Temuan Mortir Terus Bertambah, Hari Ini Sudah Ada 108 Mortir 

TNI-Polri lakukan pencarian sejak Selasa hingga Rabu

Bandung, IDN Times - Pencarian atas mortir tua yang tertanam di sebuah rumah Belanda di Gang Cinta Wangi, Kota Bandung kemarin, dilanjutkan hari ini, Rabu (6/3). Saat ini, tim gabungan TNI dan Polri berhasil menemukan 20 mortir tambahan.

Jika dijumlahkan dengan pencarian kemarin, mereka telah menemukan 108 mortir. Sejak pertama ditemukan pada Selasa (5/3) sekitar pukul 12.00WIB, tim gabungan melakukan pencarian hingga pukul 22.00WIB. Hasilnya, dalam kurun waktu 10 jam, mereka berhasil mengumpulkan 88 mortir.

1. Pencarian mortir masih dilakukan

Temuan Mortir Terus Bertambah, Hari Ini Sudah Ada 108 Mortir IDN Times/Galih Persiana

Komandan Distrik Militer 0618/BS Letnan Kolonel Infanteri M. Herry Subagyo, mengatakan jika mortir-mortir berkaliber 80 tersebut diduga masih banyak tertimbun di garasi rumah Belanda itu. Maka itu, hingga berita ini diturunkan, tim gabungan TNI Polri masih melakukan pencarian di lokasi terduga adanya mortir.

"Kami harapkan bisa dituntaskan hari ini, karena kami menduga masih ada beberapa buah mortir yang belum bisa terangkat semuanya," ujar Herry pada awak media di lokasi kejadian, Rabu (6/3).

2. Menggunakan cara manual

Temuan Mortir Terus Bertambah, Hari Ini Sudah Ada 108 Mortir http://tz.ucweb.com/6_2Kg4L

Pencarian mortir tersebut agak memakan waktu, karena tim gabungan TNI Polri diketahui menggunakan cara manual dalam mengangkat mortir. Cara tersebut dinilai lebih aman, mengingat ratusan mortir tersebut berada dalam kondisi rapuh, berkarat, di mana berisiko meledak.

"Kami utamakan faktor keamanan. Jadi kami menggunakan cara manual karena kondisi mortir ini sudah tertimbun dan tercampur dengan tanah, sudah berkarat juga. Kami perlu hati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan," katanya.

3. Sebanyak 88 mortir telah diamankan

Temuan Mortir Terus Bertambah, Hari Ini Sudah Ada 108 Mortir IDN Times/Yogi Pasha

Meski demikian, 88 mortir yang ditemukan sudah lebih dulu diangkut ke Gudang milik Komando Daerah Militer III Siliwangi, Banjaran, Kabupaten Bandung. Semalam, sekitar pukul 23.00, TNI membawa mortir-mortir tersebut menggunakan truk.

"Di sana mortir-mortir itu akan kami teliti, agar informasi terkait tahun pembuatan dan lain sebagainya bisa diketahui," kata dia.

4. Bagaimana mortir pertama ditemukan?

Temuan Mortir Terus Bertambah, Hari Ini Sudah Ada 108 Mortir IDN TImes/Galih Persiana

Selasa (5/3), sekitar pukul 12.00 WIB, seorang tukang yang hendak menanam konstruksi bangunan di sebuah rumah di Gang Cinta Wangi, Kota Bandung, menemukan sebuah mortir di kedalaman 1,5 meter. Singkat cerita, ia lantas melapor temuan tersebut pada polisi sekitar untuk ditangani lebih lanjut.

Awalnya, pemilik rumah meminta tukang tersebut untuk membangun pondasi garasi. Ketika digali oleh aparat, ternyata mortir-mortir tersebut tersusun rapi di bawah tanah.

5. Jadi penemuan terbanyak di Indonesia

Temuan Mortir Terus Bertambah, Hari Ini Sudah Ada 108 Mortir IDN Times/Indiana Malia

Kabar ditemukannya mortir membuat Herry mesti bergegas menuju lokasi penemuan. Tak disangka-sangka, aparat gabungan TNI dan Polri berhasil menemukan 88 mortir pada Selasa (5/3), dan 20 mortir pada Rabu (6/3) siang.

“Jumlah tersebut sepengetahuan saya menjadi jumlah paling banyak, mungkin di Indonesia. Itu cukup besar, apalagi untuk ukuran Bandung,” kata Herry.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya