Comscore Tracker

Uninus Jadi Universitas NU Terbaik Ke-6, Ini Kata Yayasan

Yayasan dan rektorat hanya ingin berikan yang terbaik

Bandung, IDN Times – Kabar baik datang untuk salah satu perguruan tinggi di Bandung. Berdasarkan pemeringkatan UniRank 2022, Uninus merangkak naik ke posisi enam dari sepuluh Universitas Nahdlatul Ulama (NU) terbaik se-Indonesia.

Ada sederet alasan mengapa Uninus didapuk ke posisi itu. Salah satunya ialah karena kampus yang dipimpin Sayid Muhammad Rifqi Noval ini jadi salah satu perguruan tinggi yang aktif menyampaikan informasi di dunia maya melalui website maupun media sosialnya.

Tak hanya itu, di sisi lain, UniRank juga mengukur peringat tersebut lewat kelengkapan lisensi dan akreditasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Termasuk menjamin pendidikan empat tahun untuk program kesarjanaan (S1) dan pendidikan pascasarjana (magister/master maupun doktoral).

1. Uninus fokus memperbaiki kualitas

Uninus Jadi Universitas NU Terbaik Ke-6, Ini Kata YayasanUninus, Universitas Islam Nusantara (IDN Times/Istimewa)

Wakil Ketua Yayasan Obsatar Sinaga mengatakan bahwa peringkat bergengsi yang diberikan oleh UniRank bukanlah target bagi Uninus. Kampusnya, kata Obsatar, hanya terus berusaha memperbaiki kekurangan dan menciptakan suasana belajar yang baik bagi mahasiswa.

"Apalagi yayasan. Kita hanya berusaha untuk menciptakan suasana pembelajaran yang terbaik bagi peserta didik, itu saja. Kemudian menjadi peringkat enam, syukur alhamdulillah, yang menilai kan pihak lain, kita bekerja saja dengan baik," kata Prof Obi, sapaan akrabnya, dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (22/10/2022) malam.

2. Capaian tetap harus disyukuri

Uninus Jadi Universitas NU Terbaik Ke-6, Ini Kata YayasanIlustrasi mahasiswa (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski demikian, Prof. Obi mengatakan bahwa capaian itu patut disyukuri karena itu penilaiannya sangat objektif. Menurutnya, raihan itu tak lepas dari implementasi strategi dan kerja keras semua pihak yang ada di internal Uninus, baik itu yayasan maupun rektorat.

"Insya Allah, seraya berdo'a pada Allah SWT, Uninus kini semakin dipercaya oleh masyarakat dan menjadi kampus pilihan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi," tuturnya.

3. Bukan kali pertama bagi Prof. Obi

Uninus Jadi Universitas NU Terbaik Ke-6, Ini Kata YayasanIDN Times/Azzis Zulkhairil

Bagi Prof. Obi pribadi, ini bukanlah kali pertama ia meningkatkan rangking bagi sebuah perguruan tinggi. Sebelum menjadi Wakil Ketua Pembina Yayasan Uninus, ia Obi pernah menjadi Rektor Universitas Widyatama selama dua tahun yakni pada 2019-2021.

Selama menjabat, kampus UTama yang tadinya berada pada ranking 225 menjadi 41 kampus terbaik negeri swasta di Indonesia. Termasuk jumlah mahasiswa barunya meningkat drastis (sekitar 2700 mahasiswa), diiringi dengan banyak prestasi lainnya.

Baca Juga: 31 Januari Hari Lahir Nahdlatul Ulama, Ini Sejarahnya

Baca Juga: LSPR, Kampus dengan Kinerja Sosial Media 10 Terbaik 2022 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya