Jelang Musim Hujan, BMKG Kertajati Majalengka Ingatkan Potensi Bencana

Masa pancaroba diprakirakan mulai pertengahan Oktober

Majalengka, IDN Times- BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati, Majalengka mengimbau masyarakat di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) waspada berbagai potensi bencana alam.

Hal tersebut seiring dengan prakiraan musim hujan di wilayah itu yang akan mulai pada November mendatang.

Plt. Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Ahmad Faaizyin mengatakan, musim hujan di Ciayumajakuning kemungkinan akan dimulai pada November dasarian I. 

"Prakiraan awal musim hujan di Kabupaten Kuningan pada November Dasarian I hingga November Dasarian II," kata Faiz, demikian dia biasa disapa, Selasa (19/9/2023).

1. Waspadai berbagai macam bencana jelang musim hujan

Jelang Musim Hujan, BMKG Kertajati Majalengka Ingatkan Potensi BencanaPohon tumbang di Surabaya setelah diterjang hujan angin, Jumat (4/12/2020). Dok. CC112

Dengan diprakirakannya musim hujan mulai datang pada Dasarian I November, Faiz mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap berbagai potensi bencana alam. Dijelaskannya, setiap kali masuk pergantian musim, biasanya dibarengi dengan adanya sejumlah bencana, yang dipicu dari perubahan cuaca.

"Masa pancaroba atau pergantian musim, ada potensi terjadi angin kencang, puting beliung, hujan es, petir, dan hujan lebat secara tiba-tiba yang disertai angin kencang," kata Faiz.

Wilayah Ciayumajakuning sendiri diprediksi masuk musim pancaroba pada pertengahan Oktober mendatang. "Pada umunya, sebelum masuk awal musim hujan ditandai dengan Pancaroba atau masa transisi yang diprakirakan mulai Oktober Dasarian II," jelas dia.

2. Musim hujan tahun ini lebih lambat dibanding tahun lalu

Jelang Musim Hujan, BMKG Kertajati Majalengka Ingatkan Potensi BencanaIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Faiz menjelaskan, dibanding tahun lalu, musim hujan di wilayah Ciayumajakuning mengalami keterlambatan. Di lima daerah itu, musim hujan mundur sekitar 10 hari sampai 1 bulan dibanding 2022 kemarin.

"Pada umumnya di Ciayumajakuning mundur atau lambat, jika dibandingkan tahun lalu. Mundurnya antara 1 hingga 3 dasarian atau 10 hingga 30 hari," ungkap dia

3. Indramayu, daerah paling akhir di Ciayumajakuning masuk musim hujan

Jelang Musim Hujan, BMKG Kertajati Majalengka Ingatkan Potensi Bencanailustrasi musim hujan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sementara itu, Kabupaten Indramayu diprakirakan akan menjadi daerah terakhir di Ciayumajakuning yang mulai masuk musim hujan. Musim hujan di daerah itu diprakirakan baru mulai pada akhir November atau awal Desember 2023.

"Indramayu masuk musim hujan pada November Dasarian III hingga Desember Dasarian I," jelas Faiz.

Adapun empat daerah lainnya yakni Kabupaten Majalengka, Kuningan, dan Kabupaten/Kota Cirebon, mulai masuk musim hujan lebih awal. Kabupaten Kuningan, diprakirakan sudah masuk musim hujan pada awal November.

"Kuningan pada November Dasaran I hingga November Dasarian II. Adapun Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon prakiraan awal musim hujan pada November Dasarian II hingga November Dasarian III," jelas dia.

"Dasarian I itu dari tanggal 1 sampai 10. Kemudian dasarian II dari 11 sampai 20. Dan dari tanggal 21 sampai 30, itu masuk Dasarian III," lanjut Faiz.

Baca Juga: BMKG Prediksi Musim Hujan Terjadi di November 2023

Baca Juga: Jakarta Diguyur Hujan, BMKG Sebut karena TMC dan Water Mist 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya