Belasan Baliho Kaesang di Majalengka Dirusak

Kerusakan diketahui setelah Gibran jadi Bacawapres Prabowo

Majalengka, IDN Times - Belasan baligo Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kabupaten Majalengka ditemukan dalam keadaan rusak. Kondisi tersebut ditemukan di beberapa titik, di antaranya di Kecamatan Cigasong, Majalengka.

DPD PSI Majalengka menilai, dari jenis kerusakan, baliho-baliho itu cenderung rusak disengaja. "Kami sementara ini lagi mengumpulkan bukti-bukti di lapangan. Memang ada indikasi ke sana, istilahnya sengaja perusakan baliho," kata Ketua DPD PSI Majalengka Ibun Bunyanudin

1. Baligo Kaesang rusak setelah Gibran jadi Bacawapres Prabowo

Belasan Baliho Kaesang di Majalengka DirusakPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat menjalani tes pemeriksaan kesehatan sebagai capres-cawapres di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat (26/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

DPD PSI Majalengka sendiri mulai memasang babaliholigo Kaesang dalam beberapa minggu terakhir. Tidak lama dari pemasangan itu, sejumlah baliho diketahui mengalami kerusakan, dalam bentuk sobek.

Dijelaskan Ibun, kerusakan itu diketahui setelah Gibran Rakabuming Raka, abang kandung dari Kaesang, resmi menjadi Bacawapres Prabowo Subianto.

"Setahu saya baliho rusak setelah dimasukkannya Cawapres Gibran. Kalau dibilang rusak karena angin, itu kan baru, belum ada satu bulan, masih satu mingguan. Masa secepat itu rusak kena angin. Kerusakannya sama," kata dia.

Dari beberapa baliho yang rusak, Ibun menyebut, kerusakan paling parah terjadi di daerah Kecamatan Jatitujuh. "Apalagi yang kerusakan paling parah itu di Kecamatan Jatitujuh, itu pas di leher (dari gambar Kaesang di baliho)," tuturnya.

2. Ada 14 baliho Kaesang yang rusak

Belasan Baliho Kaesang di Majalengka DirusakInin Nastain IDN Times/ Baligo Kaesang rusak di bagian bawah

Hingga Kamis (26/10/2023), Ibun menjelaskan sudah ada belasan baliho milik PSI yang menampilkan Kaesang dirusak. Temuan terbanyak berada di jalur Cigasong-Rajagaluh.

"Ada 14 baliho yang rusak. Yang paling banyak itu jalur Simpereum (Kecamatan Cigasong) ke arah Rajagaluh. Terus Jatitujuh ada dua titik, jalur Panyingkiran empat titik, termasuk di pertigaan jalan lingkar Baribis, tapi yang dari jalur Kadipaten," kata dia.

"Padahal di beberapa titik itu, ada baliho lain selain Kaesang. Tapi yang rusak hanya yang punya partai saya," lanjut dia.

Dijelaskan Ibun, kasus serupa juga pernah terjadi di Kabupaten Indramayu. Untuk kasus di daerah itu, lanjut dia, petugas sudah menangkap pelaku perusakan.

"Di (Kabupaten) Indramayu juga, ketua DPD Indramayu koordinasi sama saya, ada beberapa baliho (yang rusak). Di sana sudah ada tersangkanya, sudah ditangkap," kata dia.

3. Sudah berkoordinasi dengan Bawaslu dan polisi

Belasan Baliho Kaesang di Majalengka DirusakInin Nastain/ Kantor Bawaslu Majalengka

Menyikapi hal itu, Ibun mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, di antaranya Bawaslu dan Polres Majalengka. Bahkan Ibun mengaku sudah membuat laporan ke pihak kepolisian.

"Saya menghadap ke Bawaslu untuk bertanya harus seperti apa? Sudah laporan (ke polisi) juga kemarin," kata dia

Dalam kasus tersebut, dia mengaku ada alat bukti berupa CCTV. Dengan demikian, diharapakan akan segera diketahui pelaku perusakan itu. 

"Ada beberapa baliho, yang kebetulan di depannya ada CCTV. Berkas sudah lengkap. Mudah-mudahan dapat saksi," ujar dia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya