Kasus Vina Cirebon, Puluhan Pengacara Siap Dampingi Pegi

Pegi tidak pernah mengganti identitas

Cirebon, IDN Times- Pihak tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eki pada 2016 lalu, Pegi alias Perong melawan. Untuk menghadapi tuntutan itu, keluarga Pegi sudah menyiapkan kuasa hukum dalam jumlah banyak. 

Salah satu Kuasa Hukum Pegi Setiawan, Sugianti Iriani mengatakan, ada lebih dari 40 orang pengacara yang siap mendampingi Pegi dalam menghadapi kasus itu. Mereka berasal dari berbagai daerah dan organisasi. 

"40 pengacara lebih. Dari Brebes, Indramayu, Jakarta. Lintas organisasi," kata Sugianti, Selasa (28/5/2024)

1. Pegi tidak bersalah

Kasus Vina Cirebon, Puluhan Pengacara Siap Dampingi PegiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sugianti menjelaskan, puluhan pengacara itu siap bergabung membela Pegi lantaran meyakini bahwa ada kejanggalan. Setelah Pegi ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka, kata dia, banyak pengacara yang siap untuk memberikan bantuan.

"Yang peduli dengan Pegi, bahwa Pegi tidak bersalah. Mereka yang yakin bahwa Pegi tidak bersalah. Mereka bantu Pegi untuk bebas," jelas dia.

Sugianti menjelaskan, jumlah kuasa hukum Pegi tidak menutup kemungkinan akan bertambah. Saat ini, setidaknya sudah ada 42 pengacara yang siap bergabung untuk membantu Pegi. 

"Betul (mereka yakin Pegi tidak bersalah). Banyak pengacara dari luar kota mensupport Pegi, untuk membantu Pegi. tertarik bergabung karena mereka yakin dan mereka akan membela kebebasan Pegi," papar dia.

2. Kuasa hukum sudah siapkan saksi dan bukti

Kasus Vina Cirebon, Puluhan Pengacara Siap Dampingi PegiCnnindonesia.com

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, polisi melakukan pemeriksaan terhadap salah satu saksi. Selasa ini, Lusiana yang merupakan adik Pegi telah dimintai keterangan oleh polisi. 

"Diperiksa sebagai saksi, hari ini. Kebetulan yang baru dipanggil adalah Lusiana, adiknya Pegi. Ya, satu orang aja. Mungkin berikutnya ada saksi-saksi yang lain," kata dia.

Disinggung terkait kesiapan menghadapi persidangan, Sugianti mengaku sudah memiliki saksi yang akan meringankan kliennya. Saksi tersebut merupakan teman Pegi, yang sama-sama berprofesi sebagai tukang bangunan. 

"Yang pasti, mungkin saksi-saksi yang ada bersama dengan Pegi saat itu, di tahun 2016, bekerja di Bandung. Pasti akan meringankan Pegi. Karena mereka tahu keberadaan Pegi di sana (Bandung)," jelas Sugianti.

Selain itu, Sugianti juga mengaku memiliki bukti yang menunjukkan bahwa saat kejadian, Pegi tidak sedang berada di Cirebon. Hal tersebut, salah satunya dibuktikan dengan keberadaan catatan gaji Pegi pada tanggal 26 Agustus 2016.

"Ibu sudah siapkan. Karena ada catatan, slip gaji ya. Walaupun catatan catatan kecil, catatan dari kertas buram, itu akan membuktikan Pegi masih menerima gaji di tanggal 27 Agustus. Di tanggal 26 masih menerima gaji, Oktober juga masih menerima gaji. Artinya masih di Bandung," ungkap dia.

3. Robi adalah adik Pegi, tidak pernah mengubah identitas

Kasus Vina Cirebon, Puluhan Pengacara Siap Dampingi Pegidetik news

Disinggung nama Robi, yang disebut-sebut nama lain dari Pegi, Sugianti menyebutkan bahwa itu adalah nama salah satu adik kliennya. "Kalau Robi itu, setahu ibu, adiknya. Adiknya kan namanya Robi. Robi Irawan," kata dia.

Terkait kabar yang menyebutkan bahwa Pegi dipanggil juga dengan sebutan Robi, Sugianti menilai hal itu tidak bisa menjadi 'bukti' kuat. 

"Ya teman-temannya, katanya sempat memanggil dia Robi, tapi tidak ada KTP ataupun bukti-bukti yang diubah Pegi menjadi Robi. Tidak mengganti identitas," papar dia.

Sugianti menegaskan, semua surat-surat resmi memiliki identitas yang sama, yakni Pegi. 

"Identitas tetap Pegi Setiawan. Baik KTP, ijazah, kartu keluarga, raport itu masih Pegi Setiawan. Yang namanya identitas kan KTP. Kalau panggilan kan, ibu aja Sugianti bisa dipanggil Yanti," ungkap dia.

"Kalau identitas itu, pasti surat-surat yang diubah, misalnya KTP nya diubah menjadi Robi. Iya, hanya nama panggilan aja, mungkin," lanjut dia.

Baca Juga: Rekan Vina Cirebon Diperiksa Polisi dan Mengaku Tak Kenal Pegi

Baca Juga: Dua DPO Pembunuh Vina Cirebon Dihapus, Keluarga Minta Pembuktian

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya