Puluhan Ribu Polisi dan TNI Siap Kawal Pilpres 2019 di Jabar

Puluhan ribu aparat itu tersebar di berbagai kabupaten kota

Bandung, IDN Times - Polisi hanya punya waktu dua pekan dalam memastikan gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 berjalan lancar tanpa kendala. Maka itu, hari ini mereka menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2019 yang digelar di Sudirman Grand Ballroom, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bandung, Selasa (2/4).

Tujuan utama dari apel tersebut tak lain guna mengecek kesiapan segala pihak yang berkaitan dengan kegiatan Pemilu 2019 sampai tingkat kecamatan. Selama acara berlangsung, Kepala Polisi Daerah Jawa Barat, Inspektur Jenderal (Irjen) Agung Budi Maryoto, tak mendapat masalah berarti.

1. Polisi kerahkan 24.250 personel

Puluhan Ribu Polisi dan TNI Siap Kawal Pilpres 2019 di JabarIDN Times/Galih Persiana

Untuk mengawal Pemilu 2019 agar berjalan lancar, kata Agung, ia akan mengerahkan 24.250 personel polisi yang ditugaskan ke seluruh daerah di Jawa Barat. Baginya, jumlah tersebut cukup ideal untuk meredam potensi kericuhan selama pesta politik di Jawa Barat pada 17 April 2019.

"Kami juga dibantu oleh personel TNI sebanyak 10 ribu personel. Itu sudah tersebar di Kabupaten dan Kota di seluruh Jawa Barat," ujarnya, kepada awak pers, di Sudirman Grand Ballroom, Selasa (2/4).

2. Tidak ada kaitan dengan penangkapan terduga teroris

Puluhan Ribu Polisi dan TNI Siap Kawal Pilpres 2019 di JabarIlustrasi Terorisme. (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Agung, penangkapan terduga teroris di Kabupaten Bandung yang dilakukan Senin (1/4) malam tidak ada kaitan langsung dengan Pemilu 2019 di Jawa Barat. Meski demikian, ia memastikan bahwa Polda Jabar akan mencegah berbagai hal yang mengancam kelancaran Pemilu 2019.

"(Teroris yang ditangkap) kan jaringan. Jangan sampai jaringan tersebut akan melakukan hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Anggota JAD Bandung di Baleendah 

3. Emil dapat informasi dari KPU Jabar

Puluhan Ribu Polisi dan TNI Siap Kawal Pilpres 2019 di JabarIDN Times/Galih Persiana

Dalam acara tersebut, Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan jika ia baru saja mendapat informasi dari Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, bahwa semua persiapan Pilpres dan Pileg 2019 akan berjalan lancar. Maka itu, Emil optimistis tidak akan ada kendala selama proses pesta demokrasi pada 17 April 2019 mendatang.

"Alhamdulillah laporan dari ketua KPU, semua perlengkapan sudah aman terkendali. Personel sudah siap, baik di level kota, kecamatan, PPS, PPK, dan panitia pengawas sudah siap," kata Emil, kepada awak pers di Sudirman Grand Ballroom, Selasa (2/4).

4. Pilpres akan netral dan profesional

Puluhan Ribu Polisi dan TNI Siap Kawal Pilpres 2019 di JabarIDN Times/Galih Persiana

Dengan berbagai kesiapan itu, lanjut Emil, ia optimistis bahwa netralitas dalam Pilpres dan Pileg 2019 akan berlangsung netral. Kondisi pemilu yang sehat, tanpa adanya keberpihakan dari pihak penyelenggara Pemilu, merupakan salah satu hal yang bisa meredam masalah dalam pesta politik.

"Insyaallah di Jawa Barat ini akan berlangusng netral dan profesional," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya