Berangkat Haji dari BIJB, Pemeriksaan Dilakukan di Asrama

Dari asrama langsung menuju pesawat

Majalengka , IDN Times - Sistem berbeda diterapkan bagi calon jamaah haji yang berangkat dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, tahun ini. Pada musim haji 2024 ini, mereka tidak lagi melakukan proses registrasi di BIJB seperti pada umumnya.

Direktur Utama PT BIJB M. Singgih mengatakan, dari asrama haji Indramayu, mereka akan langsung masuk pesawat, tanpa masuk terminal. Hal itu berbeda dengan musik haji tahun lalu, yang sempat masuk terminal untuk mengurus beberapa administrasi.

"(Kebijakan) ini baru (terbit) satu hari kemarin. Jadi ini pemberangkatan haji di Bandara Kertajati sama seperti pemberangkatan di asrama lain," kata Singgih

1. Lewat sisi utara terminal, calon jamaah haji langsung menuju pesawat

Berangkat Haji dari BIJB, Pemeriksaan Dilakukan di AsramaInin Nastain IDN Times/ Gerbang BIJB Kertajati

Singgih menjelaskan, semua persyaratan administrasi calon jamaah haji akan dilakukan saat mereka berada di asrama haji. Setelah dipastikan persyaratan selesai, mereka akan menuju bandara untuk langsung masuk pesawat.

"Dari asrama (haji), naik bus langsung masuk pesawat. Jadi beda sama tahun lalu," kata dia.

Dengan kebijakan, maka aktivitas para calon jamaah haji akan lebih banyak berada di asrama haji. Adapun di BIJB, mereka benar-benar hanya lewat, untuk menuju landasan pesawat.

"Gak ada (proses ) yang dipangkas sih. Cuma pemeriksaan keamanan, tadinya (dilakukan) ribu bandara, sekarang di asrama (haji). Itu aja," ujar dia.

2. Kebijakan dari pemerintah

Berangkat Haji dari BIJB, Pemeriksaan Dilakukan di AsramaIlustrasi potret keberangkatan jemaah haji Indonesia. (Dok. Kemenag).

Singgih menegaskan, kebijakan tersebut dikeluarkan oleh pemerintah. Secara prinsip, BIJB sejatinya sudah siap sepenuhnya, ketika pemberangkatan calon jamaah haji masih seperti tahun lalu.

"Kalau ini punya pertimbangan sendiri. Prinsipnya, dari BIJB dari mana pun, teknis seperti apapun, siap," kata dia.

Pada musim haji tahun lalu, BIJB sendiri menyiapkan berbagai macam kebutuhan untuk kalangan pandia. Hal serupa juga sejatinya sudah disiapkan untuk calon jamaah haji tahun ini.

"Pemberangkatan haji di Bandara Kertajati (tahun ini) sama seperti pemberangkatan di asrama lain," kata dia.

Dikutip dari situs Kemenag, sistem serupa juga diberlakukan di Embarkasi Padang. Di embarkasi itu, proses administrasi dilakukan di Asrama haji.

"Ada beberapa proses yang akan dijalani oleh jemaah selama lebih kurang 24 jam berada di Asrama Haji Tabing, di antaranya pemeriksaan kesehatan, proses imigrasi, dan lainnya. Termasuk proses boarding dilakukan di asrama haji, nanti turun dari bus jemaah langsung naik pesawat,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Padang Panjang Editiawarman

3. Sebanyak 30 Kloter angkut 13 ribu calhaj dan petugas terbang dari BIJB

Berangkat Haji dari BIJB, Pemeriksaan Dilakukan di AsramaIlustrasi calon jemaah haji Embarkasi Palembang (Dok. Kemenang Sumsel)

Sementara itu, pada 2024, akan ada 30 kloter yang terbang dari BIJB Kertajati, di mana berisi 13.200 orang yang terdiri dari calon jamaah haji dan petugas.

Kloter pertama akan berangkat pada 12 Mei 2024, dengan jumlah calon jamaah haji sebanyak 435 orang dan lima petugas. Mereka akan terbang ke Madinah dengan nomor penerbangan SV 5577. 

Kloter terakhir terbang pada 10 Juni 2025, dengan jumlah jamaah dan petugas yang sama. Untuk kloter terakhir ini, mereka akan mendarat di Jeddah.

Baca Juga: Daftar Sebaran Penempatan Jemaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah

Baca Juga: Sebelum Pembakaran Rumah dan Mobil di Majalengka, Pelaku Sudah Buntuti Korban

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya