan berlangsung selama 3 hari dari 17-19 April.

"Astra Infra nfra menyiapkan diskon tarif tol sebesar 20 persen pada 17 April pukul 05:00 sampai dengan 19 April pukul 05:00 WIB di tiga ruas tol Astra Infra yaitu Tangerang–Merak, Cikopo–Palimanan, dan Jombang–Mojokerto," jelas Rinaldi.

Pemberian diskon tarif tersebut berlaku untuk semua jenis kendaraan yang melintas di tiga ruas Tol milik Astra Infra itu. "Melintas secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan e-toll dengan saldo cukup," jelas dia.

2. Ruas Tol Cipali sudah mulai One Way

Minggu dan Senin Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik LebaranInin Nastain IDN Times/ Lalulintas KM 166 Cipali sempat tersendat

Rekayasa lalu lintas berupa One Way sudah diberlakukan di ruas jalur Tol Cipali pada Sabtu (13/4/2024) siang. One Way itu diberlakukan sejak Kalikangkung hingga Cipali.

"Pada 13 April 2024 pukul 15.00 WIB, sesuai diskresi kepolisian, mulai diberlakukan one way ke arah Jakarta. Berlaku mulai KM 414 GT Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cikopo - Palimanan," kata dia.

Di ruas Tol Cipali sendiri, pada Jumat (12/4/2024) kemarin, tercatat ada 122 ribu kendaraan melintas. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya.

"Tercatat sekitar 122 ribu kendaraan melintas pada H+2 lebaran, 12 April 2024. Itu menurun sekitar 6,1 persen dibandingkan hari sebelumnya," papar dia. 

Adapun sejak 31 Maret hingga 12 April 2024 kemarin, total sekitar 1,2 juta kendaraan telah melintas di ruas tol Cikopo - Palimanan, dengan puncak arus mudik terjadi pada 6 April, sebanyak 134 ribu kendaraan melintas.

3. Sebanyak 3,6 juta kendaraan melintas di Tol Astra Infra sejak H-10 sampai H+2

Minggu dan Senin Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik LebaranInin Nastain IDN Times/ Lalulintas KM 166 Cipali

Sementara itu, secara keseluruhan, sejak 31 Maret hingga 12 April 2024, total sekitar 3,6 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol di bawah Astra Infra. Khusus untuk tanggal 12 April kemarin, ada 324.516 kendaraan melintasi ruas Tangerang–Merak, Cikopo–Palimanan, dan Jombang–Mojokerto.

Menyambut kembalinya masyarakat selepas mudik lebaran, jelas dia, Astra Infra telah mempersiapkan kesiapan infrastruktur jalan, penyiagaan lebih dari 1300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas. Selain itu, Astra Infra juga mengimbau para pengguna jalan tol untuk dapat menghindari puncak arus balik.

"Para pengemudi dilarang menggunakan bahu jalan untuk beristirahat, karena berbahaya dan membahayakan pengendara lain," jelas dia.

"Jika rest area penuh, pemudik dapat mencari tempat istirahat ataupun pengisian bahan bakar di luar tol, untuk nantinya masuk kembali dan melanjutkan perjalanan tanpa dikenakan biaya tarif tol tambahan," lanjut Rinaldi.

Baca Juga: 257 Warga Binaan Lapas Majalengka Terima Remisi Idulfitri

Baca Juga: Kabar Baik! Tol Bocimi Bisa Dipakai untuk Arus Balik Lebaran 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya