COVID-19 Meradang, Sandiaga Minta Wisatawan Tingkatkan Kewaspadaan 

Sandiaga pastikan tidak ada pengurangan jumlah kunjungan

Majalengka, IDN Times- Kasus COVID-19 yang dikabarkan kembali meningkat, mendapat perhatian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kendati demikian, pemerintah meminta masyarakat untuk tidak takut melakukan wisata ke beberapa tempat.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah terus melakukan pemantauan terhadap virus COVID-19 itu.

"Kami waspadai, monitor, evaluasi. Kami pastikan bahwa COVID-19 di Indonesia terkendali. Per hari ini, berwisatalah dengan penuh kewaspadaan," kata Sandiaga saat meresmikan salah satu hotel di KM 146 Cipali, Desa Jatiwangi, Kecamatan Jatiwangi, Kamis (14/12/2023)

1. Sandiaga minta masyarakat tetap waspada

COVID-19 Meradang, Sandiaga Minta Wisatawan Tingkatkan Kewaspadaan Inin Nastain IDN Times/ Sandiaga Uno

Berkaca dari kasus COVID-19 yang kembali menjadi sorotan, Sandiaga meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Ia menegaskan, perlu ada penerapan protokol kesehatan (prokes) saat melakukan aktivitas sehari-hari.

"Saya masih selalu membawa masker. Rajin lah cuci tangan, jika kurang sehat, pakailah masker. Jika ada yang batuk di samping kita, tingkatkanlah kewaspadaan," tutur Sandiaga.

2. Tidak ada pengurangan jumlah kunjungan wisatawan

COVID-19 Meradang, Sandiaga Minta Wisatawan Tingkatkan Kewaspadaan Inin Nastain (IDN Times)/ salah satu wisatawan menikmati wisata di Cipanten Majalengka

Kendati kasus COVID-19 kembali meningkat, Sandiaga memastikan tidak ada pengurangan jumlah kunjungan ke objek wisata. Yang harus diperhatikan, kata dia, kewaspadaan dari setiap wisatawan itu sendiri.

"Tidak ada pengurangan, dan silakan berwisata di sini, di Indonesia saja, jangan ke luar negeri," kata dia.

"Karena kasus COVID-19 di luar negeri sedang meningkat. Cukup di Indonesia saja dan tingkatkan kewaspadaan," ujarnya.

3. Majalengka diminta tambah objek wisata

COVID-19 Meradang, Sandiaga Minta Wisatawan Tingkatkan Kewaspadaan Inin Nastain IDN Times/ alun-alun Majalengka

Sementara itu, Sandiaga juga meminta pemerintah daerah (Pemda) Majalengka meningkatkan jumlah objek wisata yang ada. Wisata kuliner adalah salah satu yang perlu mendapat perhatian pemerintah setempat.

"Kami menitipkan kepada Pak Wakil Bupati untuk membangun lebih banyak desa-desa wisata, dan wisata kuliner, wisata belanja. Sehingga apa yang dimiliki Majalengka ini semakin meningkat," papar dia.

Penambahan jumlah objek wisata itu dinilai penting, mengingat akses ke Majalengka semakin mudah. Beroperasinya BIJB, kata dia, telah membuka peluang masyarakat dunia untuk berkunjung ke Majalengka.

"Jangan lupa, Kertajati bisa melengkapi apa yang bisa ditawarkan oleh Kabupaten Majalengka untuk kepulihan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas untuk kebangkitan ekonomi masyarakat," tutur dia.

Baca Juga: Begini Kata Gen Z Majalengka Komentari Hasil Debat Capres Perdana 

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bantaragung-Majalengka yang Indah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya