Kebakaran di Area BIJB Kertajati Merambat hingga Terminal Kargo

BPBD Majalengka Minta Masyarakat Hati-hati

Majalengka, IDN Times- Sekitar 10 hektare lahan kosong area BIJB Kertajati Majalengka kembali terbakar, Senin(2/10/2023). Musibah itu menambah daftar kasus kebakaran yang terjadi di area BIJB selama musim kemarau tahun ini.

Api yang membakar area rumput kering di area BIJB Kertajati itu mulai terlihat sejak pukul 09.00WIB. Kali ini, kebakaran melahap area rumput kering seluas 10 hektare.

Bahkan, api yang membakar rumput kering itu terjadi hingga area runway dan membakar sebagian terminal kargo.

"Yang sekarang (Senin) terbakar sekitar 10 hektare. Api berhasil dipadamkan pukul 13.30WIB," kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Majalengka Iskandar Hadi, di sela-sela memantau TKP kebakaran.

1. Api cepat merambat karena rumput kering dan angin kencang

Kebakaran di Area BIJB Kertajati Merambat hingga Terminal KargoInin Nastain (IDN Times)/ Mobil Damkar BIJB berupaya padamkan api

Iskandar menyebutkan, dalam musibah itu, api diketahui cepat menyebar hingga ke area runway. Tingginya kecepatan angin, kata dia, memicu api dengan mudah menyebar ke sejumlah titik.

"Begitu luas yang kena kebakaran, dengan angin yang begitu besar, sehingga titik-titiknya (api) itu menyebar kesana kemari, kebawa angin," jelas dia.

2. Tak ada alat tempur memadai, petugas hanya gunakan peralatan manual

Kebakaran di Area BIJB Kertajati Merambat hingga Terminal KargoInin Nastain (IDN Times)/ api membakar lahan kosong dekat terminal kargo

Selain faktor cuaca dan angin, petugas juga mengalami kendala terkait peralatan yang digunakan. Pasalnya, dalam upaya memadamkan api, petugas hanya menggunakan peralatan yang sederhana.

"Kami memiliki peralatan yang sederhana, (pemadaman dengan) cara manual," jelas dia.

Dengan kondisi itu, jelas Iskandar, upaya yang dilakukan lebih fokus kepada penyekatan api. "Karena lahan yang kering, apa boleh buat kami hanya bisa melakukan penyekatan-penyekatan,' ungkap dia. 

3. Warga diminta lebih hati-hati

Kebakaran di Area BIJB Kertajati Merambat hingga Terminal KargoInin Nastain (IDN Times)/ kebakaran lahan bijb

Seiring dengan banyaknya kasus kebakaran, ditambah lagi peralatan tempur yang dimiliki BPBD tidak ideal, Iskandar meminta masyarakat untuk lebih hati-hati lagi. Dijelaskannya, musim kemarau di Kabupaten Majalengka diperkirakan masih berlangsung sekitar satu-dua bulan ke depan.

"Saat ini harus waspada dengan kondisi cuaca yang panas. Dan bahkan prediksi dari BMKG, kemarau berlanjut sekitar satu bulan, dua bulan ke depan. 

Oleh karena itu, masyarakat untuk bijaksana menghadapi kondisi ini," jelas dia.

Dari beberapa kasus kebakaran yang terjadi, Iskandar menyebutkan tidak sedikit yang dipicu oleh kelalaian.

"Jangan main-main dengan api. Dimungkinkan ini akibat kelalaian manusia," ungkap Kalak BPBD Majalengka.

4. Kebakaran di BIJB tak ganggu penerbangan

Kebakaran di Area BIJB Kertajati Merambat hingga Terminal KargoDok.IDN Times/Istimewa

Executive General Manager EGM (BIJB) Nuril Huda menjelaskan, api memang sempat merembet hingga pagar perimeter.

"Segala upaya sudah dilakukan untuk menghentikan laju api. Dan memang api merembet sampai pagar perimeter. Tapi Alhamdulillah teman-teman dari pemadaman kebakaran bandara dibantu damkar Majalengka, Indramayu, serta TNI polri Alhamdulillah sehingga api dapat kita kendalikan, hanya sampai pagar perimeter," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Nuril kembali menegaskan, musibah tersebut tidak berdampak terhadap aktivitas penerbangan. "Tidak benar menggangu aktivitas penerbangan. Malaysia Airline akan terbang pada akhir Oktober nanti," kata dia

Baca Juga: BIJB Kertajati Pastikan Kebakaran Tak Ganggu Jadwal Penerbangan

Baca Juga: Kemarau, Area BIJB Kertajati Majalengka Kebakaran 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya