Arus Balik Natal, Tol Cipali One Way dan Contra Flow Sejak 14.00-24.00

Pengguna Tol Cisumdawu ke Cirebon keluar di Ujungjaya

Majalengka, IDN Times- Rekayasa lalulintas di Tol Cipali diberlakukan pada Selasa (26/12/2023) siang. Ada beberapa rekayasa yang akan dilakukan Polri di sepanjang jalan Tol Cipali tersebut.

Dikutip dari akun @ntmc_polri, rekayasa itu akan diberlakukan di jalur B, arah Cirebon ke Jakarta. Rencananya, rekayasa lalu lintas dimulai pukul 14.00-24.00 WIB.

"Info terkini, rencana rekayasa lalulintas arus balik natal tanggal 26 Desember 2023, pukul 14.00-24.00 WIB," demikian keterangan yang diunggah akun tersebut

1. GT Palimanan-Cikampek Utama One Way

Arus Balik Natal, Tol Cipali One Way dan Contra Flow Sejak 14.00-24.00Instagram NTMC Polri

Mengantisipasi adanya lonjakan arus balik natal, Polri memberlakukan rekayasa lalulintas sejak dari Gerbang Tol Palimanan sampai Gerbang Tol Cikampek Utama. Di jalur tersebut, polisi memberlakukan rekayasa berupa one way.

"Akan dilakukan rekayasa lalu lintas one way dari KM 188 GT Palimanan sampai KM 72 GT Cikampek Utama," kata keterangan itu.

Selepas dari KM 72, rekayasa lalulintas yang dilakukan Polri berupa Contra flow. Rekayasa Contra flow pertama, dilakukan dengan menggunakan 2 lajur, hingga KM 47.

"Dari KM 47 sampai KM 36 menggunakan rekayasa lalulintas Contra flow 1 lajur," demikian keterangan unggahan @ntmc_polri itu.

2. Cisumdawu-Cipali ditutup, pengguna jalan keluar di Ujungjaya

Arus Balik Natal, Tol Cipali One Way dan Contra Flow Sejak 14.00-24.00ilustrasi Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang diresmikan Selasa (11/7/2023). (dok. Kementerian PUPR)

Rencana rekayasa lalulintas di Tol Cipali itu berdampak terhadap Cisumdawu. Saat rekayasa lalulintas di Cipali diberlakukan, akses dari Cisumdawu ke Cipali yang akan menuju Cirebon juga dipastikan ditutup.

Kendati demikian, pengguna jalan dari Bandung ke Cirebon masih bisa menggunakan Tol Cisumdawu. Akan tetapi, mereka akan diarahkan keluar di exit Ujungjaya.

"Kendaraan dari Bandung yang akan menuju Cirebon melewati Cisumdawu akan dikeluarkan di exit Ujungjaya-Majalengka-Cirebon-Palimanan 3," demikian keterangan akun itu.

"Kendaraan yang berada di jalur one way arah balik (Jakarta-Cirebon) bisa keluar melalui gate interchange Sumberjaya, Kertajati, Cisumdawu, Cikedung, Subang, Kalijati, dan Cikopo," tulis keterangan itu 

3. Pastikan rekayasa lalu lintas lancar, Satlantas Polres Majalengka berjaga di GT

Arus Balik Natal, Tol Cipali One Way dan Contra Flow Sejak 14.00-24.00Inin Nastain IDN Times/ Rest Area KM 166 Cipali

Menindaklanjuti rencana rekayasa itu, Satlantas Polres Majalengka dipastikan berjaga di GT yang ada di wilayah hukumnya. Di Kabupaten Majalengka sendiri, ada dua GT Cipali yakni GT Sumberjaya dan GT Kertajati.

"Kami mengerahkan anggota untuk menutup gate tol (GT), dan chevron-chevron untuk memastikan kelancaran one way," kata Kasatlantas Polres Majalengka AKP Mochammad Ali kepada wartawan.

Ditegaskannya, jajarannya juga akan melakukan 'pembersihan' di rest area KM 166 yang berada di jalur A (Jakarta-Cirebon). Dengan demikian, mereka tidak terjebak saat rekayasa one way mulai diberlakukan.

"Kami masih bersiaga menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari Korlantas Polri berkaitan rencana rekayasa arus lalu lintas one way ini," jelas Kasatlantas

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Tol Cipali Siapkan Diskon 10 Persen!

Baca Juga: Kasus COVID-19 Ngegas, Menkes Ingatkan Prokes Selama Libur Nataru

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya