Kebakaran Hutan Hanguskan Empat Hektare Lahan di Majalengka

Kebakaran terjadi di empat desa di lahan perkebunan warga

Majalengka, IDN Times - Kebakaran hutan terjadi di Kabupaten Majalengka, Senin(11/9/2023). Sedikitnya, empat hektare lahan hangus terbakar hingga Selasa(12/9/2023). Kebakaran ini terjadi di lahan perkebunan milik warga yang ada di empat desa.

"Ada empat kejadian kebakaran. Ada di Desa Cibodas (Kecamatan Majalengka), Bantrangsana (Kecamatan Panyingkiran), Heuleut (Kecamatan Kadipaten), dan Desa Panyingkiran (Kecamatan Panyingkiran)," kata Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Majalengka Reza Permana

 

1. Petugas terus berupaya kendalikan api agar tidak meluas

Kebakaran Hutan Hanguskan Empat Hektare Lahan di MajalengkaBPBD Majalengka/ kobaran api melalap lahan

Dia menyebutkan, petugas gabungan terus berupaya untuk mengendalikan api yang terus membesar sejak Senin malam. Kobaran api sempat padam. Namun, karena kondisi cuaca yang panas, kering, dan kencangnya tiupan angin membuat api kembali menyala.

"Dari empat titik tersebut, ada dua lokasi yang sempat padam. Namun pada malam harinya menyala kembali," jelas dia.

2. Kebakaran terjadi di kebun warga yang mengering

Kebakaran Hutan Hanguskan Empat Hektare Lahan di MajalengkaBPBD Majalengka/ petugas gabungan berjibaku padamkan api

Empat kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut sebagian besar terjadi di perkebunan milik warga. Api dengan mudah menjalar lantaran kondisi di lokasi yang dipenuhi rumput kering.

"Dari empat kasus itu, mayoritas di perkebunan warga. Di sana ada semak belukar, pepohonan buah-buahan. Memang kondisi saat ini, akibat hujan tidak turun, banyak lahan dalam kondisi kering," jelas Reza.

Kondisi lahan yang kering, jelas dia, memudahkan api cepat membesar, sekaligus cukup sulit dikendalikan.

"Dipicu api sedikit pun, ditambah dengan kondisi angin yang cukup besar, sangat mudah terbakar. Itu juga menyulitkan kami dalam pemadaman," lanjut dia.

3. Damkar Majalengka bantu padamkan kebakaran sekolah di Sumedang

Kebakaran Hutan Hanguskan Empat Hektare Lahan di MajalengkaIDN Times/Istimewa

Sementara itu, upaya pemadaman juga dilakukan petugas Damkar dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Majalengka. Tidak hanya di wilayah Kabupaten Majalengka, upaya pemadaman juga dilakukan di luar daerah.

Satpol PP dan Damkar Majalengka sempat menurunkan mobil untuk ikut membantu memadamkan api yang membakar salah satu sekolah di Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

"Salah satu titik kebakaran terjadi di Ujungjaya yaitu perbatasan Sumedang. Kami diperbantukan karena kebetulan lebih dekat dengan Majalengka," jelas Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Kabupaten Majalengka Puja Gustian Anandi.

Selain ambil bagian dalam upaya pemadaman kebakaran sekolah di Kabupaten Sumedang, petugas juga melakukan penanganan di beberapa titik di Kabupaten Majalengka 

"Dari sana (Ujungjaya), tim menuju Desa Sinarjati Dawuan, Desa Panyingkiran, Jatiwangi square, dan Cibodas untuk melakukan upaya pemadaman," jelas Puja

Baca Juga: Kebakaran di TPA Kopi Luhur Cirebon Berhasil Dipadamkan

Baca Juga: Kenapa Kebakaran Bromo Sulit Dipadamkan? Ini Penjelasannya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya