Ribuan Aparat Disiapkan untuk Amankan Laga Persib di Jalak Harupat

Akhirnya Persib kantongi izin bertanding

Bandung, IDN Times – Pertandingan perdana Persib Bandung vs Persiwa Wamena akhirnya diputuskan digelar di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (11/2), nanti. Manajemen Persib sudah mengantongi izin untuk menggelar pertandingan pada pukul 15.00 WIB.
 
Pertandingan tersebut digelar sebagai ganti dari batalnya Persib menggelar partai kontra Persiwa pada Senin (4/2), lalu. Kala itu pembatalan dilakukan karena Persib tidak mengantongi surat izin kepolisian untuk menggelar pertandingan di Gelora Bandung Lautan Api.

1. Ada 2.540 aparat keamanan disiagakan

Ribuan Aparat Disiapkan untuk Amankan Laga Persib di Jalak Harupatislandpacket.com

Kepada pewarta, Kepala Polisi Resort Kota Besar Bandung (Polrestabes) Komisaris Besar Irman Sugema mengatakan jika tidak akan ada lagi kendala dari gelaran pertandingan Senin mendatang. Kepolisian telah sepakat menerbitkan surat izin, sekaligus mempersiapkan aparat keamanan untuk menjaga kelangsungan pertandingan.
 
“Personel yang dilibatkan termasuk dari TNI, Polri, dan stakeholder Pemerintah Daerah ada sekitar 2.540 orang. Semuanya menjaga keamanan, kami harap bobotoh juga menjaga keamanan,” kata Irman, kepada awak media di Kantor Polrestabes Bandung, Jumat (8/2).
 
Ia pun mengimbau agar suporter tidak membawa senjata tajam, benda keras, flare, dan botol air mineral. “Saya juga mengimbau agar suporter tertib lalu lintas saat pergi dan pulang dari stadion,” ujar dia.

2. Terobosan berupa lomba spanduk

Ribuan Aparat Disiapkan untuk Amankan Laga Persib di Jalak HarupatInstagram/@bobotohsaindonesia

Dalam pertandingan babak 32 besar Piala Presiden itu, manajemen Persib semakin serius menghindari ujaran kebencian yang kerap menghiasi spanduk-spanduk dukungan bobotoh. Caranya, mereka menyiapkan kompetisi spanduk kreatif.
 
Maksudnya, bobotoh dengan kalimat atau gambar spanduk dukungan yang kreatif akan mendapat hadiah berupa uang tunai. Namun, mereka tidak menyebut jumlah uang tunai yang akan disematkan.

3. Suporter tertib dan kreatif juga diberi hadiah

Ribuan Aparat Disiapkan untuk Amankan Laga Persib di Jalak HarupatInstagram/@persib_official

Tak hanya spanduk yang akan dinilai, manajemen Persib pun telah menyiapkan hadiah bagi kelompok suporter yang tertib dan kreatif. Misalnya, tertib sejak pertandingan belum digelar hingga usai.
 
“Ada terobosan yang kami lakukan, dengan berkoordinasi menyiapkan hadiah bagi suporter paling tertib dan kreatif. Kemungkinan suporter tertib dan kreatif akan mendapat sepeda,” ujar Budi Bram, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Persib.

4. Kondisi Stadion Jalak Harupat tak ada masalah

Ribuan Aparat Disiapkan untuk Amankan Laga Persib di Jalak HarupatAntara Foto

GBLA memang masih mengalami beberapa perbaikan sehingga tak siap menggelar pertandingan. Karena alasan itu pula polisi tidak menerbitkan izin bertanding.
 
Namun tidak dengan Stadion Jalak Harupat (SJH). Menurut Budi, tidak ada masalah teknis dalam penggunaan SJH untuk pertandingan Senin mendatang. “Semuanya siap. Ramput dan lampu oke, tidak ada masalah,” tutur dia.

5. Bobotoh sempat geruduk Polrestabes

Ribuan Aparat Disiapkan untuk Amankan Laga Persib di Jalak HarupatSumber Gambar: metrotvnews.com

Karena batalnya pertandingan empat hari lalu, ratusan bobotoh menggeruduk kantor Polrestabes Bandung pada Senin (4/2). Mereka pun menyindir Kapolres dengan sebutan eweuh kawani alias tidak punya keberanian.
 
Aksi bobotoh sempat membuat Jalan Merdeka macet. Menimbang rekomendasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, GBLA memang belum layak digunakan karena alasan keamanan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya