Libur Panjang Nyepi, Volume Tol Cipali Diprediksi Naik 26 Persen

Pengelola dan Polri siapkan rekayasa berupa Contra Flow

Majalengka, IDN Times - Volume lalu lintas di Tol Cipali diperkirakan mengalami peningkatan pada libur panjang Hari Raya Nyepi 2024. Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan, rekayasa lalu lintas telah disiapkan manajemen Astra Tol.

Selama libur panjang sejak Jumat (2/3/2024) hingga Selasa (12/3/2024), diperkirakan akan ada 200 ribu lebih kendaraan yang melintas di Tol gang menghubungkan Purwakarta-Cirebon itu. 

"Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) memprediksi 272 ribu kendaraan melintasi Ruas Tol Cipali pada periode libur akhir pekan Jumat, 8 Maret 2024 hingga Selasa, 12 Maret 2024," kata Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali Sri Mulyo dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times Jabar, Sabtu (9/3/2024).

1. Volume lalu lintas diprediksi naik 26 persen dibanding LHR normal

Libur Panjang Nyepi, Volume Tol Cipali Diprediksi Naik 26 PersenInin Nastain IDN Times/ kondisi lalulintas di KM 166 Cipali Kamis siang

Jika prediksi jumlah kendaraan yang melintas selama lima hari itu terjadi, dipastikan volume lalu lintas di Tol Cipali mengalami kenaikan lumayan tinggi. Dibanding Lalu Lintas Harian (LHR) normal, volume pada libur panjang itu naik sebesar 26 persen lebih.

"Akumulasi volume lalu lintas pada perayaan Hari Raya Nyepi dan bertepatan dengan awal Bulan Ramadhan ini meningkat hingga 26,45 persen dibandingkan dengan Lalu Lintas Harian (LHR) normal," kata Sri.

Untuk puncak arus lalu lintas sendiri, lanjut Sri, diperkirakan terjadi pada H-1 Hari Raya Nyepi, Minggu (10/3/2024) besok. Dibanding LHR normal, arus lalu lintas di Cipali pada Minggu besok diperkirakan naik sebesar 33 persen.

“Kami memprediksi puncak arus lalu lintas libur akhir pekan Hari Raya Nyepi dan awal Bulan Ramadhan terjadi pada hari Minggu, 10 Maret 2024 dengan kenaikan hingga 33,72 persen dibandingkan LHR normal," kata dia.

"Sedangkan bila dibandingkan dengan volume lalu lintas H-1 Hari Raya Nyepi tahun 2023, terdapat peningkatan volume lalu lintas sebesar 0,5 persen," tutur Sri.

2. Antisipasi penumpukan, disiapkan rekayasa contraflow

Libur Panjang Nyepi, Volume Tol Cipali Diprediksi Naik 26 PersenInin Nastain IDN Times/kendaraan dari arah Jakarta terlihat melaju d jalur B arah Cirebon-Jakar

Sri menjelaskan, Astra Tol Cipali telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow (CF). Rekayasa itu akan diberlakukan jika sudah terjadi kepadatan kendaraan.

Dalam pelaksanaannya, rekayasa CF ditentukan dari kondisi di lapangan. Astra Tol Cipali, kata Sri, akan berkoordinasi dengan POLRI.

"Pelaksanaan CF ini bersifat situasional, menyesuaikan volume lalu lintas dan koordinasi bersama Kepolisian Daerah Jawa Barat," ujar Sri.

Selain menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa CF, kata Sri, Astra Tol juga menyiapkan beberapa titik siaga di sepanjang jalur. Titik siaga itu bertujuan untuk menjaga kelancaran lalu lintas di Tol. 

"Mempersiapkan titik siaga untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas di KM 86, KM 130, dan KM 153+200. Kami juga menyiapkan sarana prasarana berupa 3.000 rubbercone untuk mendukung pelaksanaan CF," ujar Sri.

"Sampai saat ini, ASTRA Tol Cipali memiliki tujuh rest area aktif yang tersebar baik arah Jakarta maupun arah Cirebon," kata dia

3. Polres Majalengka siaga di KM 166

Libur Panjang Nyepi, Volume Tol Cipali Diprediksi Naik 26 PersenInin Nastain IDN Times/ pintu masuk rest area

Sementara itu, pada libur panjang Hari Raya Nyepi ini, Polres Majalengka akan memfokuskan pengamanan di rest area KM 166, Jatiwangi. Di rest area ini, Satlantas Polres Majalengka akan menyiagakan belasan anggota, yang dipimpin Kanit Turjawali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli). 

"Antisipasi rawan kepadatan di KM 166. Tim urai sebanyak 16 orang, dipimpin Kanit Turjawali," kata Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Mochammad Ali.

Secara keseluruhan, aparat menerjunkan 65 petugas untuk pengamanan libur panjang itu. Mereka disiagakan di beberapa titik, sejak 8-12 Maret 2023.

"Instruksi Dirlantas. Kami standby untuk tol dan wisata. Sekarang fokus pengamanan arus libur panjang di jalur Tol Cipali," katanya.

Baca Juga: LAIR, Band Asal Majalengka Manggung di Festival SXSW Amerika

Baca Juga: GOR Rp75 M dari CSR Pertamina di Majalengka Diresmikan Menteri BUMN

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya