Kunjungan Wisatawan ke Majalengka Naik, Akses Jalan Masih jadi Sorotan

Menanti akses jalan yang ramah ke wisata

Majalengka, IDN Times- Kunjungan wisatawan ke Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) di Kabupaten Majalengka pada libur lebaran kemarin mengalami kenaikan signifikan dibanding tahun lalu. 

Selama libur lebaran kemarin, tercatat kenaikan jumlah kunjungan ke ODTW di Majalengka, di kisaran 69,03 persen. Kenaikan tertinggi terjadi pada H+4, atau Minggu (14/4/2024) kemarin, yakni sekitar 358,63 persen. 

Di sisi lain, masih ada pekerjaan rumah, yang belum terselesaikan sejak beberapa tahun ke belakang. Akses jalan, masih menjadi sorotan saat menuju ODTW di daerah ini.

 

"Sampel satu hari, di H+4 dievaluasi seluruh objek wisata di Majalengka. Tahun kemarin sekitar 7821 kunjungan wisatawan di H+4. Tahun ini (H+4), 28 ribu sekian," kata Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi

1. Data kunjungan wisatawan dari hari H sampah H+4

Kunjungan Wisatawan ke Majalengka Naik, Akses Jalan Masih jadi SorotanInin Nastain IDN Times/ ODTW Terasering Panyaweuyan

Sejak hari H idulfitri pada Rabu (10/4/2024) sampai H+4 atau Minggu (14/4/2024), terjadi naik turun jumlah kunjungan wisatawan. Pada hari H lebaran, terdapat penurunan sekitar 72 persen, dari 4370 pada 2023 jadi 3151 pada 2024.

Satu hari kemudian, angka kunjungan mengalami kenaikan, dari 20.892 pada 2023 jadi 27.626 pada 2024. Namun, pada H+2, Jumat (12/4/2024), kunjungan wisatawan kembali mengalami penurunan sebesar 72,47 persen. 

Kenaikan kembali terjadi pada Sabtu (13/4/2024). Pada H+3 ini, jumlah kunjungan sebanyak 28.409 persen, dari 13.327 pada 2023 jadi 28.409 pada 2024.

Kenaikan kunjungan dibanding tahun lalu terjadi pada H+4, Minggu (14/4/2024). Pada H+4 tahun lalu, terdapat sebanyak 7.872 kunjungan ke semua ODTW. Pada libur lebaran tahun ini, di periode yang sama, tercatat sebanyak 28.231 kunjungan. Kendati demikian, dibanding H+3, jumlah kunjungan pada H+4 itu mengalami penurunan.

"Ada naik turun, ada yang nambah, ada yang turun. Tapi nggak parah turunnya. Kalau kenaikan, cukup signifikan," kata Dedi.

Situ Cipanten tercatat sebagai ODTW dengan jumlah kunjungan paling besar. "Yang favorit itu Cipanten. Ada air, fasilitas, nggak terlalu jauh, terus akses juga mudah," jelas Dedi.

2. Kunjungan ke Terasering Panyaweuyan jatuh

Kunjungan Wisatawan ke Majalengka Naik, Akses Jalan Masih jadi SorotanInin Nastain IDN Times/ Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapura menjadi salah satu ODTW cukup populer di Kabupaten Majalengka. Namun, pada musim lebaran kemarin, jumlah kunjungan ke ODTW itu, mengalami penurunan dibandingkan 2023 lalu. 

Pengelola ODTW Terasering Panyaweuyan Mangku menjelaskan, penurunan kunjungan di kisaran 34 persen. "Kunjungan nggak seperti idulfitri tahun kemarin. Sekitar 34 persen, beda lah. Lebih banyak tahun kemarin," kata Mangku.

Panyaweuyan sendiri memiliki daya tarik Terasering berupa kebun bawang. Pada musim lebaran tahun ini, kondisi kebun sendiri sejatinya dalam keadaan hijau.

3. Akses jalan masih menjadi sorotan

Kunjungan Wisatawan ke Majalengka Naik, Akses Jalan Masih jadi SorotanInin Nastain IDN Times/ jalan di ODTW Terasering Panyaweuyan

Sejumlah faktor dinilai menjadi pemicu minimnya jumlah kunjungan ke ODTW Terasering Panyaweuyan itu. Akses jalan, menjadi salah satu sorotan hingga saat ini.

"Pemicunya mungkin, tahun kemarin baru lepas dari Covid lah. Belum banyak destinasi baru. Mungkin juga faktor ekonomi. Lagi susah duit," kata dia.

"Yang paling utama, susah akses. Kesulitan ketika berkendara baik roda dua apalagi roda empat. 'Aduh jalannya sempit.' Itu mungkin alasan utama mungkin," papar dia.

Keluhan terkait akses juga disampaikan salah satu warga Bandung Euis. Di sela-sela silaturahmi ke keluarga di Kabupaten Majalengka, Euis menyempatkan diri berkunjung ke Panyaweuyan.

"Watir ih di jalannya, apalagi pake mobil. Jalannya kecil, takut terperosok. Belum, belum pengin lagi ke sana, kalau jalannya masih kaya gitu mah," papar dia.

Baca Juga: 257 Warga Binaan Lapas Majalengka Terima Remisi Idulfitri

Baca Juga: Pemuda di Bandung Begal Driver Taksi Online, Tusuk Korban Pakai Cutter

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya