490 Orang Berebut 130 Posisi PPK di Pilkada Majalengka

Ada pendaftar awal sebanyak 870 orang

Majalengka, IDN Times - Sebanyak 490 orang mengikuti computer assisted test (CAT) calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Majalengka. Ratusan orang itu akan merebutkan lima posisi di tiap kecamatan, se-Kabupaten Majalengka.

Dengan demikian, nantinya akan ada 130 orang PPK di 26 kecamatan se-Kabupaten Majalengka. Ketua KPU Kabupaten Majalengka Teguh Fajar Putra Utama mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti CAT itu, jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah keseluruhan pendaftar.

"Total ada 807 untuk pelamar tes administrasi. Setelah melakukan penelitian, kami nyatakan lulus 490 orang, dan mengikuti CAT," kata Teguh

1. Test CAT berlangsung selama dua hari

490 Orang Berebut 130 Posisi PPK di Pilkada MajalengkaInin Nastain IDN Times/ Pemeriksaan kelengkapan peserta test PPK

Teguh menjelaskan, CAT calon PPK akan berlangsung selama dua hari, dari Senin-Selasa (6-7/5/2024). Tes sendiri berlangsung sebanyak empat sesi per hari.

"Sebanyak 490 orang itu, dimulai hari ini sampai besok sedang melakukan tes tertulis yang berupa CAT. Dibagi menjadi empat sesi di empat kelas dan insya allah akan selesai di besok," kata dia.

Untuk pengumuman hasil CAT sendiri, kata dia, akan dilakukan selama dua hari yakni 9-10 Mei 2024.

"Setelah itu dilanjutkan tes wawancara bagi yang lulus," kata Teguh 

2. Pelantikan PPK terpilih tanggal 16 Mei

490 Orang Berebut 130 Posisi PPK di Pilkada MajalengkaInin Nastain IDN Times/ calon PPK mengikuti tes

Untuk tes wawancara sendiri, kata Teguh, berlangsung selama tiga hari, dari 11-13 Mei 2024. Selang satu hari kemudian, tepatnya 14-15 Mei 2024, pengumuman hasil seleksi anggota PPK.

"Penetapan calon terpilih tanggal 15 Mei. Tanggal 16 insya Allah pelantikan," kata dia.

Setelah dilantik, PPK akan langsung melakukan beberapa tugas, di antaranya yakni rekrutmen PPS dan atau pendaftaran calon bupati dan wakil bupati jalur perorangan.

"Kerja pertama mereka mungkin membantu kami dalam proses pendaftaran calon bupati dan wakil bupati dari jalur perorangan. Karena jalur perorangan kan sudah dimulai," kata dia

3. Pendaftaran calon bupati dan wakil bupati jalur perorangan dibuka 8 Mei 2024

490 Orang Berebut 130 Posisi PPK di Pilkada MajalengkaIlustrasi pilkada serentak.ANTARA

Untuk tahapan Pilkada sendiri, Teguh menyebutkan, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati (cabup dan cawabup) jalur perorangan akan segera dibuka. Rencananya, penyerahan berkas cabut/cawabup jalur perorangan dimulai pada 8-12 Mei 2024.

"Penerimaan berkas dimulai pada tanggal 8 sampai 12 Mei 2024, bagi masyarakat yang ingin mencalonkan bupati dan wakil bupati jalur perorangan," kata dia.

Sementara itu, untuk cabup dan cawabup jalur perorangan, harus mengumpulkan dukungan dari sebanyak 74.907 orang. Angka tersebut berdasarkan aturan main, yakni 7,4 persen dari jumlah DPT Kabupaten Majalengka pada pemilu kemarin.

Dukungan sebanyak 74.907 itu, harus tersebar di 14 kecamatan, dari 26 kecamatan yang tersebar di Majalengka. 

Baca Juga: Pilkada, Sekda Majalengka Masuk Kandidat Calon dari Partai Golkar 

Baca Juga: Kades Perempuan di Majalengka Daftar Pilkada Lewat PAN

Topik:

  • Inin Nastain
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya