Fenomena Aneh di Kuningan, Pohon Jati di Terbakar Tanpa Sebab Jelas

Masyarakat digegerkan peristiwa pohon jati terbakar

Kuningan, IDN Times - Masyarakat Desa Cihurip, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, digegerkan dengan peristiwa aneh yang terjadi pada Selasa (10/9/2024) malam. Sebuah pohon jati di desa tersebut tiba-tiba mengeluarkan api secara misterius tanpa ada tanda-tanda penyebab yang jelas.

Warga setempat, Asep Bayu yang tinggal tak jauh dari lokasi pohon, mengaku melihat cahaya terang dari kejauhan saat sedang menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia vs Australia. Awalnya, ia mengira ada sebuah tiang listrik yang terbakar.

“Waktu saya melihat cahaya itu, saya pikir tiang listrik terbakar. Tapi setelah saya dekati, ternyata api keluar dari batang pohon jati yang masih berdiri," kata Asep, Kamis (12/8/2024).

1. Terbakar, tetapi tidak ada sumber api

Fenomena Aneh di Kuningan, Pohon Jati di Terbakar Tanpa Sebab JelasFenomena Aneh di Kuningan, Pohon Jati di Terbakar Tanpa Sebab Jelas (IDN Times/istimewa)

Pohon jati yang diperkirakan berusia belasan tahun ini secara tiba-tiba memunculkan api dari bagian tengah batangnya. Anehnya, tidak ada tanda-tanda petir atau sumber api lainnya yang bisa memicu kebakaran.

Cuaca malam itu juga cenderung tenang, hujan yang turun pun hadir dengan intensitas ringan.

Mendengar adanya kebakaran pohon jati, masyarakat setempat langsung berbondong-bondong menuju lokasi untuk melihat langsung fenomena tersebut. Beberapa warga mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, tetapi api terus menyala dari dalam batang pohon.

Asep mengatakan, api yang membakar pohon jati tersebut kemudian padam sekira pukul 22.00 WIB.

"Apinya mati karena sebelumnya ada hujan besar di desa kami," katanya.

2. Memicu beragam spekulasi masyarakat

Fenomena Aneh di Kuningan, Pohon Jati di Terbakar Tanpa Sebab JelasPinterest

Asep mengatakan, kejadian tersebut baru pertama kali terjadi dan pihak warga sudah menguhubungi pihak terkait untu untuk menyelidiki lebih lanjut penyebab dari kebakaran aneh ini. 

Fenomena api yang muncul dari pohon jati ini memicu beragam spekulasi di kalangan masyarakat. Sebagian warga mengaitkan kejadian ini dengan hal-hal mistis, mengingat kepercayaan akan penunggu atau makhluk gaib yang dipercaya menghuni pohon-pohon besar masih cukup kuat di desa tersebut.

Namun, tidak semua warga percaya pada hal-hal mistis. Sebagian lainnya, terutama generasi muda, lebih bersikap rasional dan berharap penjelasan ilmiah bisa mengungkap misteri ini. 

3. Berharap ada penyelidikan dari pemerintah

Fenomena Aneh di Kuningan, Pohon Jati di Terbakar Tanpa Sebab JelasFenomena Aneh di Kuningan, Pohon Jati di Terbakar Tanpa Sebab Jelas (IDN Times/istimewa)

Asep yang juga tergabung dalam Relawan Peduli Masyarakat Kuningan (RPMK) ini mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terburu-buru menyimpulkan penyebab kejadian ini. Peristiwa seperti ini bisa saja dijelaskan secara ilmiah, meskipun membutuhkan penelitian yang mendalam.

Hingga saat ini, peristiwa pohon jati terbakar secara misterius ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan warga Desa Cihurip dan sekitarnya.

Banyak yang berharap penyelidikan yang dilakukan pihak terkait dapat segera memberikan penjelasan yang jelas mengenai penyebab munculnya api dari pohon tersebut.

Baca Juga: 7 Keajaiban Alam yang Wajib Dikunjungi Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Baca Juga: 5 Film Animasi tentang Elemen Alam, Visualnya Cantik!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya