Hendak Padamkan Kebakaran, Mobil Damkar di Indramayu Tertabrak KA

Petugas Damkar dalam keadaan selamat

Indramayu, IDN Times - Musibah kecelakaan yang melibatkan mobil pemadam kebakaran (damkar) dan kereta api (KA) viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di perlintasan KM 138+2/3, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (2/7/2024) sekitar pukul 01.55 WIB.

Musibah itu terekam dalam tayangan video yang diunggah ke media sosial (medsos) Instagram. Salah satu akun yang mengunggah adalah Indramayu info. Dalam video singkat itu, meerka menyebutkan musibah tersebut melibatkan mobil damkar dan KA barang. 

"Innalilahi Wainnailaihi Rojiun. Mobil pemadam kebakaran tertabrak kereta api barang di perlintasan Kereta Api Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Kejadian sekitar pukul 02.00. Selasa, 02/07/24," tulis keterangan akun itu.

1. Mobil damkar dalam perjalanan menuju TKP kebakaran

Hendak Padamkan Kebakaran, Mobil Damkar di Indramayu Tertabrak KAIstimewa/ tangkapan layar mobil damkar nahas

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Indramayu Teguh Budiarso mengatakan, sebelum kejadian, mobil damkar akan melakukan penanganan kebakaran di Desa Mekarwaru, Kecamatan Gantar. 

Dalam perjalanan menuju TKP, mobil damkar tersebut sempat melintas rel kereta api. Nahas, saat berada di tengah rel kereta, ada kendaraan becak motor (cator) dalam posisi tidak bisa berjalan.

‘’Becak motor gak bisa jalan, gak bisa maju. Sementara posisi mobil damkar kami sudah ada di tengah rel," kata Teguh.

Dalam waktu bersamaan, jarak KA barang dengan posisi mobil damkar semakin dekat. Mobil damkar sendiri dalam keadaan mati. 

"Kena magnet barangkali, karena kereta sudah dekat. Akhirnya kendaraan ini gak bisa maju, mesinnya mati,’’ tutur dia.

2. Petugas Damkar selamat

Hendak Padamkan Kebakaran, Mobil Damkar di Indramayu Tertabrak KAIstimewa/ mobil damkar nahas

Teguh menjelaskan, saat kejadian, ada lima orang yang berada di dalam mobil damkar. Beruntung, semua petugas damkar dalam keadaan selamat, setelah berhasil meninggalkan kendaraan beberapa saat sebelum kejadian.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Lima anggota Damkar yang akan melakukan pemadaman di (Desa) Mekarwaru selamat semua. Sempat keluar dari kendaraan tersebut,’’ ungkap Teguh.

Adapun untuk kondisi kendaraan, lanjut dia, mobil damkar dalam keadaan rusak parah. "Ini kita lihat (proses) evakuasi, hancur semuanya,’’ tuturnya.

3. Mobil damkar sempat terseret

Hendak Padamkan Kebakaran, Mobil Damkar di Indramayu Tertabrak KAIstimewa/ proses evakuasi mobil

Sementara itu, dalam peristiwa tersebut, mobil damkar sempat terseret beberapa meter, sesaat setelah ditabrak KA. Air yang semula untuk memadamkan api, terlihat tumpah setelah mobil nahas itu terguling.

Dalam tayangan video yang beredar di media sosial (medsos), terdengar suara sirene tanda KA akan lewat. Saat sirine terdengar, terlihat mobil damkar itu berada tepat di tengah-tengah rel perlintasan.

Saat kereta datang dan posisi mobil masih berada persis di tengah rel hingga terjadi tabrakan, suara benturan terdengar keras. Beberapa saat setelah terjadi kecelakaan, sejumlah warga terlihat berlarian menuju TKP. 

Baca Juga: Polda Jabar Diminta Usut Tuntas Kasus Suap Oknum Ketua KPU Indramayu

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Indramayu untuk Libur Akhir Pekan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya