H-1 Ramadan, Harga Daging dan Telur di Majalengka Melejit

Beras masih Rp9-16 ribu per kilogram

Majalengka, IDN Times - Satu hari sebelum bulan Ramadan, Senin (11/3/2024), harga sejumlah komoditi pangan di Kabupaten Majalengka mengalami kenaikan. Fenomena tersebut dipicu dari adanya tradisi Munggahan yang dilakukan masyarakat setempat, setiap kali hendak memasuki bulan Ramadan.

Harga sejumlah daging dan telur mengalami kenaikan cukup tinggi. Kenaikan untuk komoditi tersebut di kisaran Rp5 ribu sampai Rp20 ribu per kilogram.

"Iya, beberapa naik. Biasa, munggahan," kata pengelola pasar Sindangkasih Cigasong Supriadi, Senin (11/3/2024)

1. Semua jenis daging mengalami kenaikan

H-1 Ramadan, Harga Daging dan Telur di Majalengka Melejitilustrasi daging babi untuk char siu (pixabay.com/ludiarin)

Pada awal pekan yang bertepatan dengan H-1 Ramadan, harga jenis daging di pasar itu kompak mengalami kenaikan. Rata-rata kenaikan terjadi di angka Rp20 ribu per kilogram.

Untuk daging ayam ras, saat ini dibanderol di angka Rp50 ribu setelah mengalami kenaikan Rp5 ribu per kilogram. "Ayam kampung juga naik, dari Rp70 ribu jadi Rp90 ribu per kilogram," kata dia.

Kenaikan juga terjadi untuk daging sapi segar. Di Pasar Sindangkasih, daging sapi dibanderol di angka Rp160 ribu, setelah naik Rp20 ribu per kilogram.

"Kambing juga naik Rp20 ribu. Sekarang jadi Rp200 ribu per kilogram. Kalau daging beku, di sini gak ada," tutur Supriadi.

2. Telur tembus Rp33 ribu per kilogram

H-1 Ramadan, Harga Daging dan Telur di Majalengka MelejitInin Nastain IDN Times/ Harga Telur naik

Kenaikan kembali dialami untuk telur ayam ras. Sejak awal tahun hingga pertengahan Maret ini, harga telur sudah mengalami beberapa kali kenaikan. 

"Hari ini telur juga naik lagi. Sudah beberapa kali naik. Naiknya mah rata-rata Rp1.000 per kilogram," kata Supriadi. 

Dengan kembali mengalami kenaikan sebesar Rp1000, harga telur saat ini dibanderol hingga Rp33 ribu per kilogram. "Itu aja yang naik. Yang lainnya mah sama kayak pekan kemarin. Ini mah memang kebiasaan setiap masuk puasa sih," kata Supriadi

3. Harga beras dan cabai stagnan

H-1 Ramadan, Harga Daging dan Telur di Majalengka MelejitInin Nastain IDN Times Jabar/ beberapa jenis cabai

Sementara itu, harga beras berbagai macam jenis di pasar masih sama seperti pekan kemarin. Setelah sempat mengalami penurunan Rp1.000 pada awal Maret, harga beras di pasar Sindangkasih tidak mengalami perubahan lagi.

Hari ini, harga beras medium KW I dibanderol di angka Rp15 ribu per kilogram. Adapun untuk medium KW II dan KW III, masing-masing di angka Rp14 ribu dan Rp9 ribu per kilogram.

"Premium KW II masih Rp16 ribu, setelah awal Maret kemarin turun Rp1.000," ujar Supriadi.

Hal serupa terjadi untuk harga jenis cabai. Awal bulan kemarin, sejumlah jenis cabai sempat mengalami kenaikan. 

"Untuk cabai masih di kisaran Rp50 sampai Rp100 ribu. Paling mahal itu untuk jenis cabai merah beauty dan merah keriting. Yang paling rendah, Rp50 ribu itu untuk cabai rawit hijau," katanya

Baca Juga: Panen Dimulai, Diharapkan Mampu Tekan Inflasi di Majalengka

Baca Juga: 5 Trik Ajarkan Anak Al-Quran saat Ramadan, Dijamin Anti Boring!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya