BIJB Segera Beroperasi Penuh, Pemerintah Siapkan Wisata Majalengka 

Akses jalan menuju ODTW dinilai masih belum memadai

Majalengka, IDN Times- Sektor pariwisata menjadi fokus Pemerintah Daerah (Pemda) Majalengka, seiring dengan beroperasi penuhnya bandar udara internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada akhir Oktober. Di sisi lain, masih ada beberapa hal yang perlu pembenahan, berkaitan dengan objek daya tarik wisata (ODTW) yang ada di Kabupaten Majalengka.

Wakil Bupati (Wabup) Tarsono D. Mardiana menyebutkan, ODTW yang ada di Majalengka sudah cukup populer di kalangan masyarakat luar. Namun, masih ada yang harus dibenahi, guna mampu menarik lebih banyak lagi pengunjung.

"Kelemahannya, kami belum menyajikan atraksinya (di ODTW). Jadi baru wisata alamnya saja yang oke, belum dikolaborasikan dengan atraksi budaya," kata Tarsono

1. Beberapa kesenian bisa ditampilkan di ODTW

BIJB Segera Beroperasi Penuh, Pemerintah Siapkan Wisata Majalengka Inin Nastain (IDN Times)/ salah satu seni beladiri Majalengka

Di Kabupaten Majalengka sendiri, kata dia, tercatat banyak kesenian yang sejatinya bisa ditampilkan di ODTW. Namun diakuinya, hingga saat ini, kesenian-kesenian itu belum mendapat ruang yang cukup di ODTW.

"Contoh kalau masuk ke Panyaweuyan, atau Bantaragung atau misalkan river tubing-nya, itu harus ada atraksinya. Misalkan (kesenian) silat buhunnya," ujar dia 

Dengan demikian, jelas Wabup, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam semata. "Sehingga pengunjung tidak jenuh, hanya melihat pemandangan alam. Tapi mereka juga akan asik ikut beratraksi budaya seni yang ada di Majalengka," ungkap dia.

2. Akses menuju ODTW masih kurang memadai

BIJB Segera Beroperasi Penuh, Pemerintah Siapkan Wisata Majalengka Inin Nastain (IDN Times)/ salah satu titik jalan menuju Panyaweuyan

Akses jalan menuju ODTW hingga saat ini dinilai masih belum memadai. Pasalnya, jalan-jalan menuju ODTW hanya bisa dilalui oleh mobil-mobil kecil, hingga sedang.

"Harus diakui, akses jalan menuju wisata di Majalengka ini masih kurang memadai," kata ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Majalengka Ronny.

Di luar itu, Ronny menegaskan, ODTW di Kabupaten Majalengka sudah siap menerima kunjungan dalam jumlah besar. "Kalau jalan kan di luar kami. Nah, kalau dari sisi wisata, kami sudah siap sepenuhnya," ungkap dia.

Senada dengan Wabup. Ronny menjelaskan, perlu adanya kolaborasi antara pengelola wisata dengan pelaku seni. Dengan demikian, akan ada tambahan daya tarik bagi para pengunjung.

"Dan di setiap ODTW itu, sangat memungkinkan kalau diadakan pertunjukan seni," ungkap dia.

3. Akses jalan banyak dikeluhkan pengunjung

BIJB Segera Beroperasi Penuh, Pemerintah Siapkan Wisata Majalengka Inin Nastain (IDN Times)/ salah satu titik di Panyaweuyan

Sempitnya akses jalan menuju ODTW di Kabupaten Majalengka, tidak jarang dikeluhkan oleh para pengunjung. Salah satu akses yang dikeluhkan yakni jalan menuju ODTW Panyaweuyan, Argapura.

"Ya memang keluhan dari pengunjung, memang disebutkan (jalan) sempit," kata salah satu pengelola ODTW Panyaweuyan Mangku.

Dijelaskannya, di beberapa titik menuju Panyaweuyan sejatinya sudah ada pematokan oleh dinas terkait. Namun, Mangku mengaku tidak mengetahui kapan proyek pelebaran jalan itu akan dilakukan.

"Ya akses ke Panyaweuyan mah dari dulu juga sempit. Terus ada sebagian jalan terkikis air juga," kata dia.

"Adapun pematokan oleh PUTR (dilakukan) sejak 2021, sampai sekarang belum terealisasi. Gak tahu kenapa. Menurut saya mah, itu teh harus jadi prioritas," lanjut Mangku

Baca Juga: BIJB Kertajati Beroperasi, Pemda Majalengka Benahi Sektor Wisata 

Baca Juga: Menhub Sebut Tiga Negara Investasi di BIJB Kertajati Majalengka

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya