Hadiri Dialog di UMC, Ganjar Tegaskan Pentingnya Pemilu Damai

Fair, salah satu 'syarat' terciptanya Pemilu damai

Cirebon, IDN Times- Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengingatkan pentingnya Pemilu damai. Ganjar menjelaskan, ada beberapa syarat agar Pemilu 2024 itu berjalan damai.

Pernyataan tersebut disampaikan Ganjar seusai menghadiri Dialog Kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Jumat (8/12/2022) sore 

"Pemilu damai ya kita laksanakan . Semua mesti mengontrol, semua mesti fair agar damai," kata Ganjar kepada para wartawan

1. Ganjar ajak gunakan kalimat yang baik

Hadiri Dialog di UMC, Ganjar Tegaskan Pentingnya Pemilu DamaiInin Nastain IDN Times/ Ganjar di tengah-tengah peserta dialog di UMC

Ditegaskannya, suasana fair mutlak dibutuhkan dalam suasana saat ini. Pasalnya, ketika ada pihak-pihak yang kedapatan tidak fair, bisa memicu keresahan di kalangan masyarakat.

"Kalau tidak fair, nanti orang akan terpancing pada situasi itu," beber dia.

Selain mengajak masyarakat luas untuk mengontrol proses Pemilu, Ganjar juga mengingatkan pentingnya menggunakan narasi yang baik. Hal itu dinilai penting sebagai salah satu upaya untuk menciptakan Pemilu damai.

"Maka ayo kita menggunakan kalimat yang baik, dengan program yang baik dan seterusnya," jelas dia.

2. Ganjar-Mahfud siap hadapi debat

Hadiri Dialog di UMC, Ganjar Tegaskan Pentingnya Pemilu DamaiPengumuman capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga memastikan akan mengikuti setiap tahapan Pilpres yang telah ditetapkan. Bersama Mahfud MD, dia menegaskan siap mengikuti setiap tahapan, termasuk debat.

"Kalau debat, tinggal debat aja, tinggal jalan aja," beber dia.

Disinggung persiapan menjelang debat, Ganjar menegakan bahwa dirinya sudah pernah melewati tahapan itu. Ganjar kembali menegaskan siap menjalani setiap tahapan Pilpres.

"Sudah pernah debat, tinggal jalan aja. Saya sama Pak Mahfud udah siap," tegas dia.

3. Seusai dialog, Ganjar makan malam bersama tokoh Muhammadiyah Cirebon

Hadiri Dialog di UMC, Ganjar Tegaskan Pentingnya Pemilu DamaiGanjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Cirebon, setidaknya ada dua agenda yang dijalani Capres Ganjar Pranowo itu. Kedua agenda itu semuanya digelar di UMC.

Seusai dialog, Ganjar kemudian menggelar pertemuan dengan tokoh Muhammadiyah. Pertemuan itu berlangsung saat makam malam di tempat yang sama. 

Baca Juga: Ini Komitmen Ganjar Pranowo tentang Pembangunan IKN 

Baca Juga: Format Debat Pilpres Berubah, Saat Debat Cawapres Didampingi Capres

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya