Libur Panjang Maulid Nabi, Volume Tol Cipali Meningkat

Pemudik diharap hati-hati karena masih ada pengerjaan jalan

Majalengka, IDN Times - Peningkatan volume lalu lintas terjadi di ruas Tol Cipali, pada libur panjang Maulid Nabi 2024. Di sisi lain, pengguna jalan diharap lebih berhati-hati, mengingat adanya proyek pengerjaan di beberapa titik ruas Tol yang menghubungkan Cikopo (Purwakarta)- Palimanan (Cirebon) itu.

Sustainability Management and Corporate Communications Departement Head Astra Tol Cipali Ardam Rafif Trisilo menjelaskan, volume lalu lintas di Tol Cipali sudah mengalami kenaikan sejak Jumat (13/9/2024) malam. Kondisi serupa diperkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu besok.

"Ruas Tol Cipali mengalami peningkatan volume lalu lintas yang signifikan pada Jumat, 13 September 2024 malam, hingga Sabtu 14 September 2024 pagi. Peningkatan volume tersebut diprediksi akan terjadi selama long weekend Maulid Nabi 1446H," kata Ardam.

Puncak arus lalu di Tol Cipali diprediksi terjadi pada Sabtu (14/9/2024). Pada akhir pekan itu, diprediksi akan terjadi peningkatan lalu lintas sebesar 40 persen dibanding lalu lintas harian (LHR) normal.

Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada Senin, 16 September 2024 dengan kenaikan hingga 50,7 persen dibandingkan LHR normal.

Di sisi lain, pengguna jalan diimbau berhati-hati saat melintas di ruas Tol Cipali. Pasalnya, hingga saat ini masih dilakukan proyek pengerjaan di beberapa titik 

"Astra Tol Cipali melakukan perbaikan di beberapa titik, seperti KM 104 serta KM 166 arah Cirebon, serta pekerjaan penambahan lajur ketiga di KM 87-110," kata dia.

"Astra Tol Cipali telah berkoordinasi dengan kepolisian mempersiapkan pengaturan arus lalu lintas situasional untuk menjaga kelancaran lalu lintas kendaraan," ujar Ardam.

Baca Juga: Long Weekend Maulid Nabi 2024, 70 Ribu Tiket Whoosh Terjual

Baca Juga: 12 Doa Maulid Nabi Muhammad SAW yang Lengkap Beserta Artinya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya