Oded M. Danial: Pedagang Es Tong-tong yang Jadi Wali Kota Bandung

Profil lengkap Wali Kota Bandung Oded M. Danial

Bandung, IDN Times – Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial baru saja berpulang pada Jumat (10/12/2021), dan menjadi kabar duka bagi masyarakat Bandung, khususnya. Ia menjadi orang nomor satu di Kota Bandung sejak 2018.

H. Oded Muhammad Danial, S.A.P merupakan pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 15 November 1962. Ia berpulang di usia 59 tahun. Oded adalah seorang politikus yang kini menjabat sebagai Wali Kota Bandung didampingi oleh Yana Mulyana sebagai wakilnya.

Oded Muhammad Danial dilantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mulai ditugaskan sebagai Wali Kota Bandung pada 7 September 2018.

Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2018-2023, Oded ternyata pernah berjualan es tong-tong serta menjadi anak buah BJ Habibie untuk bekerja di IPTN (PTDI) selama 16 tahun.

Di PT. DI, ia tercatat pernah terlibat dalam memproduksi pesawat.

1. Profil Oded M. Danial

Oded M. Danial: Pedagang Es Tong-tong yang Jadi Wali Kota BandungIDN Times/Humas Bandung

Nama lengkap: H. Oded Muhammad Danial, S.A.P.

Tempat, tanggal lahir: Tasikmalaya, 15 November 1962

Istri: Siti Muntamah

Jabatan saat ini: Walikota kota Bandung

2. Oded di dunia politik

Oded M. Danial: Pedagang Es Tong-tong yang Jadi Wali Kota BandungHumas Pemkot Bandung

Oded merupakan kakak dari M. Sohibul Iman, yang mana merupakan presiden Partai Keadilan Sejahtera periode 2015 – 2020. Ia memiliki istri bernama Siti Muntamah dan dikaruniai tujuh anak.

Kiprahnya dalam dunia politik dinilai berjalan mulus. Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Bandung, ia sempat mendapat tanggung jawab sebagai anggota DPRD Kota Bandung periode 2004 – 2009, hingga Wakil Wali Kota Bandung mendampingi Ridwan Kamil pada periode 2013 – 2018.

Oded Muhammad Danial merupakan lulusan FISIP Universitas Pasundan. Ia memulai pendidikan dasarnya di SD Lengkong, Tasikmalaya, kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Tasikmalaya, dan pendidikan menengah atas ke STM Negeri Tasikmalaya.

3. Oded dikenal aktif berorganisasi

Oded M. Danial: Pedagang Es Tong-tong yang Jadi Wali Kota BandungWali Kota Bandung Oded M Danial (IDN Times/Humas Bandung)

Melalui masa pendidikan yang panjang, Oded Muhammad Danial yakin memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Wali Kota Bandung yang baik.

Oded adalah seorang politisi yang aktif berorganisasi. Kala muda, Oded Muhammad turut andil di berbagai aktivitas kemasyarakatan.

Ia pernah menjabat menjadi ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Kota Bandung (2006 – 2009), ketua DPD PKS kota Bandung, ketua Pembina Majelis Taklim Al Ukhuwah, dan pembina Persaudaraan Seniman Bandung.

Saat masih muda, Oded aktif sebagai Pelajar Islam Indonesia dan juga Pemuda Persatuan.

Kemampuan berpolitik Oded Muhammad Danial tidak hanya didapat dari pengalaman organisasi yang pernah dimasuki. Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Oded juga sudah sering bekerja sama dengan pemerintah.

Baca Juga: Walkot Oded Wafat, PKS Kehilangan Sosok Panutannya

Baca Juga: Oded M Danial Minta Guru Agama yang Perkosa Santri Dihukum Berat

Baca Juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Wafat, Ridwan Kamil Kirim Doa

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya