Tantangan Semakin Besar, Status Polres Bandung Naik Menjadi Polresta

Polda Jabar kini membawahi lima polresta dan 17 polres

Bandung, IDN Times – Kepala Polisi Daerah Jawa Barat (Kapolda Jabar) Inspektur Jenderal Rudy Sufahriadi, baru saja meresmikan peningkatan tipologi status Polres Bandung. Kini, status Polres Bandung yang memiliki wilayah hukum di kawasan Kabupaten Bandung meningkat menjadi Polres Kota (Polresta).

Dengan begitu, sejak Senin (9/12), Polres Bandung berubah nama menjadi Polresta Bandung. Rudy mengatakan, peningkatan tipologi Polresta Bandung tersebut didasari oleh Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor: B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019 (perihal peningkatan tipe dan pembentukan Polres).

"Pengukuhan peningkatan tipologi Polresta Bandung ini merupakan perwujudan kepercayaan Pemerintah terhadap jajaran Polresta Bandung yang telah bekerja dengan baik dan maksimal," kata Rudy di saat memimpin upacara di Polresta Bandung, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (9/12), seperti dalam rilis yang diterima IDN Times Jabar.

1. Peningkatan status tepat dilakukan

Tantangan Semakin Besar, Status Polres Bandung Naik Menjadi PolrestaIDN Times/Galih Persiana

Polresta Bandung saat ini memiliki sekitar 1.765 personel, dan menjadi kepala daripada 25 polsek yang berada di wilayah hukum mereka. Sementara masyarakat Kabupaten Bandung sendiri, menurut catatan kepolisian, memiliki sekitar 3,4 juta penduduk.

Dengan kondisi itu, Rudy menganggap keputusan peningkatan tipoligi dilakukan dengan tepat. "Status ini sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah yang mengharuskan adanya peningkatan type agar terwujud pelayanan prima kepada masyarakat," ujarnya.

2. Segera menyusun anggaran

Tantangan Semakin Besar, Status Polres Bandung Naik Menjadi PolrestaIstimewa

Dengan peningkatan status itu, Polda Jabar akan segera menggelar penyesuaian susunan organisasi, anggaran, sarana dan prasarana, serta penambahan jumlah personel secara bertahap menurut skala prioritas sesuai dengan kebutuhan ideal.

Berbagai penyesuaian itu diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan semangat polisi di Kabupaten bandung dalam misi perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat.

"Sebagaimana kebijakan Kapolri dalam rangka penguatan personel polri yang profesional, modern dan terpercaya, menuju Indonesia maju," katanya.

3. Polda Jabar kini punya lima polresta dan 17 polres

Tantangan Semakin Besar, Status Polres Bandung Naik Menjadi PolrestaANTARA JABAR/Raisan Al Farisi

Tak hanya itu, kenaikan tipologi itu juga akan berpengaruh pada pucuk pimpinan Polresta Bandung yang sebelumnya dipimpin oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Dengan berubahnya status Polres Bandung, maka artinya kini Polda Jabar membawahi lima Polresta. Empat Polresta lainnya ialah Polrestabes Bandung, Polresta Bogor Kota, Polresta Cirebon, dan Polresta Subang. Selain itu, terdapat pula 17 instansi lain yang berstatus sebagai polres di bawah koordinasi Polda Jabar.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya