Pemberdayaan Perempuan, Evermos Jalin Kolaborasi untuk Donasi Mukena

Mereka mengajak Khadijah Label dan Yayasan Beramal Jariyah

Bandung, IDN Times - Evermos bersama Khadijah Label, brand partner penyedia mukena, dan Yayasan Beramal Jariyah, platform penggalangan dana, meluncurkan program Gerakan Donasi Mukena. Tujuannya ialah guna memberi kontribusi positif terhadap kehidupan muslimah dengan menyediakan mukena berkualitas kepada penerima manfaat di berbagai wilayah.

Memakai pakaian terbaik termasuk adab yang perlu diperhatikan saat salat, di mana mukena yang kurang layak pakai seperti berukuran longgar, berjamur, serta berbau tidak sedap dapat mengurangi kekhusyukan ibadah.

Ironisnya, masih banyak ditemukan mukena para muslimah yang ada di masjid atau mushola umum yang sudah dalam kondisi tidak layak pakai.

1. Dimulai sejak Agustus 2023

Pemberdayaan Perempuan, Evermos Jalin Kolaborasi untuk Donasi MukenaDonasi Mukena (IDN Times/istimewa)

Sebagai perusahaan layanan commerce yang berfokus pada produk-produk terkurasi sesuai prinsip syariah, Gerakan Donasi Mukena merupakan bagian dari inisiatif besar Evermos untuk memberdayakan perempuan melalui pengumpulan dan penyaluran donasi mukena kepada mereka yang membutuhkan.

Mereka yang membutuhkan antara lain para lansia perempuan di panti jompo, santriwati di rumah tahfidz, muslimah mualaf, dan guru ngaji di wilayah perkotaan dan pelosok Jawa Barat.

“Program Gerakan Donasi Mukena pertama dimulai pada bulan Agustus 2023, dan telah berlangsung hingga lima kali penyaluran. Pada Desember 2023, Evermos telah berhasil menyalurkan lebih dari 500 mukena, dengan ikut melibatkan organisasi Masjid Nusantara untuk distribusi di dua penyalurannya,” ojar Valeska Kartasentana, Impact and Sustainability Manager Evermos, Salam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (1/2/2024).

“Ke depannya, kami ingin dapat memberi lebih banyak lagi manfaat lagi kepada mereka yang membutuhkan melalui gerakan donasi ini, sesuai komitmen Evermos dalam pemberdayaan perempuan.”

2. Masih sejalan dengan misi pemberdayaan perempuan versi Khadijah Label

Pemberdayaan Perempuan, Evermos Jalin Kolaborasi untuk Donasi MukenaIlustrasi perempuan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, menurut Monica Irawan, Co-Founder Khadijah Label, perusahaannya ingin dapat memberi value dalam penyempurnaan ibadah bagi mereka yang membutuhkan.

“Program Gerakan Donasi Mukena ini membantu kami dalam menyalurkan mukena secara terarah dan tepat sasaran,” tutur Monica.

Program tersebut pun, kata Monica, masih sejalan dengan usaha mereka dalam pemberdayaan perempuan. Selain memproduksi mukena agar perempuan dapat beribadah dengan penampilan terbaiknya, karyawan Khadijah Label sendiri didominasi oleh perempuan yang aktif berkarya dan berdaya.

Program Gerakan Donasi Mukena tidak hanya menciptakan dampak positif bagi penerima manfaat, tetapi juga melibatkan komunitas reseller Evermos terlibat aktif mulai dari penggalangan dana, hingga sebagai relawan yang mengantarkan mukena kepada penerima manfaat.

3. Daftar penyaluran donasi di Jawa Barat

Pemberdayaan Perempuan, Evermos Jalin Kolaborasi untuk Donasi MukenaDonasi Mukena (IDN Times/istimewa)

Dengan melibatkan seluruh ekosistem Evermos, mulai dari karyawan, reseller, dan brand partner, program ini menjadi upaya bersama untuk memberdayakan perempuan. Adapun detail dari kegiatan penyaluran yang dilakukan dapat dilihat dalam daftar berikut:

1. Penyaluran pertama: Kota Bandung

  • Tanggal: Selasa, 8 Agustus 2023
  • Lokasi: Panti Sosial Tresna Werdha Budi Pertiwi, Fakku Raqabah Muhammadiyah, Rumah Tahfizh Hamalatul Qur’an
  • Jumlah mukena: 77

2. Penyaluran Kedua: Desa Bunijaya, Kab. Bandung Barat (bersama Masjid Nusantara)

  • Tanggal: Selasa, 13 September 2023
  • Lokasi: Masjid Al Barokah
  • Jumlah mukena: to be confirm

3. Penyaluran Ketiga: Desa Cijulang, Kab. Tasikmalaya

  • Tanggal: Kamis, 5 Oktober 2023
  • Lokasi: Pondok Pesantren Nurul Huda
  • Jumlah mukena: 70

4. Penyaluran Keempat: Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur

  • Tanggal: Kamis, 2 November 2023
  • Lokasi: Pondok Pesantren, Rumah Singgah Mualaf, Rumah Tahfidz, Majlis Ta’lim
  • Jumlah mukena: 90

5. Penyaluran Kelima: Parungponteng, Kab. Tasikmalaya (bersama Masjid Nusantara)

  • Tanggal: Kamis, 28 Desember 2023
  • Lokasi: Masjid Miftahussa'adah
  • Jumlah mukena: 190

Baca Juga: Rekomendasi Mukena Mini, Ibadah Lebih Nyaman di Bulan Ramadan

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mukena ala Artis untuk Ramadan 2023, Modelnya Variatif!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya