Kenalkan! Pisang Apuy, si Kuning Manis Varietas Lokal Majalengka 

Pemkab akan ditanam ratusan ribu bibit Pisang Apuy

Majalengka, IDN Times- Pisang menjadi salah satu jenis buah-buahan yang cukup digemari banyak orang. Harganya yang terjangkau, ditambah dengan rasanya yang enak, membuat buah-buahan jenis ini tetap masih banyak diburu, di tengah hadirnya buah-buahan kekinian.

Di Kabupaten Majalengka, ditemukan ada pisang yang cukup khas. Pisang Apuy, demikian nama untuk jenis pisang yang ada di Blok Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura itu.

Diyakini hanya ada di Kabupaten Majalengka, pemerintah setempat pun berinisiatif untuk 'memagarinya.' Belum lama ini, Pemkab mendaftarkan Pisang Apuy sebagai varietas khas Majalengka. 

"Kami banyak melakukan perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual (HAKI). Dua varietas tanaman yaitu pisang Apuy dan Bawang Putih Nunuk telah didaftarkan jadi varietas lokal Majalengka," kata Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi.

1. Akan dikembangkan dalam jumlah besar di daerah asalnya

Kenalkan! Pisang Apuy, si Kuning Manis Varietas Lokal Majalengka Istimewa/ pendaftaran varietas lokal Majalengka

Dedi menyebut, ada kekhasan tersendiri yang ditemukan pada Pisang Apuy itu. Kekhasan itu pula yang menjadi salah satu alasan Pemkab mendaftarkan nya sebagai varietas lokal Majalengka.

Proses pendaftaran bukan akhir dari upaya pemerintah melindungi Pisang Apuy. Dalam waktu dekat, pemerintah setempat berencana akan memperbanyak tanaman pohon pisang Apuy tersebut.

"Pengembangannya, nanti kami pemerintah daerah lewat Dinas Pertanian akan mengadakan pembibitan pisang Apuy sebanyak kurang lebih sekitar 200 ribu pohon. Tahun ini lah," kata dia.

Namun, penanaman ratusan ribu bibit pohon Pisang Apuy itu, masih bersifat lokal. Dedi menjelaskan, penanaman massal akan dilakukan di daerah Blok Apuy.

"Banti ditanam di (lingkungan) masyarakat daerah Apuy. Kami drop (bibit) untuk penanaman pisang Apuy. Tahun ini. Bawang sama juga," jelas dia.

2. Bisa jadi hampers andalan Majalengka

Kenalkan! Pisang Apuy, si Kuning Manis Varietas Lokal Majalengka YouTube @najmudinfamily5936

Pisang Apuy sendiri, selama ini sudah dipasarkan secara luas ke luar daerah. Dengan didaftarkannya sebagai varietas, status pisang Apuy sebagai varietas Majalengka, akan lebih terlindungi.

"Ternyata posisi ini menjadi varietas, permintaan naik dan kekayaan hak intelektual terlindungi. Orang-orang jadi padah tau, yang mereka makan itu. Bukan hanya dari Majalengka ya, Bandung juga udah banyak yang meminta," beber dia.

Dari rasa yang dimiliki Pisang Apuy, Dedi menilai, ke depan bisa jadi buah tangan saat ada tamu ke Majalengka. Namun, Dedi mengaku masih perlu 'polesan' agar pisang yang tumbuh di kaki Gunung Ciremai itu benar-benar layak menjadi buah tangan.

Kemasan, jelas Dedi, mutlak dibutuhkan agar Pisang Apuy itu bisa benar-benar cocok jadi buah tangan. "Kami kolaborasikan juga dengan anyamannya. Nanti packing nya itu dengan anyaman," beber dia.

"Sehingga posisi Pisang Apuy ini bisa menjadi semacam hampers, merchandise lah," lanjut dia 

3. Cita rasa Pisang Apuy terasa beda

Kenalkan! Pisang Apuy, si Kuning Manis Varietas Lokal Majalengka YouTube @najmudinfamily5936

Sementara itu, dikutip dari unma.ac.id, Pisang Apuy selama ini memang cukup banyak ditanam di blok tersebut. Pisang Apuy sendiri, memiliki cita rasa dan aroma yang cukup menggugah rasa. 

"Pisang yang satu ini dikenal dengan rasanya yang enak, dagingnya yang empuk dan wangi. Karena rasanya itulah, harganya pun lebih tinggi dibanding jenis pisang lainnya," kata Dosen tetap Prodi Agribisnis Faperta-UNMA Jaka Sulaksana, dikutip dari unma.ac.id.

Dilihat dari tampilan luar, mungkin banyak orang mengira Pisang Apuy ini tidak memiliki daya tarik. Pasalnya, dari bentuk, Pisang Apuy memang tidak terlihat menarik, seperti Pisang yang kerap dijajakan di pasar modern.

"Tampilan kulit luarnya memang tidak terlalu menarik, tetapi ternyata hal tersebut tidak menurunkan kualitasnya. Dan tetap saja orang mencarinya karena rasanya yang lezat," jelas dia.

Dalam jurnal itu, Jaka menjelaskan, Pisang Apuy bisa dikatakan masih jenis Pisang Raja. Di daerah Priangan, warga biasa menyebutnya dengan Raja cere’ (sereh).

"Pisang Apuy sendiri sebetulnya masuk ke golongan pisang raja. Di priangan, Pisang Apuy dikenal dengan panggilan pisang raja cere’ (sereh) karena baunya yang harum," ungkap dia.

Sementara itu, Apuy sendiri adalah salah satu jalur pendakian,(JP) Gunung Ciremai. Nah, bagi para pendaki Gunung Ciremai dan penasaran, bisa langsung menanyakan kepada warga setempat 

Baca Juga: 9 Jaksa Siap Hadapi Sidang Kasus Pasar Cigasong Majalengka

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian di Gunung Ciremai yang Semuanya Menantang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya