Profil Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat ke-13

Uu merupakan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan

H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E adalah Wakil Gubernur Jawa Barat ke-13 untuk saat ini. Uu merupakan wakil gubernur dari Ridwan Kamil untuk periode periode 2018-2023. Uu Ruzhanul Ulum lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada tanggal 10 Mei 1969. Saat ini beliau telah berusia 52 tahun.

Bukan politisi baru, nama Uu Ruzhanul Ulum telah masuk dalam beragam pemilihan daerah khususnya di wilayah Jawa Barat. Hal ini terbukti dari riwayat jabatannya yang menunjukkan bahwa ia pernah menjadi Bupati Tasikmalaya pada tahun 2011 hingga 2018.

1. Profil singkat Uu Ruzhanul Ulum

Profil Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat ke-13IDN Times/Humas Jabar

Nama Lengkap: Uu Ruzhanul Ulum

Jabatan: Wakil Gubernur Jawa Barat ke-13 untuk periode 2018-2023

Tempat dan Tanggal Kelahiran: Tasikmalaya, Jawa Barat 10 Mei 1969

Tanggal Pelantikan: 5 September 2018

Istri: Hj. Lina Marlina, S.E.

Anak:

1.       Azizah Ruzhan

2.       Kholilah Ruzhan

2. Terpilih 2 periode saat menjadi bupati Tasikmalaya

Profil Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat ke-13ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Uu Ruzhanul Ulum pertama kali dikenal masyarakat luas semenjak ia menjabat menjadi Bupati Tasikmalaya pada tahun 2011. Popularitasnya tidak diragukan lagi, mengingat beliau terpilih selama 2 periode dan langsung lolos menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat pasca mengakhiri jabatannya di Tasikmalaya.

3. Hidup di lingkungan pondok pesantren

Profil Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat ke-13Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau kesiapan Ponpes di era new normal. (IDN Times/Humas Jabar)

Uu Ruzhanul Ulum memulai riwayat pendidikannya saat ia memasuki MI Al-Khrairyah Manonjaya. Beliau berhasil lulus pada tahun 1982 dan melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri Manonjaya di tahun yang sama. Selepas lulus dari SMP Negeri Manonjaya, beliau memasuki bangku SMA di SMA Pasundan Tasikmalaya.

Uu Ruzhanul Ulum mendapakan gelar sarjana S-1 pada Universitas Siliwangi mengambil jurusan Ekonomi.

Baca Juga: Profil Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023

4. Anak santri hingga terjun ke dunia politik

Profil Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat ke-13(Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum (kanan)) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Profesi dalam dunia politik pertama yang dicapai oleh Uu Ruzhanul Ulum adalah anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Beliau bergabung dan dicalonkan oleh Partai Persatuan pembangunan pada tahun 1999. Kala itu, Uu Ruzhanul Ulum masih berusia 30 tahun. Pasca menjadi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, beliau kembali mengikuti pemilihan dan terpilih menjadi Ketua DPRD Tasikmalaya untuk periode 2004 hingga 2009.

Di tahun 2009, beliau kembali mencoba peruntungannya dan terpilih menjadi salah satu anggota DPRD dalam periode 2009 hingga 2011. 

Sebelum menjabat bersama Ridwan Kamil pada periode saat ini, Uu Ruzhanul Ulum telah memiliki beberapa jabatan di dunia politik sebelumnya. Di tahun 2011, beliau berhasil memenangkan pemilihan daerah Tasikmalaya bersama dengan wakilnya, Ade Sugianto. Keberhasilan ini telah membawanya menjadi Bupati Tasikmalaya ke 21.

Uu Ruzhanul Ulum kembali menjabat Bupati Tasikmalaya mulai dari tanggal 8 Maret 2011 hingga 4 September 2018. Pasangan Uu Ruzhanul Ulum dan Ade Sugianto berhasil memenangkan pemilihan untuk dua kali periode. Dalam pemilihan kala itu, mereka berhasil meraih 62% suara. Beliau menggantikan posisi bupati sebelumnya, Bapak Tatang Farhanul Hakim.

Pasca lepas jabatan menjadi Bupati Tasikmalaya, beliau bersama dengan Ridwan Kamil mencalonkan diri menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: Perlente! 10 Potret Wagub Jabar Uu Ruzhanul dengan Mobil Klasik  

Baca Juga: Jalan Panjang Karir Politik Uu Ruzhanul hingga Menjadi Wakil Gubernur 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya