Arus Mudik, Pergerakan Penumpang di BIJB Kertajati Majalengka Naik

Musim mudik-balik, ditarget 12 ribu pergerakan penumpang

Majalengka, IDN Times- Peningkatan aktivitas penerbangan terjadi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Ketajati, Majalengka pada musim mudik tahun ini. Dalam kurun waktu empat hari, sejak 3 April lalu, tercatat sebanyak 70 pergerakan pesawat di Bandara tersebut.

Executive General Manager BIJB Kertajati Nuril Huda mengatakan, angka tersebut tercatat mengalami kenaikan dibanding pergerakan pada hari normal. "Ada peningkatan pergerakan," kata Nuril

1. 7.000 lebih penumpang bergerak selama 4 hari

Arus Mudik, Pergerakan Penumpang di BIJB Kertajati Majalengka NaikInin Nastain IDN Times/ penumpang turun di BIJB

Nuril menyebutkan, terhitung sejak 3 - 6 April, tercatat ada 70 pergerakan pesawat. Jika dirata-rata, ada 14 pergerakan pesawat per hari.

Dari 70 pergerakan pesawat itu, terdapat sekitar 7.386 penumpang. 7.000 lebih penumpang yang melakukan perjalanan dari dan menuju BIJB. 

"Untuk pergerakan penumpang itu sekitar 7.386 atau jika dirata-rata sekitar 1.836 per hari. Berarti pada masa posko angkutan lebaran ini, dibanding hari sebelumnya, mengalami peningkatan," jelas dia.

"Tujuan dari rute itu ada 3 top (rute), Denpasar, Kualanamu, dan Balikpapan. Hari ini ada 16 pergerakan.  maskapainya) Citylink, Air Asia, Super Air Jet," lanjut dia.

2. Puncak pergerakan pada Sabtu (6/4/2024)

Arus Mudik, Pergerakan Penumpang di BIJB Kertajati Majalengka NaikInin Nastain IDN Times/ Antrean calon penumpang di BIJB

Dari empat hari masa posko lebaran, Nuril menyebutkan puncak peningkatan pergerakan terjadi pada Sabtu (6/4/2024) kemarin. Sabtu kemarin, kata dia, ada sebanyak 16 pergerakan dari empat daerah itu.

"Sebelum hari ini, mulai dari tanggal 3 itu untuk puncak arusnya memang terjadi di hari kemarin atau tanggal 6, dimana pergerakan pesawatnya itu ada di 16 pergerakan. Kemudian untuk penumpang ada di 2386 penumpang," jelas dia.

Dijelaskannya, peningkatan pergerakan hampir terjadi untuk semua rute. Peningkatan, jelas dia, terjadi baik dari maupun menuju BIJB.

"Rata. Dan itu terjadi baik dari sini, maupun yang ke sini. Karena mereka juga kan mungkin sama-sama mudik," kata Nuril.

3. Target 12 ribu pergerakan penumpang pada arus mudik dan balik

Arus Mudik, Pergerakan Penumpang di BIJB Kertajati Majalengka NaikInin Nastain IDN Times/ Super Air Jet mendarat di BIJB

Musin mudik idul fitri pertama setelah perpindahan dari Bandung menjadi momen untuk lebih memperkenalkan BIJB kepada masyarakat luas. Pada musim mudik pertama ini, ditargetkan akan ada pergerakan penumpang sebanyak 12 ribu orang.

Target tersebut untuk musim mudik dan balik nanti yang berlangsung hingga 18 April nanti. "Target 12 ribuan, selama arus mudik sampai arus balik, 3 sampai 18 April. Sekarang baru sekitar 7 ribu," jalas Nuril 

Dijelaskannya, pada hari-hari normal, pergerakan penumpang hanya di kisaran 1000-1200 orang. Angka itu mengalami kenaikan signifikan sejak 3 April kemarin.

"Normal mah di angka 1000-1200. Sejak 3 April kemarin, naik. Maskapai yang mendominasi di sini Lion Grup, papar dia.

Seiring dengan adanya peningkatan pergerakan penumpang, Nuril memastikan fasilitas yang ada di Bandara dalam keadaan layak pakai.

"Kami maintenance semua fasilitas. Sejak tanggal 3 kemarin, semua fasilitas dalam kondisi laik pakai," tegas dia.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tempat Penitipan Hewan selama Mudik Lebaran

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Bandara AP II Hari Ini, Penumpang Tembus 317 Ribu?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya