Kawal Suara Partai di TPS, PDIP Majalengka Siapkan Ribuan Saksi

Biaya saksi bukan iuaran dari Caleg, tapi dari DPP

Majalengka, IDN Times- DPC PDIP Majalengka menyiapkan sedikitnya 7 ribu orang untuk ditugaskan sebagai saksi di TPS pada hari H Pemilu 14 Februari. Mereka akan disebar di setiap TPS dengan jumlah personil dua sampai tiga orang.

Selain saksi, PDIP juga menyiapkan Regu Penggerak Pemilh (Guraklih) untuk memantau jalannya pencoblosan

"Kami sudah menyiapkan tiap TPS itu dua orang dan Guraklih (Regu penggerak pemilh) lima orang. Semuanya dibiayai DPP langsung," kata Ketua DPC PDIP Majalengka Karna Sobahi, Jumat (12/1/2024)

1. DPP kucurkan Rp4 miliar untuk saksi

Kawal Suara Partai di TPS, PDIP Majalengka Siapkan Ribuan SaksiIlustrasi anggaran (integrasi-edukasi.org)

Di Kabupaten Majalengka sendiri, terdapat sebanyak 3935 TPS untuk Pemilu 14 Februari nanti. Untuk mengawal suara di ribuan TPS itu, kata Karna, DPP menyalurkan anggaran sekitar Rp4 M.

"Jadi kalau menghitung 3935 TPS, kami sudah dapat anggaran dari DPP hampir Rp4 M," kata Karna.

Dengan anggaran dari DPP tersebut, Karna menegaskan tidak ada pungutan terhadap para Caleg. Alih-alih dipungut, jelas dia, Caleg PDIP justru dibantu oleh partai 

"Sehingga untuk PDI Perjuangan, tidak dipungut dari Caleg. Bahkan Caleg dibantu dari DPP. Spanduk, termasuk sembako juga dibantu," ungkap dia.

"Kalau (saksi) Pilpres, tersendiri. Programnya tersendiri. Anggaran tersendiri juga," lanjut Karna.

2. Saksi PDIP sudah siap tempur

Kawal Suara Partai di TPS, PDIP Majalengka Siapkan Ribuan Saksidetik.com

Karna menyebutkan, untuk menjalankan tugasnya, para calon saksi dari PDIP itu sudah dibekali sejumlah pelatihan. Dengan demikian, Karna optimistis saksi-saksi partai berlambang Kepala Banteng itu sudah siap untuk melakukan tugas di TPS nanti.

"Untuk saksi, sudah siap. Sudah kami latih," jelas Karna  

Dijelaskannya, pelatihan sudah dilakukan dari level kecamatan hingga desa. Dalam pelaksanaannya, akan ada koordinasi saksi di setiap desa. 

"Mula-mula TOT (Training of Trainer) untuk tingkat kecamatan. Kemudian juga dilatih tiap kecamatan 5 (orang), untuk di tiap desa. Di tiap desa ada koordinator juga untuk melatih di tiap TPS. Itu sudah dilakukan tiga bulan yang lalu, di tiap Dapil," kata Bupati Majalengka periode 2018-2023 itu 

3. DPC akan bantu biaya

Kawal Suara Partai di TPS, PDIP Majalengka Siapkan Ribuan SaksiSimulasi pemungutan suara di TPS 9 Desa Negari. (IDN Times/Wayan Antara)

Karna menjelaskan, tugas saksi di lapangan dipastikan akan cukup berat. Digabungnya Pilpres dan Pileg dalam satu waktu, dipastikan akan berdampak terhadap tugas mereka yang semakin berat.

"Sangat rumit untuk saksi ini. Bekerja hampir dua hari dua malam ya," kata dia.

Atas pertimbangan itu, Karna menegaskan, DPC kemungkinan akan mengeluarkan anggaran untuk para saksi itu. Dengan demikian, kebutuhan saksi tersebut tidak hanya dari DPP saja.

"Jadi mungkin akan kami backup juga dengan penyiapan saksi, biayanya dari DPC," jelas dia.

Baca Juga: Tak Disiplin, Banyak Caleg Majalengka Pasang APK Dipaku di Pohon 

Baca Juga: Dongkrak Suara Ganjar-Mahfud, PDIP Majalengka Siapkan Sembako

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya