Taspen Kenalkan Logo Baru, Diklaim Lebih Dinamis dan Sarat Makna

Logonya masih kembang, namun berubah bentuk dan warna

Bandung, IDN Times – Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang tabungan dan asuransi pensiun, PT. Taspen, baru saja memperkenalkan logo baru mereka. Selain untuk menyesuaikan lgoo perusahaan dengan perkembangan zaman, rebranding itu tak lain memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja mereka.

Direktur Utama PT. Taspen, Iqbal Latanro, mengatakan jika logo baru tersebut sebenarnya telah direnanakan sejak lama. Namun, realisasinya baru dilakukan di akhir tahun 2019.

"Pada awal pendirian, tugas utama Taspen adalah mengelola pembayaran pensiun. Tapi dalam perjalanan, kami bermitra dengan beberapa perusahaan lain sehingga tidak hanya memiliki satu fungsi saja, melainkan beralih menjadi satu perusahaan yang melakukan investasi,” kata Iqbal di Jakarta, menjelaskan alasan di balik perubahan logo, seperti dalam rilis yang diterima IDN Times Jabar pada Jumat (20/12).

1. Apa arti logo baru Taspen?

Taspen Kenalkan Logo Baru, Diklaim Lebih Dinamis dan Sarat MaknaLogo baru PT. Taspen (Situs resmi PT. Taspen)

Iqbal menjelaskan bahwa logo barunya mencerminkan makna penuh dari tugas PT. Taspen saat ini dan di masa mendatang. Logo itu, kata dia, merepresentasikan tunas yang bergerak tumbuh menjadi sebuah pohon yang kokoh, dan membumi dengan akar yang kuat terpancang.

Ilustrasi tersebut dinilai sebagai upaya Taspen untuk terus berkembang dari sisi Layanan dan aset perusahaan demi kesejahteraan Aparatur Sipil Negara, pejabat negara, PPPK, dan Tenaga Honorer.

2. Frasa “Andal Melayani” dalam logo baru

Taspen Kenalkan Logo Baru, Diklaim Lebih Dinamis dan Sarat MaknaPT. Taspen (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Tak hanya itu, logo baru itu pun menyertakan slogan “Andal Melayani”. Menurut Iqbal, frasa itu berhasil mencerminkan pelayanan Taspen kepada para nasabahnya.

“Kami memang berkomitmen menjadi perusahaan jaminan sosial ASN satu satunya yang bertaraf Internasional untuk kesejahteraan peserta, dan mendukung pembangunan nasional secara Inovatif dan berkelanjutan,” tutur dia.

3. Mengenal logo Taspen yang lama

Taspen Kenalkan Logo Baru, Diklaim Lebih Dinamis dan Sarat MaknaLogo lama Taspen (Situs PT. Taspen)

Logo PT. Taspen yang sebelumnya memang terlihat agak kolot untuk zaman sekarang. Logo tersebut berbentuk bunga dengan lima helai kelopak, sebagai penggambaran atas perkembangan lima jiwa dalam satu keluarga. Asumsinya, ketika itu, adalah keluarga pegawai negeri yang memiliki hak jamin atas tiga anak.

Sementara lingkaran putih yang merambat di sekujur bunga, diartikan sebagai perkembangan atas tujuan didirikannya Taspen. Ada pun warna biru yang diterapkan pada bunga melambangkan ketentraman, kedamaian, dan ketenangan.

4. Perjalanan Taspen

Taspen Kenalkan Logo Baru, Diklaim Lebih Dinamis dan Sarat MaknaPT. Taspen (ANTARA FOTO/Handout/Humas PGN)

PT. Taspen mulanya dibentuk pada 17 Juni 1963. Berdirinya perusahaan tersebut berlandaskan Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 1969 tentang pensiun pegawai dan pensiun janda/duda pegawai. Aturan itu selanjutnya memfasiltiasi Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 1992 tentang dana pensiun, dan Undang-undang RI Nomor 40 Tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional.

Pada 2016, Taspen tercatat menghasilkan pendapatan sebesar sekitar Rp15 triliun dan laba bersih sebesar Rp247,25 miliar. Hingga 2016, mereka memiliki aset senilai Rp198 triliun, dengan total ekuitas sebesar Rp11,3 triliun.

Topik:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya