Kurang dari Sepekan, Lima Gunung di Garut Alami Kebakaran

Saat ini masih ada titik api di tiga gunung

Bandung, IDN Times – Sejak Senin (21/10) sampai hari ini, Kamis (24/10), terdapat lima gunung di Garut, Jawa Barat, mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal tersebut dipastikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan jika kelima wilayah tersebut meliputi Kecamatan Pamulihan, Pasir Bajing Banyuresmi, Gunung Masigit Cihurip, Hutan Sancang Cibalong, dan Gunung Putri Tarogong Kaler.

Hari ini saja, kata Tubagus, terdapat tiga titik api yang masih menyala di tiga kawasan yaitu Gunung Putri, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

1. Kawasan yang terbakar bervariasi

Kurang dari Sepekan, Lima Gunung di Garut Alami Kebakaraninstagram.com/jhe_ridzwan17

Tubagus tidak menyebut satu per satu lahan yang terbakar di masing-masing gunung. Yang terang, kata dia, lahan yang terbakar berkisar di antara 4 sampai 8 hektare.

“Yang saat ini sedang terjadi di Gunung Putri, proses pemadaman masih terus dilakukan. Melibatkan tim dari TNI, Polri, BPBD, Disdamkar, kecamatan, relawan, hingga masyarakat ikut melakukan pemadaman. Untuk area yang terbakar belum bisa dihitung karena masih menyala apinya," ujar dia, saat dihubungi pada Kamis (24/10).

Namun, menurut perhitungan mentahnya, jika ditotalkan kurang lebih lahan yang terbakar dari lima gunung tersebut mencakup 100 hektare lahan.

2. Belum bisa memastikan penyebab

Kurang dari Sepekan, Lima Gunung di Garut Alami KebakaranANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Meski demikian, BPBD Kabupaten Garut belum dapat mengumumkan penyebab dari karhutla tersebut.

“Mungkin karena kedua-duanya (faktor kesengajaan manusia dan faktor alam),” ujarnya.

3. Sulit memadamkan api

Kurang dari Sepekan, Lima Gunung di Garut Alami KebakaranDok. IDN Times/Istimewa

Sama dengan kebakaran hutan di Bandung raya, petugas pun mengalami kendala dalam menangani kebakaran hutan di Garut. Alasannya sama, yakni medan terjal yang membatasi jangkauan petugas pada titik api.

“Lokasi kebakarannya di wilayah dataran tinggi yang aksesnya cukup jauh dari pemukiman dan kondisi medan yang sulit, sehingga proses pemadaman cukup sulit," ujar dia.

4. Menunggu datangnya hujan

Kurang dari Sepekan, Lima Gunung di Garut Alami Kebakaranasiafoundation.org/Muhammadiyah

Tubagus melanjutkan, musim kemarau yang melanda sebagian besar daerah di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir memperparah kondisi kebakaran. Maka itu, BPBD berharap musim hujan segera turun untuk mencegah meluasnya area yang terbakar atau bertambahnya gunung yang mengalami karhutla.

Baca Juga: PT KCIC Lakukan Investigasi Terkait Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya