UK Maranatha Dorong Program RPL, Cepat Lulus Lewat Rekognisi

Wah solusi bagi yang memerlukan, nih!

Bandung, IDN Times - Universitas Kristen Maranatha memperkenalkan program-program unggulan menyambut hari jadi yang ke-59. Peringatan dies natalis tahun ini dirayakan pada 11 September 2024, dengan mengusung tema “Maranatha Soars: Reaching New Horizons”.

Rangkaian acara ini digelar di area Auditorium Prof. Dr. P. A. Surjadi, M.A. kampus UK Maranatha, Bandung.

Salah satu program yang sedang digalakkan adalah RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau. Program RPL memberikan pengakuan atau rekognisi atas pengalaman pembelajaran seseorang yang sudah pernah dicapai sebelumnya.

Pengakuan atau penyetaraan capaian pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal di UK Maranatha.

1. Ada rekognisi pengalaman kerja

UK Maranatha Dorong Program RPL, Cepat Lulus Lewat RekognisiUK Maranatha Dorong Program RPL, Cepat Lulus Lewat Rekognisi (IDN Times/istimewa)

Ketua Bidang Media, Komunikasi, dan Humas UK Maranatha, Iwan Santosa mengatakan bahwa program RPL membuka akses lebih luas kepada masyarakat untuk dapat menempuh pendidikan tinggi di UK Maranatha.

“Tidak hanya memperluas akses pendidikan saja, program RPL ini jelas bermanfaat karena dapat mengurangi masa studi, mereka bisa lulus lebih cepat,” ujarnya.

Lebih detail, ia menjelaskan bahwa masa kuliah dapat dipersingkat melalui mekanisme pengakuan atas capaian pembelajaran sebelumnya, yang kemudian dikonversi menjadi SKS mata kuliah.

Pengakuan juga dapat diberikan atas pengalaman kerja yang relevan dengan program studi yang akan diikuti.

“Pengalaman kerja pun dapat direkognisi dan dikonversi menjadi kredit mata kuliah,” kata Iwan.

“Contohnya seseorang yang sudah berpengalaman profesi di bidang teknik sipil. Setelah lolos assesment, sangat memungkinkan pengalaman kerjanya dapat dikonversi, misalnya menjadi lima belas mata kuliah."

Dengan contoh itu, tinggal sekitar seratus SKS lagi yang perlu diambil, sehingga mahasiswa bisa lulus hanya dalam waktu tiga tahun saja.

2. Siapa saja yang bisa ikut program RPL?

UK Maranatha Dorong Program RPL, Cepat Lulus Lewat RekognisiUK Maranatha Dorong Program RPL, Cepat Lulus Lewat Rekognisi (IDN Times/istimewa)

Dikutip dari laman resmi www.maranatha.edu/rpl, program tersebut dapat diikuti oleh lulusan SMA/SMK dan sederajat maupun lulusan jenjang diploma, juga mereka yang pernah mengikuti studi di perguruan tinggi, tetapi tidak selesai.

Bagi calon peserta yang ingin direkognisi pengalaman kerjanya, perlu memiliki dokumentasi atau portofolio sebagai bukti saat dilakukan assesment.

Program RPL Maranatha juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin melanjutkan studi dari jenjang diploma (D-III) ke jenjang sarjana (S-1).

3. Mereka juga baru mengenalkan fakultas baru

UK Maranatha Dorong Program RPL, Cepat Lulus Lewat RekognisiUK Maranatha Dorong Program RPL, Cepat Lulus Lewat Rekognisi (IDN Times/istimewa)

Rektor UK Maranatha, Prof. Sri Widiyantoro menyebutkan bahwa pada 2024 ini Maranatha tengah memasuki fase “terbang tinggi”. Ada banyak pencapaian dan perubahan yang terjadi di UK Maranatha sepanjang beberapa tahun terakhir.

Perubahan terbesar adalah hadirnya fakultas-fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi dan Rekayasa Cerdas, Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif, serta Fakultas Hukum dan Bisnis Digital.

“Dies Natalis ke-59 ini pertama kalinya Maranatha merayakan HUT dengan struktur fakultas baru. Sekarang ini ada enam fakultas, tiga di antaranya adalah fakultas baru yang belum lama ini diresmikan,” kata Iwan.

Ketiga fakultas baru merupakan penggabungan beberapa fakultas sebelumnya, untuk memperkuat kiprah nasional dan internasional, juga kolaborasi interdisiplin dan dengan dunia industri.

Di sisi lain, pada awal 2024, UK Maranatha berhasil memperoleh status Akreditasi Unggul dari BAN-PT. Mereka juga masuk sebagai top ten perguruan tinggi terbaik Indonesia menurut Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2024.

Dalam kancah global, UK Maranatha juga meningkatkan internasionalisasi dengan diraihnya akreditasi internasional. Saat ini delapan program studi telah terakreditasi internasional ASIIN dan AQAS.

Baca Juga: Universitas Kristen Maranatha Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Baca Juga: Seribu Anak Unjuk Kabisa dalam Lomba Tari BIDC di Kampus Maranatha

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya