Pemkot Bandung akan Kaji Penambahan Jalur Sepeda

Mendorong masyarakat bersepeda jadi cara mengatasi kemacetan

Bandung, IDN Times – Kewajiban pemerintah daerah untuk membangun infrastruktur guna melayani lalu lintas sepeda semakin ditanggapi serius. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku telah meminta Dinas Perhubungan Kota Bandung terkait dengan pembuatan jalur sepeda.

“Saya sudah minta Dinas Perhubungan untuk bikin jalur sepeda. Sementara ini masih pengkajian dulu, insya Allah,” kata Yana, setelah menghadiri apel tiga pilar di Markas Polrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Kamis (27/11).

1. Mengoptimalkan jalur yang telah eksis

Pemkot Bandung akan Kaji Penambahan Jalur SepedaIDN Times/Yogi Pasha

Sambil menunggu pengkajian tentang penambahan jalur sepeda di Bandung, Yana memilih untuk mengoptimalkan jalur sepeda yang telah ada. Optimalisasi itu bagi Yana perlu dilakukan mengingat banyak jalur sepeda yang masih digunakan tidak dengan fungsi sesungguhnya, salah satunya digunakan jalur sepeda.

“Jangan sampai seperti di daerah lain hanya kuantitasnya yang di tambah tapi dia enggak berfungsi juga karena berebut dengan moda transportasi lain," kata dia.

2. Tidak ada penambahan luas jalan

Pemkot Bandung akan Kaji Penambahan Jalur SepedaPelanggar di jalur sepeda (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Pengkajian, kata Yana, dilakukan salah satunya untuk menghitung kelayakan kanalisasi di beberapa ruas jalan di Kota Bandung. Pasalnya, jalur sepeda di Kota Kembang kerap kali berbenturan dengan kepentingan moda transportasi lain mengingat lebar jalan yang sempit.

"Saya pikir bisa berbagi, ya, kan nanti bisa dikanalisasi atau apa. Tapi yang pasti saya lagi minta pengkajian ke Dishub," ujar dia.

Namun, ia memastikan bahwa tidak akan ada pelebaran jalan yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung untuk kepentingan bersepeda. "(Untuk pelebaran jalan) Enggak lah Bandung mah susah atuh, paling regulasinya kita lihat apakah di koridor-koridor tertentu di trotoar boleh sepeda. Mangkanya kita harus pengkajian yah dengan keterbatasan jalan bisa berbagai karena saya pernah baca sepintas trotoar tertentu itu boleh berbagai dengan sepeda," ujarnya.

3. Seiring dengan alih transportasi masyarakat

Pemkot Bandung akan Kaji Penambahan Jalur Sepedaglobalindonesianvoices.com

Bagi Kota Bandung dengan cuaca yang dingin dan kontur jalan variatif, olahraga bersepeda memang dirasa cocok. Maka, kata Yana, jangan heran jika banyak masyarakat Bandung yang memilih bersepeda sebagai olahraga yang ditekuninya.

Lagian, kata Yana, di sisi lain mendorong masyarakat bersepeda merupakan salah satu upaya dalam menuntaskan kemacetan di Kota Bandung yang semakin hari semakin ruwet. "Itu juga menjadi sebagai langkah untuk mendorong masyarakat beralih transportasi," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya