Libur Idulfitri, 6,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Milik Astra

Angka kecelakaan dan fatalitas menurun

Majalengka, IDN Times - Sekitar 6,6 juta kendaraan melintas di ruas Tol Astra Infra pada musim mudik dan balik Idulfitri 2024, sejak 31 Maret-21 April 2024. Di sisi lain, angka kecelakaan di tiga ruas Tol yakni Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Jombang-Mojokerto itu mengalami penurunan sekitar 46 persen dibanding momentum yang sama pada 2023.

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar mengatakan, secara prosentase, arus lalu lintas pada mudik-balik 2024 mengalami kenaikan sekitar 6,6 persen. Kenaikan tertinggi terjadi di ruas Tol Tangerang–Merak yakni 3,2 juta kendaraan.

"Secara total, sekitar 6,6 juta kendaraan sudah memanfaatkan ruas tol Astra Infra selama periode arus mudik dan arus balik lebaran sejak 31 Maret hingga 21 April 2024. Secara total, angka volume lalu lintas pada periode arus mudik dan balik 2024 meningkat 0,1 persen dibandingkan periode yang sama pada 2023 lalu," kata Billy

1. Tangerang-Merak tertinggi, Jombang-Mojokerto paling rendah

Libur Idulfitri, 6,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Milik AstraSuasana arus balik di exit tol Dumpil Madiun padat. IDN Times/ Riyanto

Dari catatan Astra Infra, ada sebanyak 3,2 juta kendaraan melintas di ruas jalur Tol Tangerang-Merak pada musim arus mudik dan balik kemarin. Angka tersebut sekaligus tercatat sebagai data paling tinggi jumlah kendaraan yang melintas di ruas Tol di bawah Astra Infra.

Adapun jumlah arus lalu lintas paling rendah terjadi di ruas Mojokerto-Jombang, yakni sebanyak 1,1 juta kendaraan melintas pada periode yang sama. 

"Adapun untuk Cipali, tercatat ada sebanyak 2,2 juta kendaraan yang melintas sejak 31 Maret sampai 21 April kemarin," tuturnya.

2. Kualitas dan kuantitas kecelakaan di Astra Infra menurun

Libur Idulfitri, 6,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Milik AstraInin Nastain IDN Times Jabar/ Lalu lintas jalur A Cipali Minggu malam padat

Billy mengklaim, pada musim mudik dan balik sejak 31 Maret-21 April 2024, terdapat penurunan kasus kecelakaan. Penurunan itu terjadi baik untuk kualitas maupun kuantitas.

Secara akumulasi, ketiga ruas tol Astra Infra mencatat terjadi penurunan jumlah kecelakaan sebesar 46 persen. Penurunan juga terjadi untuk fatalitas, yakni sebesar 50 persen, dibandingkan dengan periode arus mudik dan balik lebaran 2023.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh pengguna jalan yang telah memanfaatkan ruas tol Astra Infra pada perjalanan mudik tahun ini. Kami akan terus berusaha melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas layanan, agar penyelenggaraan mudik lebaran tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik setiap tahunnya.” ujar Billy.

Pada periode lebaran 2024, ruas tol Tangerang-Merak mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan secara signifikan sebesar 92 persen dibandingkan pada periode lebaran 2023. Adapun tingkat fatalitas juga mengalami penurunan, dengan catatan 0 persen fatalitas (zero fatality) di tahun 2024.

"Di Cipali, tercatat terjadi penurunan jumlah fatalitas sebesar 30 persen, jika dibandingkan dengan periode lebaran 2023," kata dia.

Adapun di ruas Tol Jombang–Mojokerto, kata dia, ada penurunan jumlah kecelakaan sebesar 64 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2023, dengan tingkat fatalitas 0 persen (zero fatality).

3. Ada 900 ribu kendaraan manfaatkan diskon tarif tol Astra Infra

Libur Idulfitri, 6,6 Juta Kendaraan Melintas Tol Milik AstraDiskon (pixabay.com/ kalhh)

Pada musim mudik dan balik lebaran kemarin, Astra Infra memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen. Kebijakan itu diterapkan dua kali, saat arus mudik dan balik.

Diskon tarif tol arus mudik diberlakukan pada 3 April pukul 05.00 WIB, dan 5 April pukul 05.00 WIB. Adapun diskon pada arus balik, diberikan kepada pengguna jalan pada 17 April pukul 05.00, juga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. 

"Secara akumulasi, tercatat sekitar 900 ribu kendaraan memanfaatkan diskon tersebut," tutur Billy 

Baca Juga: Mudik Lebaran, Dua Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Cipali

Baca Juga: Mantan Bupati Majalengka, Karna Sobari Diperiksa Kejati Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya