Kamis Malam, Contraflow Tol Cipali Jalur A Dihentikan Sementara

Contrflow berpeluang kembali diterapkan Jumat besok

Majalengka, IDN Times- Rekayasa lalulintas berupa contraflow di jalur A Tol Cipali pada Kamis (8/2/2024) dinyatakan selesai pada Kamis malam. Arus lalu lintas sendiri mengalami kenaikan sekitar 40 persen dibanding hari normal.

Pada libur panjang Isra Mi'raj dan Imlek, manajemen Astra Tol Cipali memberlakukan rekayasa berupa contraflow sejak Kamis pagi. 

"Petugas Astra Tol Cipali berkoordinasi dengan Korlantas Polri menyatakan contraflow KM 152-169 (Majalengka) yang telah berlangsung sejak pagi 8 Februari 2024 ini telah selesai pada pukul 18.44 WIB," kata Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali Sri Mulyo, Kamis (8/2/2024).

1. Pemberlakuan contraflow di Cipali sempat mundur dari rencana awal

Kamis Malam, Contraflow Tol Cipali Jalur A Dihentikan SementaraInin Nastain IDN Times/kendaraan dari arah Jakarta terlihat melaju d jalur B arah Cirebon-Jakar

Pada momenttum libur panjang Isra Miraj dan Imlek ini, Astra Tol Cipali mulanya akan melakukan rekayasa lalulintas contraflow sejak Rabu (7/2/2024). Namun, rencana itu mundur hingga Kamis (8/2/2024) pagi.

"Rekayasa lalu lintas contraflow yang sebelumnya direncanakan pada 7 Februari 2024 pukul 16.00 hingga 24.00 WIB, diputuskan untuk ditunda karena terpantau ramai lancar," kata Sri.

Arus lalu lintas di Tol Cipali mengalami kenaikan pada Kamis (8/2/2023). Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan, manajemen Astra Tol Cipali akhirnya memutuskan untuk memberlakukan contraflow.

"Sebagai usaha untuk mengurai kepadatan, Astra Tol Cipali bersama Korlantas setempat menerapkan contraflow dari KM 152 sampai 169 arah Cirebon pada pukul 09.40 WIB," katanya.

Tidak berselang lama dari pemberlakuan contraflow pertama, manajemen Cipali kembali memberlakukan kebijakan yang sama. Hal itu dilakukan, mengingat volume kendaraan yang masih terlihat tinggi.

"Pada pukul 10.05, contraflow kemudian diperpanjang hingga KM 147. Sehingga secara keseluruhan contraflow diterapkan pada KM 147-169 arah Cirebon. Setelah penerapan contraflow, arus lalu lintas terpantau ramai lancar," tutur Sri.

2. Contraflow KM 147-152 bertahan setengah jam

Kamis Malam, Contraflow Tol Cipali Jalur A Dihentikan SementaraInin Nastain IDN Times/ jalur A dari Jakarta-Cirebon KM 166 terlihat lebih lengang

Sekitar pukul 10.29, lanjut dia, kembali ada pengurangan jarak contraflow. Manajemen Astra Tol Cipali memutuskan untuk menghentikan contraflow dari KM 47-152. 

"Pada pukul 10.29 contraflow pada KM 147-152 dinyatakan selesai, namun hingga pukul 15.00 CF di KM 152-169 masih diberlakukan. Rekayasa lalu lintas CF dapat dinyatakan selesai apabila arus lalu lintas sudah melandai dan telah dikoordinasikan bersama Korlantas Polri," tuturnya.

Pada hari pertama libur panjang ini, sempat terjadi kepadatan lalu lintas di jalur A. Hal itu dipicu adanya kecelakaan tunggal di KM 156 A. 

"Pada pagi hari, kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar. Sedangkan menjelang siang hari, terdapat kepadatan di KM 156 arah Cirebon akibat kendaraan mengalami gangguan. Petugas Astra Tol Cipali bersama PJR kemudian mengevakuasi kendaraan dengan menggunakan alat crane pada pukul 12.39 WIB," ujar Sri.

3. Besok, contraflow berpeluang kembali diterapkan

Kamis Malam, Contraflow Tol Cipali Jalur A Dihentikan SementaraInin Nastain IDN Times/ kondisi lalulintas di KM 166 Cipali Kamis siang

Sementara itu, Sri menjelaskan, puncak arus mundik pada libur panjang Isra Miraj dan Imlek diperkirakan terjadi pada Kamis (8/2/2024) ini. Namun, tidak menutup kemungkinan arus lalu lintas di Cipali masih akan tinggi pada Jumat (9/2/2023) besok.

Manajemen Astra Tol Cipali sendiri sudah membuat rencana rekayasa lalu untuk mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan. Namun demikian, untuk penerapannya, akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan, dan hasil koordinasi dengan Polri.

Berdasarkan rencana pemberlakuan rekayasa arus balik libur Isra Miraj dan Imlek, contraflow di Cipali kemungkinan akan kembali diterapkan pada Jumat (9/2/2024) sejak pukul 08.00 WIB. Adapun titik pemberlakuan contraflow dilakukan di KM 72-87

Baca Juga: Libur Panjang, Tol Cipali Berlakukan Contraflow Jakarta-Cirebon 

Baca Juga: Peruntungan Shio Anjing Setelah Imlek 2024: Sulit tapi Bisa

Topik:

  • Inin Nastain
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya