Astra Infra Klaim Siap Sambut Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

SPKLU disediakan di beberapa titik Tol

Majalengka, IDN Times- Sejumlah persiapan dilakukan Astra Infra dalam menyambut arus mudik dan lebaran 2024. Persiapan itu dilakukan di semua ruas tol yang berada di bawah Astra Infra yakni Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto.

Group Chief Executive Officer Astra Infra Firman Yosafat Siregar menjelaskan, persiapan itu di antaranya layanan infrastruktur, penyiagaan petugas dan lain-lain.

"Melalui Kampanye Lebaran Penuh Makna, Astra Infra berkomitmen untuk melayani pemudik dengan layanan yang andal dan komunikatif, agar perjalanan mudik menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan," kata Firman dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Seribuan petugas disiagakan di sepanjang jalur Tol

Astra Infra Klaim Siap Sambut Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024Istimewa/ penyematan ban lengan petugas

Firman menjelaskan, Astra infra menyiapkan sekitar 1300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas. Untuk menyambut mudik dan balik lebaran, Astra Infra juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama arus mudik dan balik lebaran, jelas dia, Astra Infra telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memastikan kesiapan CCTV terintegrasi. CCTV itu, kata Firman, dinilai penting, sebagai sarana pemantauan bersama pada titik-titik krusial ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, dan Jombang-Mojokerto. 

"Ini didukung dengan terpasangnya CCTV di setiap kilometer ketiga ruas tol tersebut," jelas dia.

Firman menjelaskan, Astra Infra juga berkolaborasi dengan Grup Astra lainnya, melalui pembukaan posko Astra Siaga Lebaran. Posko itu masing-masing terdapat di rest area KM 68 B ruas Tol Tangerang-Merak, Rest area KM 166 A ruas tol Cikopo-Palimanan, Rest area KM 695 A ruas tol Jombang-Mojokerto, dan Resta Pendopo KM 456 A & B ruas tol Semarang-Solo. 

Persiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang diprediksi mencapai 6,8 juta kendaraan, atau naik sebesar 3,4% dibandingkan lebaran 2023.

“Saat ini kami secara intensif terus memastikan kesiapan dalam rangka mendukung pemerintah mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman untuk masyarakat pada arus mudik lebaran tahun ini,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar.

2. Puncak mudik Tol Tangerang-Merak tanggal 3 April

Astra Infra Klaim Siap Sambut Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024Istimewa/pelepasan armada satuan tugas lebaran

Untuk ruas Tol Tangerang-Merak, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Rabu (3/4/2024), dengan estimasi 179 ribu kendaraan melintas. Adapun total volume lalu lintas pada periode lebaran tahun ini, diprediksi sekitar 3,5 juta kendaraan, atau meningkat 3,6% dibandingkan lebaran 2023.

Terkait hal itu, Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya peningkatan layanan lalulintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system untuk mengantisipasi kepadatan ke arah Pelabuhan Merak. 

Selain itu, kata dia, telah disiapkan juga dukungan pembatasan angkutan barang, penambahan toilet portable di rest area dan jalur, peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A, serta peningkatan penyebaran layanan informasi publik.

"Untuk mengurangi potensi antrean di Pelabuhan Merak, pemudik diimbau untuk dapat melakukan pembelian tiket ferry melalui aplikasi atau website ferizy sebelum tiba di pelabuhan," kata Billy.

3. Sebanyak 2,1 juta kendaraan diprediksi melintas Tol Cipali

Astra Infra Klaim Siap Sambut Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). (IDN Times/Inin Nastain)

Untuk ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), diprediksi akan ada 2,1 juta kendaraan akan melintas ruas tol selama masa arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 2,2% dibandingkan lebaran 2023, atau 79,9% dari lalu lintas harian normal. Adapun puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal Sabtu (6/4/2024) dengan estimasi 122 ribu kendaraan.

Sebagai bentuk persiapan menghadapi lonjakan arus lalu lintas tersebut, Astra Infra Tollroad Cikopo-Palimanan telah melakukan berbagai persiapan, antara lain dengan melakukan koordinasi dengan kepolisian.

"Kami juga melakukan normalisasi aliran air untuk mencegah banjir, operasi zero pothole untuk memastikan jalan tidak berlubang, dan penyediaan portable toilet serta penambahan kapasitas parkir di rest area," kata Billy.

Persiapan juga telah dilakukan di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, yang antara lain dilakukan dengan menyiapkan mobile reader untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.

Pada periode lebaran tahun ini, puncak arus mudik di ruas Tol Jombang-Mojokerto diprediksi terjadi pada Senin (8/4/2024) dengan estimasi 71 ribu kendaraan melewati ruas tersebut dan puncak arus balik pada Minggu (14/4/2024) dengan estimasi 99 ribu kendaraan. 

"Secara total, diprediksi 1,2 juta kendaraan melintas di ruas Tol Jombang-Mojokerto, atau meningkat 5,2% dibandingkan lebaran tahun lalu," jelas dia.

4. Tersedia SPKLU di beberapa titik

Astra Infra Klaim Siap Sambut Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024Proses pengisian daya Mobil Listrik di SPKLU PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Parepare (Dok. Istimewa)

Pada arus mudik dan balik nanti, Astra Infra juga menyediakan fasilitas untuk mobil listrik. Dijelaskannya, pihak Astra Infra menyedikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di delapan titik di ruas Tol di bawah Astra Infra.

SPKLU itu masing-masing terdapat di rest area KM 43 A & 68 A ruas tol Tangerang-Merak, rest area KM 101 A, 130 A, 130 B Tol Cikopo-Palimanan, rest area Resta Pendopo KM 456 A & B Tol Semarang-Solo, serta rest area KM 695 A Tol Jombang-Mojokerto. 

"SPKLU dan beberapa upaya lain seperti penggunaan panel surya untuk lampu penerangan jalan umum, sistem pengolahan limbah di rest area, inisiasi Astra Infra Mini Forest, dan berbagai upaya lainnya merupakan bentuk komitmen Astra Infra untuk memberikan kontribusi positif dalam upaya pelestarian lingkungan. Ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs)," papar dia.

"Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan melakukan persiapan kondisi kendaraan maupun fisik yang prima," lanjut Billy.

Selama di perjalanan, pemudik diimbau untuk mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut. "Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya," kata dia. 

Baca Juga: Astra Ancang-ancang Beri Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak dan Cipali

Baca Juga: 5 Aplikasi Cek Kemacetan dan Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya