Riset: Jawa Barat Provinsi Paling Potensial untuk Tokopedia

Tokopedia menciptakan 172.348 lapangan kerja baru di Jabar

Bandung, IDN Times – Setelah sepuluh tahun berdiri, eksistensi e-commerce Tokopedia semakin meningkat di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Jawa Barat. Di provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia ini, Tokopedia berkembang pesat dan menyumbang dampak besar buat masyarakatnya.

External Communications Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan jika Jawa Barat memiliki potensi besar dalam perkembangan Tokopedia ke depannya. Perkembangan itu, kata dia, tak lepas dari inovasi dan teknologi di bidang e-commerce.

“Empat tahun lalu kita tidak membayangkan bagaimana produk online dalam hitungan jam bisa sampai ke rumah. Sekarang inovasi itu sudah di depan mata. Bagi kami, inovasi itu tak perlu terlalu mengawang, tapi jelas bisa membantu penjual meningkatkan pendapatannya,” kata Ekhel, kepada wartawan di Jalan L.L.R.E. Martadinata, Kota Bandung.

1. Eksistensi Tokopedia di Jawa Barat

Riset: Jawa Barat Provinsi Paling Potensial untuk TokopediaDampak Tokopedia di Jawa Barat (IDN Times/Galih Persiana)

Menurut riset yang dilakoni Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) selama 2018-2019, Tokopedia tercatat berhasil berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (GDP) Jawa Barat sebesar sekitar Rp11,4 triliun pada 2018. Angka tersebut meningkat drastic menjadi sekitar Rp32,144 triliun tahun ini.

Tak hanya itu angka yang menjadi asumsi bahwa Jawa Barat merupakan wilayah potensial buat Tokopedia. Riset LPEM FEB UI juga mencatat bahwa Tokopedia berkontribusi terhadap pendapatan rumah tangga Jawa Barat. Angkanya, pada 2018, mencapai Rp2,67 triliun dan diprediksi meningkat drastis pada 2019 menjadi Rp10,391 triliun.

2. Apa saja faktor yang mempengaruhi penggunaan Tokopedia di Jabar?

Riset: Jawa Barat Provinsi Paling Potensial untuk Tokopediabpsdm.pu.go.id

Kepada IDN Times, Ekhel mengatakan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi berbagai peningkatan itu. Sampai-sampai, “saya tidak bisa menyebutkan satu per satu karena semuanya saling berkaitan.”

Di antaranya, kata Ekhel, ialah pertumbuhan internet yang semakin merakyat hingga berpengaruh pada kesadaran masyarakat terhadap platform online. “Faktornya banyak, memang, promosi kami, kampanye, dan lain-lain,” kata dia.

3. Menghadirkan Tokopedia Center

Riset: Jawa Barat Provinsi Paling Potensial untuk TokopediaUnsplash/ You X Ventures

Pertumbuhan yang signifikan dalam urusan angka pengguna internet di Indonesia, termasuk Jawa Barat, tidak berarti membuat Tokopedia diam dan tidak menjemput bola. Mereka saat ini telah membuat Tokopedia Center yang menjadi tempat di mana masyarakat dapat belajar mengenai dunia e-commerce.

“Di Jawa Barat, Tokopedia Center hadir di berbagai wilayah di antaranya Kota Bandung, Kota Kuningan, Kota Tasikmalaya, Desa Batulayang, Desa Palasari, Desa Rancasari, dan lain-lain,” ujar Ekhel.

4. Menyumbang lapangan kerja baru

Riset: Jawa Barat Provinsi Paling Potensial untuk TokopediaDampak Tokopedia di Jawa Barat (IDN Times/Galih Persiana)

Dalam pemaparan data LPEM FEB UI itu juga, Ekhel mengklaim bahwa perusahaannya telah menciptakan 857 ribu lapangan kerja di Indonesia, di mana 172.348 lapangan kerja baru di antaranya terletak di Jawa Barat. “Jumlah total lapangan kerja di Indonesia itu setara dengan 10,3 persen dari total lapangan pekerjaan baru untuk Indonesia pada 2018. Bahkan, sebanyak 309 ribu orang di antaranya menjadikan bisnis di Tokopedia sebagai pekerjaan utama,” katanya.

Meski 172.348 lapangan kerja merupakan angka yang fantastis, Jawa Barat tetap menempati posisi kedua setelah DKI Jakarta. Pada 2018, kehadiran Tokopedia di Ibu Kota telah menyumbang sekitar 2017.117 lapangan kerja baru.

5. Menjual produk ke berbagai daerah di Indonesia

Riset: Jawa Barat Provinsi Paling Potensial untuk TokopediaDampak Tokopedia di Jawa Barat (IDN Times/Galih Persiana)

Ica merupakan salah satu pengusaha yang mujur berjualan miniatur makanan dan minuman ringan lewat Tokopedia. Menurut Ica, pemilik Ini Kreasi, ia telah menjual produk tersebut ke berbagai daerah di Indonesia. Bukan hanya ke konsumen akhir, Ica pun memiliki sejumlah reseller yang rutin mengorder produknya.

Tokopedia memang mencatat bahwa Indonesia bagian barat—termasuk Jawa Barat—menyumbang 56 persen nilai penjualan untuk Indonesia Timur.

“Usaha saya terus berjalan dan bahkan cenderung naik (tingkat penjualannya). Sekarang sudah punya sekitar 30 karyawan,” kata Ica, yang merupakan masyarakat Jawa Barat.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya