Libur Panjang, Tol Cipali Berlakukan Contraflow Jakarta-Cirebon 

Contraflow arus mudik dijadwalkan berlangsung hingga besok

Majalengka IDN Times - Memasuki hari pertama libur panjang Isra Miraj, Astra Tol Cipali melakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow untuk jalur dari Jakarta menuju Cirebon. Kebijakan tersebut mulai diberlakukan sejak Kamis (8/2/2024) pagi.

Hingga Kamis siang sekitar pukul 13.30, kebijakan contraflow tersebut masih diberlakukan. "Pada pukul 09.40 WIB pagi ini, contraflow diberlakukan pada KM152 sampai 169 arah Cirebon," kata Humas Astra Tol Cipali Aulia Putri Salsabila.

1. Kamis siang, contraflow arah Cirebon diperpanjang

Libur Panjang, Tol Cipali Berlakukan Contraflow Jakarta-Cirebon Inin Nastain IDN Times/ jalur A dari Jakarta-Cirebon KM 166 terlihat lebih lengang

Pemberlakuan contraflow di Tol Cipali arah Jakarta ke Cirebon berlangsung hingga Kamis siang. Bahkan, memasuki siang hari, kebijakan tersebut diperpanjang.

"Kemudian pada pukul 10.05 WIB, contraflow diperpanjang dari KM 147 menuju KM 169. Sampai saat ini contraflow masih berlangsung, ya," tutur dia.

Pantauan dari KM 166, arus lalu lintas Tol Cipali terlihat lancar. Kendaraan tampak masih bisa memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal. 

Sementara itu, dalam pelaksanaannya, contraflow dari arah Jakarta menuju Cirebon berlaku untuk satu lajur. "Kondisi lalulintas ramai lancar. Mudah-mudahan tidak ada kendala," ujar Aulia.

2. Rekayasa lalu lintas, Astra Tol Cipali berkoordinasi dengan Polri

Libur Panjang, Tol Cipali Berlakukan Contraflow Jakarta-Cirebon Istimewa/ proses evakuasi kecelakaan lalulintas

Disinggung durasi masa pemberlakuan contraflow, Aulia menjelaskan, akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di lapangan. Ia menegaskan, pemberlakuan contraflow sendiri, berdasarkan koordinasi dengan kepolisian.

"Astra Tol Cipali akan terus berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk tindakan rekayasa lalu lintas selanjutnya," tuturnya.

Sementara itu, arus lalu lintas di jalur A sempat terhambat d KM 156. Hal itu dipicu adanya kecelakaan tunggal yang dialami truk bermuatan ban.

"Pada pukul 12.39 WIB, petugas Astra Tol Cipali berkoordinasi dengan PJR sedang melakukan proses evakuasi. Proses evakuasi peristiwa di KM 156 A ini berlangsung dengan bantuan alat cran," kata dia.

3. Ada 292 ribu kendaraan diprediksikan melintas di Tol Cipali pada libur panjang

Libur Panjang, Tol Cipali Berlakukan Contraflow Jakarta-Cirebon Inin Nastain IDN Times/kendaraan dari arah Jakarta terlihat melaju d jalur B arah Cirebon-Jakar

Sementara itu, pada libur panjang Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek ini, Tol Cipali diperkirakan akan diserbu pemudik. Dalam kurun waktu empat hari sejak Kamis (8/2/2024) sampai Minggu (11/2/2024), diperkirakan akan ada 292 ribu kendaraan yang melintas di jalan tol tersebut.

"Kami memprediksi puncak arus mudik libur akhir pekan Isra Miraj dan Imlek 2024 terjadi pada Kamis, 8 Februari 2024 dengan kenaikan hingga 46 persen dibandingkan LHR normal. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu, 11 Februari 2024 dengan kenaikan hingga 41 persen dibandingkan LHR normal,” kata Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali, Sri Mulyo.

Untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas pada momentum libur akhir pekan ini, kata dia, Astra Tol Cipali bersama Korlantas Polri secara continue berkoordinasi mempersiapkan rencana rekayasa lalu lintas.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Kementerian Perhubungan UM.207/6/15/DJPD/2024, jadwal rekayasa lalu lintas contraflow dilakukan sejak Rabu (7/2/2024) sore.

Berikut jadwal contraflow arus balik libur Isra Miraj dan Imlek:

1. Rabu, 7 Februari 2024 pukul 16.00–24.00 WIB, untuk ruas Tol Cipali berlaku pada KM 72–87,

2. Kamis, 8 Februari 2024 pukul 08.00–24.00 WIB, untuk ruas Tol Cipali berlaku pada KM 72–87,

3. Jumat, 9 Februari 2024 pukul 08.00–24.00 WIB, untuk ruas Tol Cipali berlaku pada KM 72–87.

Baca Juga: Marak Calo Pabrik, Pj Bupati Majalengka Luncurkan Si Dirut Gaya Artis 

Baca Juga: 5 Tradisi Isra Miraj di Indonesia yang Bermakna dan Penuh Hikmah 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya